Apakah Bisa Menjahit Kain Combed pakai Mesin Jahit Portable?

0
5/5 - Vote count: 11 votes

Apakah Bisa Menjahit Kain Combed pakai Mesin Jahit Portable? – Hai Knittopreneurs! Kembali lagi dalam artikel Knitto Textiles, Minto hari ini akan bahas seputar pertanyaan yang cukup sering ditanyakan. Pertanyaan nya yaitu apakah bisa menjahit kain Cotton Combed atau kain knit lainnya dengan mesin jahit portable atau 1 jarum high speed? Nah Minto akan jawab pertanyaan tersebut dalam artikel ini.

Menjahit Kain
Menjahit Kain

Apakah Bisa Menjahit Kain Combed pakai Mesin Jahit Portable?

Jawabannya adalah bisa. Tetapi umumnya akan terasa sedikit kurang terbiasa diawalnya. Untuk mempermudah proses penjahitan menggunakan mesin jahit portable dan single needle high speed kamu bisa ganti jarum jahit kamu dengan jarum yang diperuntukan khusus untuk kain stretch seperti kain knit, kain spandex, dan kain lainnya.

Untuk  membuat kaos, walaupun bisa menjahit menggunakan mesin portable, Minto sarankan untuk menggunakan mesin khusus untuk membuat kaos agar hasilnya lebih profesional. Namun untuk konsumsi pribadi, Minto rasa masih bisa bila kamu tetap ingin membuat kaos dengan mesin portable, hanya saja hasil akhirnya tidak akan sama seperti kaos pada umumnya yang menggunakan mesin jahit khusus kaos.

Biasanya penggunaan mesin jahit portable untuk menjahit bahan knit diperuntukkan untuk membuat pakaian diluar kaos, seperti dress, pakaian anak, terusan, dan lain-lainnya, dan tentunya membutuhkan mesin obras untuk melengkapi mesin portable satu jarum. Untuk membuat kaos, Minto sarankan kamu pakai mesin yang memang dipakai untuk membuat kaos. Berikut mesin jahit yang dibutuhkan dalam proses penjahitan. 

3 Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Menjahit Kaos

  • Mesin Obras

Mesin Jahit Portable

Mesin obras merupakan mesin yang memiliki jenis jahitan yang kompleks. Tidak seperti mesin jahit portable 1 jarum dan mesin jahit 1 jarum high speed, mesin obras menggunakan 3-4 buah benang, sehingga hasil jahitan jauh lebih kuat. 

Mesin ini digunakan untuk mengunci ujung kain agar tidak brudul. Tidak hanya untuk membuat kaos, mesin ini digunakan pada hampir semua jenis pakaian. Maka dari itu, mesin obras merupakan salah satu jenis mesin jahit yang wajib kamu punya.

Mesin obras juga tersedia dalam jenis portable, namun bila harganya masih dirasa mahal kamu bisa beli sepatu semi obras untuk mesin portable kamu.

  • Mesin Rantai 2 Jarum

Apakah Bisa Menjahit Kain Combed pakai Mesin Jahit Portable?

Mesin rantai dua jarum merupakan mesin yang dibutuhkan dalam pembuatan kaos. Sesuai namanya, mesin ini menghasilkan jahitan yang menyerupai rantai. 

Mesin ini digunakan untuk bagian belakang leher, dan membutuhkan kain serong atau bisban yang bertujuan untuk menutup jahitan obras di sekitar belakang leher. Kamu juga bisa menyisipkan label brand kamu atau label size di bagian belakang leher ketika menggunakan mesin ini.

  • Mesin Overdeck

Apakah Bisa Menjahit Kain Combed pakai Mesin Jahit Portable?

Mesin overdeck merupakan mesin terakhir yang diperlukan ketika membuat kaos. Mesin overdeck identik dengan jahitan atas dan bawah yang berbeda. Jahitan atas mesin overdeck berupa dua garis lurus, dan bagian bawahnya berupa seperti jahitan mesin obras.

Mesin ini digunakan untuk bagian bawah kampuh lengan dan body kaos. cara menggunakannya yaitu lipat bagian bawah kampuh lengan dan body kaos sesuai kampuh, lalu jahit dengan mesin overdeck.

Tips Menjahit Bahan Knit dengan Mesin Portable

  • Ganti Jarum dengan Jarum Khusus

Gunakan jarum khusus untuk kain stretch agar proses menjahit menggunakan mesin portable lebih nyaman. Menurut Minto, sebenarnya tidak mengganti jarum dengan jarum yang diperuntukkan khusus untuk bahan kaos tidak apa-apa, hanya saja butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan menjahit di media baru.

  • Menggunakan Kain yang Lebih Tebal

Menurut pengalaman Minto, menjahit kain knit dengan gramasi lebih tebal lebih mempermudah proses jahit lho! Tapi bukan berarti menjahit menggunakan mesin portable untuk kain kaos ketebalan 30s sulit ya. 

Menurut Minto, menggunakan kain kaos ketebalan 24s terasa lebih mudah dibanding 30s. Kamu bisa coba dan jangan lupa latihan agar semakin terbiasa ya.

Rekomendasi Kain Knitto yang Aman Dijahit Menggunakan Mesin Portable

  • Cotton Combed

Cotton Combed merupakan bahan kaos yang umumnya paling sering digunakan. Bahannya lembut dan halus, karena dalam proses pembuatannya melewati proses penyisiran atau combing. Bahan ini terbuat dari 100% serat kapas sehingga nyaman digunakan sehari-hari dan menyerap keringat dengan baik.

Cotton Combed masih bisa dijahit menggunakan mesin jahit portable, khususnya dengan gramasi 24s keatas. Untuk gramasi 30s, masih bisa menggunakan mesin portable namun perlu latihan terlebih dahulu. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan 5 jenis ketebalan kain Cotton Combed hingga 100 pilihan warna menarik.

  • Cotton Carded

Cotton Carded merupakan kain bahan kaos yang biasanya dijadikan bahan alternatif dari kain Cotton Combed. Berbeda dengan Cotton Combed, dalam proses pembuatannya hanya melewati proses penggarukan atau carding sehingga tidak sehalus dan selembut Cotton Combed dan masih ada bintik putih di permukaan kainnya. Namun Cotton Carded tetap banyak peminatnya karena sering dijadikan alternatif kain 100% serat kapas yang memiliki harga terjangkau.

Cotton Carded masih bisa dijahit menggunakan mesin jahit portable. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan bahan kaos Cotton Carded dengan dua jenis ketebalan kain 30s dan 24s hingga 23 variasi warna menarik.

  • Cotton Combed Enzyme

Cotton Combed Enzyme merupakan kain bahan kaos Cotton Combed yang dalam proses pembuatannya melewati proses pencucian tambahan menggunakan protein nabati yaitu enzim. Dengan proses pencucian atau washing inilah yang membuat kain Cotton Combed Enzyme lebih terasa halus dan minim bulu. Bahannya nyaman digunakan dan menyerap keringat dan cairan dengan baik.

Cotton Combed Enzyme masih bisa dijahit menggunakan mesin jahit portable. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan Cotton Combed Enzyme dalam ketebalan 30s dalam 6 variasi warna menarik.

  • CVC Pique Hexagon

CVC Pique Hexagon adalah kain yang biasa dijadikan kaos polo. CVC pique Hexagon terbuat dari campuran 60% serat kapas dan 40% polyester. Ciri utama kain ini terdapat pada permukaan kainnya yaitu memiliki motif rajut segi enam atau hexagonal. Tak hanya kaos polo, kain ini bisa dijadikan berbagai pakaian dewasa maupun anak-anak lho!

CVC Pique Hexagon bisa dijahit menggunakan mesin jahit portable. Hal ini dikarenakan rajutan CVC Pique Hexagon lebih mudah dijahit menggunakan mesin portable dibanding kain bahan kaos. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan kain CVC Pique Hexagon dalam ketebalan 24s dengan 38 varian warna menarik.

  • Cotton Combed Pique Diamond

Cotton Combed Pique Diamond merupakan kain yang biasa dijadikan kaos polo, sama seperti CVC Pique Hexagon. Perbedaan antara CVC Pique Hexagon dengan Cotton Combed Pique Diamond adalah dari komposisi kainnya, Cotton Combed Pique Diamond terbuat dari 100% serat Cotton Combed Premium , sehingga bahannya lebih nyaman. Cotton Combed Pique Diamond memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yaitu corak rajutnya yang berbentuk menyerupai diamond.

Cotton Combed Pique Diamond bisa dijahit menggunakan mesin jahit portable, sama seperti CVC Pique Hexagon. Di Knitto Textiles, kamu bisa menemukan Cotton Combed Pique Diamond ketebalan 30s dengan 9 variasi warna.

Nah gimana? Sudah terjawab kan pertanyaannya? Buat kamu yang suka menjahit untuk konsumsi pribadi menggunakan mesin portable, kamu bisa coba kain Knitto Textiles ya! Selain warnanya lengkap, hingga 100 pilihan warna, kain yang disediakan juga beragam. Tak perlu takut, minimal order kain di Knitto hanya mulai dari 1 Kg saja, bahkan kurang bila stok tersedia. Yuk coba jahit pakai kain Knitto Textiles!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur