Jenis Jenis Bahan Kain Yang Paling Sering Digunakan Pengusaha Kaos

0
jenis jenis bahan kain

BELI SEKARANG

Di tahun 2021 lalu, industri fashion atau bisnis-bisnis clothing masih menjadi pilihan untuk mereka yang ingin memulai sebuah bisnis, dan karena hal ini lah banyak dari mereka yang mencari berbagai macam jenis-jenis bahan kain untuk bahan dasar yang akan mereka jual.

Berbicara soal jenis jenis bahan kain, kami sudah merangkum beberapa jenis jenis bahan kain yang paling sering digunakan di tahun 2021 di Knitto Textiles. Berbagai jenis kain ini sudah kami kelompokan sesuai dengan masing-masing jenis rajutannya agar lebih mudah. Simak artikel ini sampai akhir ya siapa tahu bisa menjadi referensi.

Jenis Jenis Bahan Kain

Jenis Jenis Bahan Kain Berdasarkan Jenis Rajutannya

Selain mengetahui berbagai jenis kain, sebaiknya kamu juga mengetahui apa konstruksi rajutan yang digunakan pada masing-masing kain. Beberapa jenis rajutan di bawah ini adalah kain yang sering digunakan di tahun 2021.

Rajutan Single Knit

Rajutan single Knit adalah jenis rajutan yang mempunyai ciri pada permukaan luar dan permukaan dalamnya yang berbeda, jenis rajutan ini yang paling banyak digunakan pada jenis jenis bahan kain terutama untuk bahan dasar kaos. Toko Knitto mempunyai beberapa jenis bahan kaos yang sering digunakan di tahun 2021 yang menggunakan rajutan single knit ini.

Jenis Jenis Bahan Kain Combed

Bahan katun Combed atau Cotton Combed yang dibuat dari 100% serat kapas dikenal sebagai yang nyaman digunakan, mempunyai tekstur kain yang lembut dan halus. Kain ini dibuat dengan cara disisir pada mesin combing, oleh karena itu kainnya terasa lebih halus dan permukaannya lebih rata. 

Bahan Cotton Combed mempunyai beberapa jenis varian yang dibedakan oleh ketebalan kainnya seperti Cotton Combed 20s, 24s, 30s dan yang paling tebal adalah 16s yang sering kita sebut dengan nama Heavyweight Cotton Combed 16s.

ini juga sangat cocok jika digunakan di negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia, sehingga tidak heran jika bahan kaos ini menjadi favorit banyak orang. Maka dari itu Knitto mengeluarkan berbagai koleksi warna bahkan hingga 100 warna untuk melengkapi kebutuhan kalian semua.

Jenis-Jenis Bahan Kain Carded

Bahan yang selanjutnya adalah jenis jenis bahan kain yang juga dibuat dari 100% serat Cotton atau serat kapas. Banyak orang yang berpikir jika bahan ini sama dengan kain Cotton Combed, mungkin karena komposisi bahannya yang sama. Tetapi sebenarnya kedua kain ini merupakan dua jenis kain yang berbeda, karena proses pembuatannya yang berbeda.

Bahan kain Cotton Carded dibuat dengan cara digaruk pada mesin carding, sedangkan kain Combed setelah digaruk dilanjutkan dengan proses penyisiran. Dari proses pembuatannya ini, menghasilkan kain yang teksturnya tidak terlalu halus, permukaannya tidak rata, dan sayangnya masih terdapat bintik-bintik putih yang merupakan biji kapas atau kotoran kapas. Tetapi kain ini juga tetap nyaman digunakan dan daya serapnya baik.

Jenis bahan kain Cotton Carded sering kali digunakan oleh para produsen kaos untuk bahan alternatif manakala mencari bahan katun dengan harga murah, dan kamu juga bisa menjadikan bahan ini sebagai bahan alternatif juga ya.

Baca Juga: Carded vs Combed, Mana Yang Lebih Bagus Untuk kaos?

Jenis Jenis Bahan Kain Cotton Bamboo 

Selain kain katun Combed atau Cotton Combed, terdapat satu jenis jenis bahan kain dengan rajutan single knit yang kualitasnya sangat baik yaitu kain katun Bamboo yang dibuat dari campuran serat katun dan serat Bamboo. Kain ini juga merupakan bahan yang baik untuk kaos orang dewasa dan anak-anak, serta kain kaos yang dibuat campuran dari serat bambu dan katun ini sangat gampang terurai (biodegradable). 

Selain itu yang membuat kain Cotton Bamboo banyak digunakan oleh para produsen kaos adalah keunggulan lain seperti kainnya yang mengandung anti bakteri, anti bau dan anti jamur, kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.

Keunggulan lainnya dari bahan Cotton Bamboo adalah daya serapnya yang sangat baik dan lebih cepat menyerap dibandingkan dengan serat katun biasa. Satu lagi keunggulan dari kain katun Bamboo adalah kainnya yang mempunyai kandungan anti UV, dan dipercaya bisa memberikan perlindungan dari dampak sinar UV sampai 97, 5%.

Saat ini Knitto Textiles sudah mempunyai dua jenis bahan kain Cotton Bamboo yaitu Cotton Bamboo 24s dan Cotton Bamboo 30s, sama seperti Combed perbedaan dari kedua kain ini adalah ketebalannya saja, dan tidak ada perbedaan pada karakteristik, tekstur kain, dan lainnya. 

Jenis Jenis Bahan Kain Cotton Modal

Mau mengikuti campaign sustainable fashion? Kalau begitu kamu harus menggunakan yang berkualitas premium ini yaitu bahan kain Modal, atau TENCEL™ Modal blended with Cotton seperti yang tersedia di Knitto Textiles. 

Kami menyebutkan jika kain ini cocok untuk digunakan sebagai dukungan pada campaign sustainable fashion karena kain Modal terutama TENCEL™ Modal blended with Cotton merupakan bahan yang dapat diuraikan secara alami, dan juga dapat dibuat menjadi kompos sehingga sepenuhnya dapat kembali ke alam.

Jenis bahan kain ini dibuat dari campuran 50% serat TENCEL™ Modal dan 50% serat Cotton, dan menghasilkan bahan yang sangat lembut dan halus, bahannya jatuh dan tidak mudah kusut. Daya serap dari kain TENCEL™ Modal blended with Cotton juga baik, uniknya kain ini adalah kemampuannya sebagai pengatur suhu alami tubuh, dan memberikan sensasi dingin menyegarkan pada kulit. Warna yang terkandung pada kain Modal ini tidak mudah pudar karena serat kainnya benar-benar menyerap pewarna dengan baik, meskipun sudah dicuci berulang kali. 

Rajutan Terry

Tidak hanya pada jenis rajutan single knit saja, pada jenis rajutan Terry pun terdapat dua jenis kain tetap dipilih sebagai bahan untuk di tahun 2021 lalu dan mungkin akan berlanjut ke tahun 2022 ini. Apa saja kedua kain tersebut? 

Jenis Jenis Bahan Kain Baby Terry

Kain Baby Terry dibuat dengan rajutan terry yang mempunyai permukaan berbeda antara bagian luar dan dalamnya, ketika kamu perhatikan bagian luarnya seperti kain kaos pada umumnya kan? Tetapi jika kamu perhatikan bagian dalam kainnya, terdapat struktur yang berbentuk kumpulan “loop”.

Bahan kain Baby Terry bisa dibuat menggunakan bahan dasar apapun, salah satunya seperti yang ada di Knitto yang menggunakan bahan Cotton Combed Premium sebagai bahan dasar kainnya. 

Jenis bahan kain Combed Baby Terry bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis meskipun kegunaan utama nya adalah sebagai bahan untuk pembuatan jaket, sweater dan hoodie. Dari bahan ini kamu bisa membuat celana oversized, gamis wanita, oversized hooded t-shirt, dan masih banyak lagi jenis pakaian lainnya.

Jenis Jenis Bahan Kain Fleece

Tidak jauh berbeda dengan kain Baby Terry, kain Fleece juga merupakan bahan yang mempunyai dua permukaan yang berbeda antara bagian luar dan bagian dalamnya. Hanya saja pada bagian dalam kainnya kain ini mempunyai bulu halus sedangkan tampak luarnya sama seperti pada umumnya.

Kain ini juga sering sekali digunakan sebagai bahan untuk pembuatan jaket terutama, jaket-jaket yang tebal dan lebih hangat dibandingkan dengan bahan Baby Terry. 

Bahan kain ini bisa dibuat dari bahan apapun dan khusus yang ada di Knitto dibuat dari serat Cotton Combed dan CVC (Chief Value Cotton). Jadi kamu bisa menggunakan kain ini sesuai dengan kebutuhan serta budget produksi kan?

Dari semua jenis bahan yang sudah kami sebutkan di atas, apakah kamu pernah menggunakan semua bahan kain ini? Jika belum pernah, dan ingin mencoba kamu bisa langsung menghubungi Knitto atau memesan kainnya melalui Customer Portal Knitto agar lebih mudah dan cepat, belanja kain dengan santai anti ribet.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*