Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

0
Rate this post

Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas – Beraktivitas di cuaca yang panas tentu buat badan kita berkeringat lebih banyak. Udara menjadi lembab, tubuh pun menjadi gerah. Banyak dari kita yang menjadi tak nyaman beraktivitas saat cuaca panas karena salah pilih bahan pakaian.

Nah, dalam artikel kali ini, Minto akan kupas tuntas cara untuk memilih bahan yang cocok digunakan saat cuaca panas dan ciri-ciri kain yang cocok digunakan saat cuaca panas. Penasaran? Yuk ikuti Minto dan baca artikelnya hingga selesai.

Ciri-Ciri Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

  • Terbuat dari Serat Alami

Pastikan kamu pilih kain yang dibuat dari serat alami atau natural. Serat alami merupakan bahan baku untuk pembuatan kain yang berasal dari alam. Contohnya seperti serat kapas atau serat katun, serat bambu, serat linen, dan serat-serat lainnya. Biasanya, serat alami memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik sehingga menjaga tubuh tetap kering. 

  • Bahan Breathable

Ciri kain yang nyaman digunakan saat cuaca panas adalah kain yang breathable. Apa itu kain yang breathable? Kain yang breathable adalah kain yang mampu mengalirkan sirkulasi udara dengan baik, bisa dari tipe lainnya yang memiliki bahan yang berpori atau bahan yang memang memiliki kemampuan mengalirkan udara dengan baik seperti kain knit bahan kaos.

  • Cepat Kering

Ciri kain yang cocok digunakan saat cuaca panas adalah kain yang cepat kering. Memang bahan yang cepat kering adalah bahan yang biasanya menggunakan serat alami. Tapi ada juga bahan pakaian yang terbuat dari serat sintetis seperti polyester yang memang dikhususkan untuk aktivitas yang mengeluarkan keringat seperti olahraga.

  • Bahan Ringan 

Dengan menggunakan bahan yang ringan atau ketebalan kain sedang hingga cenderung tipis dapat mengurangi rasa gerah tubuh ketika beraktivitas dalam cuaca panas. Bahan yang tebal dapat menahan panas tubuh sehingga tubuh mudah merasa gerah.

Nah, Minto sudah menjabarkan di atas ciri-ciri kain yang cocok untuk cuaca panas. Sekarang Minto akan kasih rekomendasi kain-kain yang cocok dijadikan pakaian yang nyaman dipakai beraktivitas ketika cuaca sedang panas maupun cuaca lainnya. Kain-kain ini bisa kamu temukan di Knitto Textiles, yang pastinya tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Rekomendasi Kain Adem Knitto Textiles untuk Sehari-Hari 

Jenis Kain

  • Cotton Combed

Kain Cotton Combed tentunya tidak asing lagi ditelinga kita. Kain Cotton Combed  merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas atau katun yang termasuk pada serat natural. Karena terbuat dari serat natural atau alami, kain Cotton Combed ini tidak perlu diragukan atas kemampuan menyerap keringat dan cairan lainnya dengan sangat baik.

Kain Cotton Combed sering digunakan sebagai bahan kaos distro. Bahan Cotton Combed ini lembut dan sejuk di kulit sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Cotton Combed Knitto Textiles tersedia hingga 100 varian warna yang menarik dan tersedia dalam 5 jenis ketebalan kain, 16s, 18s, 20s, 24s, dan 30s. Untuk kaos regular, kamu bisa pakai Cotton Combed ketebalan 24s dan 30s, untuk kaos oversized kamu bisa pakai Cotton Combed ketebalan 16s, 18s, 20s, dan 24s.

Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

  • Cotton Bamboo

Kain Cotton Bamboo merupakan kain yang sudah mulai populer dijadikan alternatif dari kain Cotton Combed dengan fitur lebih baik. Cotton Bamboo merupakan kain bahan kaos dan pakaian lainnya, diproses dengan teknik knit atau rajut.

Cotton Bamboo memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya yaitu memiliki anti bakteri, anti jamur, dan anti UV. Bamboo-kun merupakan zat anti jamur yang dimiliki Cotton Bamboo. Penny Quinone merupakan zat anti bakteri yang dimiliki Cotton Bamboo. Karena kelebihan itulah, Cotton Bamboo sangat cocok dijadikan berbagai jenis pakaian bahkan untuk bayi sekalipun karena sangat aman.

Kain Cotton Bamboo memiliki ciri khas bahannya yang “jatuh”, tidak mudah kusut, lebih lembut dibandingkan Cotton Combed, dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

  • Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™

Kain Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ merupakan kain Cotton Combed yang memiliki fitur tambahan. Sesuai namanya, kedua fitur tersebut adalah Activecool™ + Activefresh™.

Activecool™ merupakan teknologi yang dapat membuat tubuh terasa sejuk ketika kulit menyentuh bahan ini, sedangkan  Activefresh™ merupakan teknologi yang dapat menjaga kesegaran tubuh dan mencegah bau tidak sedap karena Activefresh™ mengandung zat anti bakteri.

Saat ini Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ tersedia dalam satu warna yaitu hitam reaktif, dalam ketebalan kain atau gramasi kain 30s.

bahan tencel

  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan salah satu bahan premium yang tersedia di Knitto Textiles. Material ini terbuat dari dua jenis serat, yaitu serat katun 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%.

Kualitasnya tentu tidak perlu diragukan, mengingat material ini menggunakan serat modal TENCEL™  yang sudah dikenal dengan baik. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton ini merupakan kain yang dapat mendukung sustainable living karena dapat diperbaharui atau biodegradable.

Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton ini memiliki ciri khas seperti kainnya yang mengkilap, sangat lembut, halus, dan jatuh di kulit. Kain ini ringan dan sejuk, serta mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Kain ini juga sangat aman digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif dan bayi sekalipun. Saat ini, TENCEL™ Modal Blended with Cotton tersedia dalam 15 varian warna menarik dalam ketebalan kain 30s.

Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

  • Cotton Combed Stripes

Kalau kamu bosan dengan warna-warna plain yang polos, Cotton Combed Stripes bisa jadi alternatif lho. Kain ini diproses sama seperti Cotton Combed pada umumnya namun memiliki corak garis-garis atau stripes.

Kaos dengan variasi stripes pasti harus ada di lemari pakaian kamu, karena motif stripe ini mudah dipadu padan dan dapat dipakai segala usia. Materialnya pun halus, lembut, dan mudah menyerap keringat mengingat kain ini terbuat dari serat alami, serat kapas pilihan.

Combed Stripes memiliki ciri khas motif kombinasi 2 warna pada kainnya berbentuk garis vertikal dengan ukuran lebar stripes 0.8 cm/ 0.8 cm (Type 1), 1.1 cm / 0.5 cm (Type 2), 1.1 cm / 1.1 cm (Type 3). Saat ini Cotton Combed Stripes tersedia dalam 11 varian warna yang menarik dalam 3 jenis ukuran stripes.

Nah, Minto sudah kasih 5 bahan kain kaos yang oke banget kalau dipakai saat cuaca panas. Mayoritas memang kain yang terbuat dari serat alami seperti serat kapas dan bambu.

Kain yang terbuat dari polyester memang biasanya lebih panas, tapi tidak semua bahan polyester panas. Misal, Polyester Activedry Knitto Textiles yang memang diformulasikan untuk olahraga pasti nyaman dipakai karena bahannya cepat kering.

Untuk mencari tahu bahan-bahan rajut untuk kaos dan jaket, kamu bisa kunjungi store terdekat Knitto Textiles atau website official Knitto Textiles. Bila terbilang jauh dengan store Knitto Textiles, minto sarankan kamu untuk download e-katalog gratis Knitto Textiles atau beli catalog fisik supaya kamu bisa rasakan handfeelnya langsung. Yuk penuhi kebutuhan bahan kaos dan jaket kamu sekarang hanya di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur