Pengaruh Promo dan Diskon Bagi Bisnis

0
Rate this post

Pengaruh Promo dan Diskon Bagi Bisnis – Kata diskon dan promo tentunya sudah tidak asing di telinga kita semua. Penjual, pembeli, pasti pernah mendengar kata-kata ini. Pembeli atau konsumen pasti sangat menyukai ketika toko kesayangannya mengadakan diskon dan promo besar-besaran terhadap produk yang sudah masuk wishlist mereka. Tapi apa saja ya dampak positif bagi penjual dengan adanya diskon dan promo? Simak selengkapnya disini!

Manfaat Diskon dan Promosi

  1. Menaikkan Brand Awareness

Bisnis berbentuk fisik ataupun online, ketika konsumen melihat toko yang sedang promo dan diskon besar-besaran pasti akan tertarik walaupun konsumen tidak mengenal brand tersebut. Dengan begitu, konsumen akan mencari tahu tentang brand Anda, produk apa yang brand Anda jual, dan lain-lain. Dengan konsumen penasaran dengan brand Anda, maka brand Anda akan semakin dikenal masyarakat.

2. Melancarkan Penjualan Stok Lama

Stok lama yang susah terjual tentunya akan menimbulkan masalah. Salah satunya, stok lama akan memenuhi gudang sehingga penggunaan gudang tidak maksimal. Dengan adanya diskon dan promo, stok-stok produk Anda akan cepat terjual. Penggunaan gudang dan profit akan tetap terealisasi dan stok tidak akan terpendam dalam waktu yang lama.

3. Membantu Pencapaian Target Penjualan

Dengan adanya promo dan diskon, konsumen akan terdorong untuk belanja lebih besar dibandingkan tidak ada promo dan diskon. Diskon dan promo dapat membuat konsumen menjadi impulsive buying atau pembelian yang tidak terencana. Dengan tingginya angka pembelian dapat membantu pencapaian target penjualan yang ada.

4.Membuat Konsumen Lama Setia

Dengan adanya promo dan diskon, brand Anda dapat memanjakan konsumen sehingga konsumen tetap setia memakai produk atau jasa dari brand Anda. Dengan adanya diskon dan promo, Anda dapat membuat konsumen lama Anda semakin yakin dengan brand Anda.

Macam-macam Bentuk Diskon dan Promosi

Pengaruh Promo dan Diskon Bagi Bisnis

Berikut berbagai macam promosi dan diskon dan promo yang dapat diterapkan pada bisnis Anda untuk menaikkan angka penjualan:

  1. Buy One Get One

Jenis promo buy one get one ini sangat cocok untuk membantu mengosongkan stok lama di gudang. Promosi ini dapat menarik konsumen baru maupun lama, dan promo ini dapat berbentuk beli 1 item dapat 1 item yang sama atau beli 2 item namun bayar 1 item harga tertinggi.

2. Gratis Ongkir

Jenis promo ini sangat penting di era yang sudah maju ini. Terkadang konsumen malas checkout ketika mengetahui biaya ongkos kirimnya mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan produk yang dibeli. Sebagian besar pebisnis umumnya sudah memakai jenis promo ini untuk menaikkan penjualannya.

3. Promo Bundling

Promo bundling merupakan promo yang membuat konsumen berbelanja produk lebih banyak. Promo bundling ini menggunakan strategi bila membeli produk dalam jumlah banyak akan lebih murah dibandingkan beli satuan. Promo ini dapat membantu menaikkan penjualan dan membantu pencapaian target penjualan.

4. Seasonal Discount

Seasonal discount merupakan diskon dalam event-event tertentu. Event tersebut dapat digelar dalam hari raya, akhir tahun, awal tahun, black friday sale, dan lain-lain. Jenis diskon ini dapat membantu pengurangan stok lama atau item seasonal.

5. Discount with Minimum Purchase

Discount with minimum purchase adalah diskon yang diterapkan ketika konsumen mencapai minimal pembelian akan mendapat diskon yang sudah ditetapkan. Diskon jenis ini dapat memacu konsumen untuk berbelanja lebih banyak.

Jadi, diskon dan promosi dapat berguna dan bermanfaat bagi kedua belah pihak penjual dan pembeli. Dengan adanya diskon, Anda dapat mengatur efektifitas penggunaan penyimpanan di gudang dan  menaikkan pendapatan. Namun perlu diingat ya, jangan sampai diskon membuat Anda rugi, maka dari itu perlu disiapkan dan dihitung matang-matang sebelum penerapan diskon. Semoga membantu dan selamat mencoba!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur