3 Cara Membuat Stiker Tempel Mudah dan Lengkap

0
5/5 - Vote count: 76 votes

3 Cara Membuat Stiker Tempel Mudah dan Lengkap – Pengertian stiker merupakan sebuah lembaran yg terbuat berdasarkan plastik juga kertas & bisa direkatkan dalam berbagai media. Stiker memiliki bahan adhesive atau perekat dalam sisi belakangnya supaya mampu melekat ke media yg diinginkan.

Membuat Stiker
Membuat Stiker

Stiker dipakai buat berbagai hal misalnya stiker mainan, stiker dinding (wall sticker), stiker kendaraan beroda empat & lain-lain. Untuk media yg dipakai menjadi tempat menempelnya stiker sebagai contoh adalah dinding, kaca, kayu, kain, & sebagainya.

Stiker dikenal di masyarakat baik sebagai alat dekorasi maupun alat periklanan yang menjanjikan. Karena dengan biaya yang relatif murah anda sudah bisa menikmati hasilnya secara langsung. Penggunaan stiker yang bisa ditempel dimana saja membuat benda ini sangat fleksibel. Murah untuk diproduksi, tetapi juga merupakan pilihan yang menarik  untuk keperluan pribadi dan komersial. 

Sejarah Stiker

Stiker pertama kali muncul pada zaman Mesir kuno, hampir 30 abad yang lalu. Arkeologis telah menemukan iklan untuk menjual produk yang ditempel di dinding pasar tradisional Mesir kuno dengan pasta gandum.

Bergerak maju ke tahun 1700 an, stempel pajak mulai diaplikasikan ke berbagai produk dan dokumen dengan lem. Sementara di Prancis, seniman Simon Ravenet menciptakan decalomania, sebuah teknik menekan kertas tisu di antara pelat warna tembaga dan mentransfernya ke desain yang ada di kertas ke permukaan porselen atau keramik. Ini, tentunya, bagaimana kata “decal” ditemukan, dan masih digunakan hingga hari ini.

Pada tahun 1840, barang asal Inggris seharga 1 penny mengubah stiker selamanya: perangko. Seorang pria bernama Sir Rowland Hill mengubah kantor pos dan memperkenalkan kepada dunia perangko Penny Black. Perangko ini memiliki adhesif yang bisa diaktifkan dengan dibasahi sebelum ditempelkan.

Pada tahun 1880 an, proses lithographic printing menjadi lebih mudah dan murah, dan semakin banyak warna bisa dicetak. Ini membuat para penjual lebih nyaman untuk membuat iklan yang kreatif untuk produk mereka. Masalahnya, untuk membuat iklan jenis ini menempel pada boks atau produk yang ditakdirkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh kadang tidak mulus karena adanya perubahan suhu sepanjang perjalanan.

Ketika gerbong kereta yang dilengkapi dengan kulkas diperkenalkan dan digunakan untuk mengirim makanan dan produk lain, petani, produsen dan pabrikan membutuhkan cara pasti untuk memudahkan proses identifikasi produk di dalam boks dan mencegah label apapun terlepas karena temperatur yang terus berubah. Dan karena ini, adhesif getah ditambahkan pada label lithographic, dan label ini mulai muncul pada krat buah, boks sabun, botol obat dan kotak rokok hingga slop rokok.

Pada tahun 1934, penemu asal Amerika bernama R. Stanton Avery, alias bapak sticker modern, mengkombinasikan bagian mesin, gergaji pedang, dan berbagai materi lain untuk menciptakan mesin tekanan sensitif yang bisa membuat label self-adhesive dengan bagian belakang yang bisa dikelupas, dan bisa dipotong ke berbagai ukuran dan bentuk. Maka stiker yang kini kita kenali, resmi lahir.

