7 Jenis Benang Terbaik Dan Kegunaannya Lengkap

0
5/5 - Vote count: 86 votes

7 Jenis Benang Terbaik Dan Kegunaannya Lengkap – Benang salah satu bahan yang penting dalam proses menjahit, jenis atau tipe benang yang ada pun beragam sesuai dengan fungsi nya masing-masing. Beberapa jenis benang yang sering digunakan adalah benang jahit, benang obras, benang sulam, benang bordir, benang karet, benang nilon dan benang sutra. 

Jenis Benang
Jenis Benang

Apa itu Benang?

Benang adalah sebuah serat yang panjang, digunakan untuk pemroduksian tekstil, penjahitan, dll. Benang dapat dibuat dari berbagai jenis bahan baku seperti bahan sintetik atau bahan alami. Jika dibuat dari bahan alami benang bisa dibuat menggunakan bahan katun, sutra, bambu, wol, alpaca, dll. 

Dalam dunia jahit-menjahit, benang merupakan salah satu bahan baku produksi yang sangat penting, jika tidak menggunakan bagaimana bisa Anda menyambungkan atau merekatkan bagian-bagian pakaian yang akan Anda produksi? Maka dari itu perlu sekali untuk mengetahui jenis-jenis benang beserta fungsinya. 

Untuk mendapatkan hasil jahitan yang baik, selain menggunakan bahan yang baik juga perlu untuk menggunakan benang yang berkualitas dan kuat, agar hasil jahitannya pun menjadi kuat dan tidak mudah lepas dan robek. 

Jenis – Jenis Benang Dan Fungsinya

Mempersiapkan produksi untuk pakaian Anda tidak bisa sembarangan, harus disiapkan secara matang. Baik dari segi kualitas, bahan kain sampai ke peralatan pendukungnya juga, salah satunya adalah benang.

Begitu banyak jenis benang yang tersedia di pasaran, tapi tahukah Anda apa saja jenis benang dan bagaimana dengan fungsinya? Apakah satu jenis benang bisa digunakan untuk proses produksi yang berbeda? Di bawah ini merupakan penjelasan tentang berbagai jenis benang serta fungsinya, yang mungkin perlu Anda ketahui

Benang Jahit

Benang jahit merupakan jenis benang yang sengaja diciptakan secara khusus untuk menjahit pakaian.

Benang yang digunakan untuk menjahit juga dibedakan menjadi beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika akan menjahit kain katun yang cukup tebal contohnya, tidak mungkin Anda menggunakan jenis benang yang sama dengan benang yang digunakan untuk menjahit kain katun yang tipis. 

Pilihlah benang jahit yang tidak mempunyai serat yang pendek, karena ada beberapa kekurangan yang bisa Anda temui seperti ujung benangnya yang mudah terbuka, kekuatan benang yang kurang dan mudah terputus.

Maka dari itu Anda perlu memilih benang yang mempunyai diameter benang yang rata, tahan gesekan, tidak mudah putus meskipun sudah dicuci berulang kali, lentur bisa mengikuti jalur jahitan. 

Benang Obras

Benang ini merupakan jenis benang yang biasa dipakai untuk merapikan tepi kain supaya menjadi lebih rapi dan benangnya tidak terurai berantakan.

Jika dibandingkan dengan benang jahit ukuran dari benang obras ini biasanya lebih halus lagi. Melihat dari jenis benang yang biasa digunakan untuk mengobras pakaian adalah benang Polyester. 

Benang Sulam

Selain dua jenis benang di atas masih ada beberapa jenis benang lainnya yang mungkin perlu juga untuk Anda ketahui. Benang Sulam adalah benang yang digunakan untuk menyulam dan menghiasi kain supaya tampak lebih cantik.

Contohnya, sulaman pada taplak meja, sarung bantal, dll. Salah satu kelebihan benang Sulam dari benang lain adalah benang sulam mempunyai tekstur yang lebih halus dan lembut. 

Benang Bordir

Benang bordir merupakan jenis benang yang biasa digunakan untuk membordir atau menyulam dengan mesin jahit. Bordir merupakan salah satu jenis penghias pakaian, yang bisa digunakan pada kaos atau kaos polo.

Bahan dan tekstur dari benang bordir sebenarnya tidak begitu berbeda dengan benang jahit, warna yang digunakan untuk benang bordir biasanya lebih mengkilap dari benang biasa. Agar mendapatkan hasil bordir yang berkualitas baik, selain memperhatikan warna benang nya Anda pun harus memperhatikan kualitas dari benang bordir tersebut.

Benang Karet

Benang karet merupakan jenis benang yang terbuat dari getah karet yang sudah divulkanisir. Karena memiliki kandungan karet maka benang yang dihasilkan pun terlihat lebih tebal dan sangat elastis.

Dengan karakteristiknya yang elastis ini benang karet sangat cocok jika digunakan untuk mengerutkan beberapa bagian tertentu pada pakaian. Contohnya bisa mengerutkan bagian perut, leher, lengan, pinggang atau dada.

Benang Nilon

Benang ini biasa digunakan untuk menjahit bahan-bahan parasut atau bisa juga untuk menjahit sepatu, sandal dan kain yang tebal seperti kain terpal. Benang Nilon dibuat dari minyak bumi, batu bara dan bahan kimia

Benang Sutera

Tahukah Anda jika benang sutera dibuat dari serat kepompong? Sebuah kepompong ternyata dapat menghasilkan benang sutera sepanjang 457 meter hingga 914 meter. Sifat dari benang sutera itu kuat, halus dan mengkilap maka dari itu benang ini biasanya digunakan untuk keperluan menjahit baju-baju spesial seperti baju-baju pesta.

Di Indonesia sendiri benang sutera banyak dihasilkan di salah satu daerah di Sulawesi Selatan. Disana kain sutera banyak dibuat dengan corak-corak yang khas dengan proses ditenun dan dijadikan juga sebagai andalan industri rumah tangga.

Tips Dalam Menggunakan Benang Jahit

Dalam menggunakan jenis benang ini mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah ketika nanti memulai proses menjahit

  • Sebelum menjahit periksa dan pastikan terlebih dahulu jenis kain apa yang akan dijahit. Jika sejenis kain katun maka sesuaikan juga benangnya menggunakan benang katun. Begitupun jika Anda menggunakan jenis bahan dengan bahan sintetis seperti polyester, gunakan benang yang sesuai juga ya
  • Pada saat memilih benang jahit untuk menjahit bahan kain polos sebenarnya tidak akan ada kesulitan yang terlalu besar, Anda hanya perlu memilih benang yang warnanya sama dengan warna bahan kainnya
  • Jika Anda akan menjahit jenis bahan yang mempunyai corak warna atau corak motif seperti batik atau jenis kain lainnya, coba untuk pilih warna benang jahit yang sesuai dengan warna dari kainnya dan pastikan warna yang Anda pilih adalah warna yang paling dominan dari kainnya
  • Untuk menjahit kain dengan motif kontras seperti motif kotak-kotak yang mempunyai banyak warna, Anda harus memilih warna yang hampir mirip dengan warna kotak-kotak atau warna motif pada bahan kainnya

Saat memilih benang jahit untuk menjahit pakaian Anda pastikan juga benangnya mempunyai kualitas yang baik. berikut ini beberapa karakteristik benang yang dikategorikan mempunyai kualitas baik

  • Tidak mudah putus ketika hanya ditarik dengan kedua tangan, sehingga nantinya jahitan yang dihasilkan pada pakaian Anda akan tahan lama tidak mudah putus
  • Benang tidak mempunyai banyak serat-serat halus yang keluar dari benang. Serat halus tersebut akan menghambat proses memasukan benang ke jarum pada saat menjahit
  • Pastikan benang mempunyai ketahanan yang baik terutama pada saat proses menjahit 
  • Pilih benang jahit yang mempunyai warna yang cerah, tidak kusam sehingga ketika digunakan untuk menjahit tidak merusak penampilan pakaian Anda

Jangan sampai Anda salah memilih ya ketika hendak membeli benang jahit untuk keperluan produksi Anda, selalu perhatikan kualitas dari benang yang Anda gunakan karena pasti akan mempengaruhi kualitas dari jahitan Anda.

Jenis-jenis Jahitan

Berbicara soal benang jahit sudah pasti berhubungan juga dengan jenis jahitannya juga. Sudahkah Anda mengetahui apa saja jenis-jenis jahitan yang ada dan biasa digunakan untuk menjahit pakaian terutama jika Anda ingin menjahit kaos?

1. Jahitan Rantai

Yang pertama adalah jahit rantai, seperti namanya, jahitan ini menghasilkan jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri, pundak kanan, dan belakang leher. Dan biasanya menggunakan mesin jahit jarum dua rantai.7 Jenis Benang Terbaik Dan Kegunaannya Lengkap

Sebenarnya, jahitan ini merupakan salah satu teknik jahitan yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan kaos, saat ini pun jenis jahitan rantai ini dijadikan salah satu jenis jahitan yang dipilih untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena dilihat dari hasilnya cukup rapi dan juga berbeda memberikan kesan yang unik.

2. Jahitan Obras

Selanjutnya adalah jahitan obras, jahit obras adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin high speed, fungsinya untuk menggabungkan dua potongan menjadi satu.

Jahitan ini biasanya digunakan untuk menggabungkan antara rib (kerah leher kaos) dengan potongan bagian badan, potongan badan satu dengan yang lain, dan juga potongan badan dengan potongan tangan.

Untuk jenis jahit obras tersedia mesin yang menggunakan 3 benang, 4 benang, dan 5 benang, dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum kaos yang baik biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan 4 benang dan 2 jarum.

7 Jenis Benang Terbaik Dan Kegunaannya Lengkap

Pada kaos jahitan obras ini digunakan untuk menggabungkan bagian-bagian kaos seperti lengan dengan badan dan rib dengan bagian badan kaos.

Pada jenis pakaian lain jahitan obras ini juga digunakan untuk merapikan bagian pinggir atau bagian tepi pada kaos agar menjadi lebih bagus. 

Selain Jenis jahitan obras biasa masih ada juga satu jenis jahitan yang termasuk jahitan obras yaitu Jahitan Semi Obras. Apa perbedaanya? Fungsi utamanya sebenarnya sama saja yaitu untuk merapikan jahitan pinggir dan mengikat jahitan pinggirnya agar tidak terlepas.

Jahitan Semi Obras juga fungsinya sama saja yaitu untuk merapikan bagian tepi kain. tapi jahitan semi obras juga bisa Anda gunakan ketika dalam keadaan darurat atau terburu-buru dalam pengerjaan, tap hasilnya pun masih tetap rapi dan bagus pada bagian dalamnya

3. Jahitan Overdeck

7 Jenis Benang Terbaik Dan Kegunaannya Lengkap

Adapun jenis jahitan yang ketiga dan biasa digunakan untuk mengerjakan proses pembuatan kaos yaitu Jahit Overdeck, jahitan ini merupakan salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed juga.

Jahitan jenis ini biasanya digunakan pada bagian lengan dan bawah kaos. Jika Anda perhatikan pada lengan kaos Anda terdapat lipatan kecil ke dalam di bagian ujung lengan, lipatan tersebut dibuat dengan menggunakan mesin jahit Overdeck dengan cara kain dilipat dan dirapikan jahitannya oleh mesin ini. Jahit overdeck menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahit kumis itu menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

4. Jahit Lurus

Yang terakhir ada jahit lurus, jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus, jarang digunakan pada kaos standar clothing, seringnya digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Kriteria Jahitan Kaos Yang Bagus

Menghasilkan kaos yang baik tidak hanya dilihat dari kualitas bahan kaosnya saja, tetapi kualitas dari produksi nya pun perlu diperhatikan salah satunya adalah kualitas jahitan. Lalu apa saja ya kriteria jahitan yang bagus itu?

  1. Jahitan pada kaos harus rapi, tidak terputus dan tentunya harus kuat. jarak antara jahitan satu dengan jahitan lainnya terlihat sama dan konstan lalu ketika jahitannya ditarik tidak akan merenggang
  2. Sambungan antara jahitannya pun haruslah akurat dan sangat rapi. Misalkan pertemuan jahitan di bagian ketiak. Karena sebuah kaos yang berkualitas dinilai ketika kaos tersebut mempunyai sambungan yang sangat presisi pada bagian lengan dan bagian badan kaos
  3. Semakin kecil lebar sambungan pada bagian dalam kaos maka jahitan tersebut berarti semakin baik dan rapi. Khusus untuk jahitan ini biasa dibuat dengan menggunakan mesin obras
  4. Terdapat jahitan rantai pada bagian pundak kiri, belakang bagian leher dan pada bagian pundak sebelah kanan juga. Selain membuat sambungan jahitan kaos menjadi lebih kuat dan tahan lama, jahitan ini juga telah menjadi sebuah standar dari kualitas jahitan untuk kaos distro
  5. Pada bagian rib atau bagian leher kaos disambung menggunakan jenis jahitan obras atau menggunakan jahitan bis yang rapi dan harus teliti sehingga kaos pun nantinya akan nyaman digunakan. 
  6. Bagus atau tidaknya kualitas jahitan dari sebuah kaos bisa ditandai dengan tidak ada sisa benang pada ujung jahitan kaos tersebut. Jika benang pada ujung jahitan tidak dibersihkan maka jahitan pada kaos tersebut akan terurai dan tidak terlihat rapi. jadi Anda harus benar-benar memperhatikan detail ini pada bagian QC Anda ya

Kesimpulan

Pada saat membuat kaos, ada beberapa bahan baku yang harus Anda siapkan, seperti bahan kain sudah yang pasti harus yang berkualitas baik, aksesoris kainnya mungkin seperti Rib atau aksesoris tambahan lainnya dan juga benang jahit, terutama jika Anda ingin membuat kaos benar-benar sendiri tanpa bantuan jasa dari konveksi.

Benang yang perlu digunakan untuk membuat kaos adalah benang jahit. Selain benang jahit, masih ada juga beberapa jenis benang lainnya yang mungkin perlu Anda ketahui seperti benang Obras, Benang Sulam, Benang Bordir, Benang Nilon dan Benang Sutera.

Masing-masing dari jenis benang tersebut tentu mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dalam proses pembuatan sebuah pakaian terutama kaos, benang adalah salah satu pelengkap dan bagian yang penting, lebih tepatnya kualitas benang dan kualitas jahitannya juga. 

Jenis jahitan dan kualitas jahitan pun perlu untuk Anda perhatikan ketika proses produksi kaos. Dalam pembuatan kaos ada beberapa jenis jahitan yang digunakan yaitu jahitan Overdeck, Jahitan Rantai dan Jahitan Obras.

Setiap jahitan mempunyai fungsinya masing-masing dan sangat penting untuk proses produksi kaos. Jahitan Overdeck, jahitan jenis ini biasanya digunakan pada bagian lengan dan bawah kaos, pada lipatan kecil di bawah dan lengan kaos, jahitan tersebut dibuat menggunakan jahitan overdeck.

Jahit Obras adalah salah satu jenis jahitan yang fungsinya untuk menggabungkan potongan-potongan pada bagian kaos menjadi satu. Jahit rantai juga biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri, pundak kanan, dan belakang leher

Itulah beberapa jenis benang juga fungsi dari benangnya dan juga jenis jahitan yang mungkin perlu untuk Anda ketahui untuk menambah wawasan Anda seputar proses produksi kaos. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur