Pentingnya Business Plan dalam Berbisnis

0

BELI SEKARANG

Dalam membangun dan merintis sebuah bisnis, dibutuhkan sebuah rencana yang matang. Dalam dunia bisnis, rencana berbisnis lebih dikenal dengan istilah business plan. Business plan sendiri mengandung nilai-nilai, rencana, tujuan dalam bisnis Anda. Jadi, fungsi dari business plan adalah sebagai salah satu alat penunjang jalannya bisnismu. Lalu mengapa business plan sangat penting dan wajib ada dalam suatu bisnis? Berikut poin-poin mengapa business plan penting bagi sebuah bisnis.

4 Poin Mengapa Business Plan Penting

  1. Sebagai Acuan

Business plan dapat berperan sebagai pedoman dan acuan dalam berbisnis. Hal ini disebabkan karena business plan berisi tentang rencana perkembangan bisnis kedepannya, menanggulangi pada saat bisnis bermasalah, dan membantu bisnis mencapai tujuannya.

2. Bisnis Lebih Terarah

Dengan adanya business plan, bisnis Anda akan lebih terarah. Hal ini disebabkan karena dalam business plan tercatat tujuan utama dalam berbisnis. Anda akan lebih terfokus ketika bisnis Anda memiliki business plan.

3. Membantu Mencari Investor

Semua bisnis khususnya bisnis yang baru dibangun terkadang membutuhkan dana tambahan. Business plan yang sudah dibuat dapat dijadikan proposal untuk diberikan pada investor agar investor tertarik pada bisnis Anda.

4. Membantu Mengelola Keuangan

Dengan adanya perencanaan yang dirangkum pada business plan, pada saat bisnis Anda mengalami penurunan profit, Anda tidak perlu panik karena sudah ada backup plan untuk menghadapi krisis-krisis pada bisnis.

Dengan adanya business plan, bisnis Anda akan semakin terarah dan tidak asal jadi. Dengan adanya perencanaan yang matang dapat membantu laju pertumbuhan bisnis Anda menjadi bisnis yang baik dan tahan banting walau diterpa masalah. Bila rencana yang berfungsi sebagai pondasi bisnis direncanakan dengan baik maka bisnis akan lebih kuat dan dapat berdiri dalam jangka panjang. Berikut ini macam-macam jenis business plan:

Jenis-Jenis Business Plan

Pentingnya Business Plan dalam Berbisnis

  1. Startup Business Plan

Dalam jenis business plan ini, terdapat penjelasan tentang seputar bisnis atau perusahaan yang hendak didirikan, jenis-jenis produk dan jasa yang akan dijual, analisa kompetitor, analisa pasar, analisa SWOT, sistem manajemen dan pemasaran serta penjelasan bisnis. Dalam business plan ini juga umumnya terdapat catatan atau dokumen yang mencakup cash flow bisnis Anda sehingga jenis business plan ini cukup lengkap dan cocok ditawarkan sebagai proposal kepada investor.

2. Strategic Business Plan

Strategic business plan berisi perencanaan yang lebih spesifik dan lengkap. Terdapat penjelasan apa tujuan utama yang akan diraih dari bisnis Anda. Isinya bervariasi tergantung dari perusahaan masing-masing, namun umumnya strategic business plan terdapat visi dan misi perusahaan, strategi mencapai tujuan, faktor kritis bisnis,  dan jadwal penerapan strategi. 

3. Operations Business Plan

Operations  business plan ini merupakan strategi perencanaan, aturan, dan pengembangan bisnis Anda. Operations business plan diterapkan pada pihak internal perusahaan untuk membantu jalannya operasional perusahaan.

4. Growth Business Plan

Growth business plan berisi perencanaan tentang pertumbuhan dan pengembangan bisnis pada masa yang akan datang. Growth business plan dapat berfungsi sebagai pedoman pihak internal dan eksternal perusahaan. Untuk pihak eksternal atau investor, dokumen growth business plan harus dilengkapi pada bagian detail perusahaan dan struktur manajemen yang mencakup pihak-pihak yang menjabat posisi penting.

5. Development Business Plan

Development business plan berisikan perencanaan tentang pembangunan bisnis. Dalam business plan ini terdapat informasi seputar perencanaan pembangunan bisnis yang mencakup informasi organisasi dan administrasi  perusahaan dan aturan tanggung jawab karyawan. Business plan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak internal maupun eksternal.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*