Cara Membuat Stiker Tempel Sendiri

Memiliki stiker yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. berarti stiker lebih umum digunakan sebagai tanda kepemilikan atau sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk. Stiker dapat menjadi identitas produk sekaligus pembeda dengan kompetitornya di pasaran. Dengan begitu,stiker bisa dibuat sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk penggunaan pribadi, kamu bisa membuat stikernya sendiri. Untuk kebutuhan industri, kamu dapat mengandalkan bantuan mesin pembuat stiker yang handal.

Cara Membuat Stiker Tempel Lem

Untuk membuat stiker lem, adapun bahan, alat serta langkahnya adalah sebagai berikut:

Bahan Stiker :

  • Kertas (koran, majalah, brosur), dan;
  • Alas. 

Bahan Lem :

  • 1 bungkus gelatin biasa;
  • 4 sendok makan air mendidih;
  • 1 sendok teh gula atau sirup jagung, dan;
  • 3 tetes ekstrak peppermint atau vanila untuk wewangian.
  • Alat :
  • Alat tulis (spidol, pensil, bolpoin);
  • Pensil atau spidol warna, krayon, dan;
  • Gunting.

 

Cara-Cara pembuatannya sebagai berikut :

  • Buat gambar maupun tulisan yang akan dibuat pada stiker di atas kertas menggunakan alat tulis dan alat menggambar serta mewarnai yang tidak mudah luntur saat terkena air.
  • Jika Kamu tidak ingin menggambar, Kamu bisa memotong gambar atau tulisan yang menarik dari koran, majalah, brosur dan sebagainya. Selain itu, Kamu juga bisa mencetak gambar dari internet dan software desain atau gambar lainnya.
  • Setelah menyiapkan gambar atau tulisan yang akan dijadikan stiker, potong hingga membentuk desain yang diinginkan.
  • Buatlah lem dengan cara mencampurkan semua bahan lem yang telah dipersiapkan. Lem yang dihasilkan adalah aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan bisa merekat dengan baik.
  • Simpan lem selama semalam penuh di dalam lemari es. Untuk mencairkan lem, maka saat ingin menggunakan lem dengan menaruhnya dalam mangkuk berisi air hangat atau panas.
  • Lem yang sudah siap bisa dioleskan pada bagian belakang kertas stiker. Agar lebih mudah, gunakan kuas untuk mengoleskan lem.
  • Tunggu hingga lem mengering kemudian tempelkan pada media atau tempat yang diinginkan.

Cara Membuat Stiker Tempel Sendiri Dari Kertas

Kertas stiker merupakan kertas yang sudah dilengkapi dengan lembar perekat di bagian belakangnya. Dengan kertas ini, Anda bisa langsung membuat stiker tanpa perekat tambahan. Lalu, untuk bahan stiker dan alat serta langkah pembuatannya yakni :

Bahan Stiker :

  • Kertas stiker
  • Kertas untuk hiasan (kertas warna, koran, majalah, brosur), dan;
  • Alas. 

Alat :

  • Pensil atau spidol warna, krayon
  • Gunting, dan
  • Alat tulis (spidol, pensil, bolpoin)

 

Cara-Cara pembuatannya sebagai berikut :

  • Buat desain berupa gambar dan tulisan yang ingin dibuat untuk menjadi stiker. minto juga bisa menggunakan gambar dari internet atau mengambilnya dari koran, majalah dan media lainnya.
  • Cetak desain tersebut di atas kertas stiker. Bisa juga kamu membuatnya menggunakan alat tulis atau alat mewarnai. 
  • Gunting kertas stiker sesuai dengan desain yang telah dibuat. Berikan jarak sekitar 0.3 cm untuk menghindari jika ada kesalahan saat pemotongan.
  • Stiker yang sudah dipotong, maka siap untuk digunakan. Jika ingin menempelkan stiker, cukup buka bagian belakang atau pelindung stiker, lalu tempelkan pada media yang diinginkan.

Semoga artikel yang Minto berikan dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi cara mudah membuat stiker tempel.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur