Harga Kain Rib, Pengertian dan  Kegunaannya

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Apa itu Rib? Berapa harga kain Rib? Apakah kain rib sama dengan kain kaos biasa? Rib itu merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk aksesoris kaos dan harga nya pun berbeda karena jenis kain ini berbeda dengan bahan kaos biasa. Artikel kali ini kami akan membahas dengan lengkap seputar Kain Rib yang perlu Anda ketahui

Apa Itu Kain Rib?

Kain rib adalah jenis kain rajut elastis yang digunakan sebagai aksesoris atau pelengkap baju kaos pada bagian leher. Rib juga sama dengan kain lainnya, memiliki jenis dan warna yang beragam dan biasa nya warna rib sama dengan body kain karena rib merupakan pasangan dari kain, tapi perlu Anda ketahui warna rib sendiri biasa nya cenderung lebih Tua dibandingkan warna kain body nya sendiri. Jadi jangan heran jika Anda mendapatkan warna yang cenderung berbeda pada kain rib yang Anda pesan.

Kain rib sendiri dapat dibuat menggunakan berbagai jenis bahan seperti katun/ polyester/ campuran polyester dan katun atau campuran bahan lainnya, sesuai dengan kain body nya.

harga kain rib

Fungsi atau Kegunaan Kain Rib

Seperti yang sudah kami paparkan diatas, fungsi dari kain rib adalah sebagai aksesoris untuk kaos pada bagian leher kaos. Selain pada leher kaos kain rib pun bisa digunakan untuk bagian lengan kaos baik kaos lengan panjang atau lengan pendek sesuai dengan variasi yang ingin Anda buat pada kaos Anda.

Kegunaan Lain Dari Kain Rib

Selain digunakan untuk bagian leher atau lengan pada kaos, rib bisa digunakan juga untuk membuat jenis pakaian lain. Ada beberapa jenis pakaian yang bisa Anda buat menggunakan bahan Rib, apa saja? 

Sweater atau Cardigan

harga kain rin untuk pakaian cardigan

Image source: https://www.overstock.com/

Tidak semua sweater harus dibuat menggunakan bahan Baby Terry atau Fleece, ada pula sweater yang lebih tipis lagi yang dibuat menggunakan bahan kaos biasa atau bahan rib agar lebih elastis. Atau anda pun bisa membuat pakaian hangat lainnya yang mungkin lebih familiar dengan sebutan cardigan, tambahkan kancing pada bagian depan cardigan sebagai variasinya

Manset

harga kain rib untuk manset

Image source: http://www.pricenia.com/

Manset ini biasanya digunakan untuk baju dalam perempuan, manset juga mempunyai beberapa jenis. Ada yang berbentuk baju ada pula yang untuk lengan saja atau manset tangan. Bahan yang digunakan untuk membuat manset haruslah bahan kain yang elastis, seperti Rib. Anda bisa menggunakan Rib standar atau Rib biasa, bisa juga menggunakan Rib spandex.  

Dress (pakaian wanita)

harga kain rib untuk pakaian dress

Image source: https://www.shopbop.com/

Pakaian seperti dress pun tidak selalu dibuat dari bahan-bahan seperti satin, silk atau bahan rayon misalkan. Anda pun bisa membuat dress dari bahan kaos juga bahan Rib, dan sebenarnya sudah banyak brand terkenal yang membuat dress menggunakan bahan Rib juga. Dress dengan bahan rib pastinya akan membuat kesan yang lebih santai dan bisa digunakan kapan saja tidak hanya pada saat acara resmi

Kaos Turtleneck

harga kain rib untuk pakaian turtleneck

Image source: https://www.uniqlo.com/

Salah satu fashion item yang timeless, dari dulu sampai sekarang pakaian ini tidak pernah hilang ditelan zaman, pakaian tersebut adalah kaos Turtleneck. Turtleneck adalah jenis kaos atau pakaian dengan jenis kerah yang tinggi. Cocok digunakan kapan saja dan dimana saja, terutama jika udara sedang dingin. Membuat turtleneck bisa menggunakan bahan seperti wol atau bahan rajut, tapi bisa juga menggunakan kain Rib.

Jadi bisa dikatakan kegunaannya cukup beragam juga sesuai dengan kreativitas Anda, meskipun kegunaan utama nya digunakan untuk aksesoris kaos saja. Banyak jenis pakaian yang bisa Anda buat dengan menggunakan kain Rib

Jenis Kain Rib 

Untuk membuat kain rib banyak jenis bahan yang bisa digunakan tapi tetap disesuaikan dengan jenis body kainnya karena kain rib adalah pasangan dari kain kaos. Ada rib yang dibuat dari bahan Cotton, Polyester atau campuran dari beberapa bahan lainnya. Seperti campuran cotton dan polyester (CVC dan TC) atau campuran dari bahan alami seperti cotton dan serat bamboo atau serat kayu (modal).

Biasanya jenis rib pun dibagi menjadi dua yaitu rib standar atau sering disebut juga dengan rib katun (disesuaikan dengan jenis bahan baku nya). Karakteristik dari kain rib katun itu lebih lentur dari jenis bahan kaos biasa untuk body kaos, karena bahannya yang lebih lentur ini lah kain rib juga bisa digunakan untuk jenis pakaian lain. Selain bahan rib katun, ada juga satu bahan rib lainnya yaitu rib Spandex. Apa itu rib Spandex?

Kain Rib Spandex 

Bagi Anda yang sedang mencari bahan rib yang lebih elastis dari bahan rib biasa atau rib standar dan tahan lama, Anda bisa coba menggunakan jenis rib Spandex ini. Sesuai dengan namanya kain rib spandex mempunyai karakteristik yang lebih lentur dan elastis dan juga lebih tahan lama. 

Jenis Kain Rib Katun dan Rib Spandex digunakan untuk Kain apa?

Kain rib digunakan untuk pasangan dari bahan single knit atau bahan untuk kaos, tetapi tidak semua bahan kaos di toko kami menggunakan bahan rib Katun dan rib Spandex untuk pasangan kainnya. Lalu kain apa saja yang menggunakan rib Katun dan Spandex sebagai pasangannya?

Jenis Kain Untuk Kain Rib Katun / Rib Standar 

Kain rib Standar atau rib katun digunakan pada kain:

  • Cotton Combed
  • Cotton Carded
  • CVC Misty
  • TC Misty
  • Fancy Fabrics (CVC Threetone 30s, CVC Astro 30s, CVC New Slub Siro 30s, Cotton Slub 30s, CVC Fuzy 30s dan Cotton Galaxy)

Jenis Kain Untuk Kain Rib Spandex

 Kain rib Spandex digunakan pada kain:

  • Cotton Bamboo
  • Cotton Modal
  • U.S. Pima Cotton
  • Cotton Combed

Kain rib Spandex tersedia pada beberapa kain diatas termasuk kain Cotton Combed, jadi Combed mempunyai 2 jenis rib ya? Betul sekali kain terdapat dua jenis kain rib untuk bahan kaos Cotton Combed.

Harga Kain Rib

Apakah kain rib dijual per-meter?

Sebenarnya seluruh kain di toko kami dijual secara kiloan bukan meteran, baik bahan kaos maupun aksesorisnya termasuk rib. Tapi jangan khawatir meskipun kami menjual kain kami secara kiloan kami menerima pembelian secara eceran juga dengan minimal order 0.05 kg untuk rib. Untuk bahan kaosnya minimal order 1 kg (bisa di bawah 1 kg dengan syarat dan ketentuan yang berlaku). Apakah bisa membeli kain rib dengan quantity banyak? Sebenarnya kain rib itu kan pasangan dari kain body jadi untuk saat ini kami belum bisa menjual rib dengan quantity yang banyak karena jumlah rib yang tersedia sudah disesuaikan dengan stock body kain yang ada. Lalu berapa harga kain rib yang ada di knitto baik eceran maupun Rollan? 

Harga Kain Rib Eceran

Setiap harga kain di toko kami itu berbeda-beda, tergantung dengan jenis kain dan warnanya. Begitu pula dengan harga kain Rib, mengikuti warna dan jenis kainnya yang ditambah dengan harga tambahan rib eceran. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana Untuk menghitung harga kain rib eceran, coba perhatikan hitungan di bawah ini ya

Cara menghitung harga kain rib eceran itu begini rumusnya: Harga kain eceran + tambahan harga kain Rib eceran 

harga kain rib eceran

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Harga Kain Rib Rollan

Tidak jauh berbeda dengan cara hitung harga kain rib eceran, untuk harga kain rib rollan pun Anda hanya perlu menggunakan rumus yang sama hanya ganti saja pada bagian harga kainnya, dari eceran menjadi rollan. Perhatikan hitungan di bawah ini

Cara menghitung harga kain rib rollan: Harga kain rollan + tambahan harga kain Rib rollan = Harga Rib

harga kain rib rollan

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Perhitungan Penggunaan Kain Rib

Kami sering mendapatkan pertanyaan seperti ini, “Jika saya membeli kain sebanyak 1 roll apakah kain rib yang saya butuhkan juga sebanyak 1 roll?” Tahukah Anda kebutuhan kain rib untuk bagian leher kaos itu sangat sedikit, penggunaannya hanya 5% dari body kainnya. Jadi jika Anda membeli kain sebanyak 1 kg, rib yang Anda butuhkan tidak sampai 1 kg juga, hanya 0.05 kg saja alias 5% saja. Begitupun jika membeli kain sebanyak 1 roll, rib yang Anda butuhkan hanya 1 kg

Berikut ini cara menghitung Rib untuk kain eceran dan kain rollan beserta harga kain ribnya

Jumlah kain (kg) x 0.05 = jumlah Rib (kg)

Contoh:

3 kg x 0.05 = 0.15 kg 

Sangat mudah bukan untuk menghitung harga dan jumlah rib? Jika Anda merasa kurang yakin dengan hitungan Anda, silakan untuk menghubungi admin atau customer service kami yang siap membantu Anda. 

Aksesoris Kain Lainnya

Selain kain Rib, mungkin Anda pun perlu mengetahui jenis aksesoris lainnya yang tersedia di toko kami saat ini seperti Kerah, Manset dan Bur. Ketiga jenis aksesoris ini mungkin sering Anda temui di pakaian yang Anda kenakan tapi mungkin Anda tidak tahu nama dari aksesoris tersebut. Untuk lebih lengkapnya kami akan jelaskan di bawah ini

 

  • Kerah

 

Sudah pasti Anda mengetahui jenis aksesoris ini, kerah adalah jenis aksesoris yang digunakan untuk kaos polo pada bagian leher atau pasangan dari kain Pique. Kerah biasanya bertekstur lebih kaku dan bisa dibuat dari bahan apa saja, mengikuti jenis kain body nya. Untuk kerah sendiri kami jual secara kiloan juga, 1 pcs kerah beratnya ± 0.03 dan dalam 1 kg kain pique biasanya membutuhkan 3 pcs kerah karena 1 kg kain pique bisa dibuat 3 pcs kaos polo dengan ukuran L. Begitupun untuk 1 roll kain, Anda hanya perlu mengalikan saja contohnya begini:

1 roll kain = 25 kg, jumlah kerah untuk 1 roll kain:

25 kg x 3 = 75 pcs kerah

Harga Kain Rib, Pengertian dan  Kegunaannya

 

  • Manset

 

Manset juga merupakan pasangan dari kain Pique yang digunakan pada bagian lengan kaos polo. Tapi manset yang kami maksud disini bukan manset seperti yang kami jelaskan di atas sebelumnya ya, manset yang kami maksud berbeda, bentuknya hampir sama seperti kerah tetapi ukurannya lebih kecil. Karena ukurannya lebih kecil maka beratnya pun berbeda dari kerah, 1 pcs manset beratnya 0.02 kg. Dalam 1 kg kain pun jumlah manset yang dibutuhkan sebanyak 3 pcs. Manset kan untuk bagian lengan, berarti kanan dan kiri, tapi kenapa jumlah manset yang dibutuhkan hanya 3? Dalam 1 manset itu bisa Anda gunakan untuk sepasang lengan kaos polo alias untuk lengan kanan dan lengan kiri. Untuk hitungannya sama seperti pada kerah di atas

 

  • Bur

Harga Kain Rib, Pengertian dan  Kegunaannya

 

Apa itu bur? Bur adalah jenis aksesoris juga yang digunakan pada pakaian hangat seperti jaket, sweater dan hoodie untuk bagian lengan dan pinggang. Apa beda nya Rib dan Bur? Perbedaannya terletak pada ketebalan kainnya. Karakter kain bur itu lebih tebal dibandingkan dengan Rib biasa untuk jenis kain single knit. Penggunaan Bur tentu berbeda dengan Rib, karena jika Rib hanya membutuhkan 5% untuk 1 kg kainnya, untuk Bur Anda membutuhkan sekitar 20% atau 0.2 kg untuk 1 kg kain Fleece dan Baby Terry. 

Kesimpulan

Kain Rib adalah jenis kain yang digunakan untuk aksesoris pada bagian leher kaos, teksturnya berbeda dengan bahan kaos biasa karena lebih lentur dan elastis. Kain Rib bisa dibuat dari jenis bahan apa saja mengikuti bahan kaosnya karena kain ini merupakan pasangan dari bahan kaos. Setiap Rib mempunyai harga kain Rib yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kain dan warnanya. Rib mempunyai 2 jenis yaitu Rib Standar dan Rib Spandex, jika Anda membutuhkan Rib biasa untuk kaos gunakan Rib Standar tapi jika Anda membutuhkan Rib yang lebih elastis jangan lupa gunakan Rib Spandex. Rib Standar biasanya digunakan untuk jenis kain seperti Combed, Carded, CVC, TC dan kain-kain Fancy (CVC Threetone 30s, CVC Astro 30s, CVC New Slub Siro 30s, Cotton Slub 30s, CVC Fuzy 30s dan Cotton Galaxy). Sedangkan kain Rib Spandex digunakan untuk bahan kaos seperti Combed, Cotton Bamboo, Cotton Modal dan U.S. Pima Cotton

Harga kain rib di toko kami dibagi menjadi 2 jenis yaitu harga kain rib eceran dan harga kain rib Rollan. Antara Rib standar dan Rib Spandex pun mempunyai harga yang berbeda, dan Anda bisa mendapatkan harga kain dan harga Rib dari toko kami disini

Terima kasih telah membaca ulasan kami seputar kain Rib dan aksesoris lainnya, semoga artikel kami ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah pengetahuan Anda seputar bahan kaos. Kunjungi toko kami atau hubungi customer service service kami untuk mendapatkan kain dan aksesoris dengan kualitas premium

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur