Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

0
5/5 - Vote count: 24 votes

Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos – Banyak pertimbangan dan persiapan ketika hendak membuka bisnis konveksi. Sebelum membuat dan berkecimpung dalam bisnis konveksi, pastikan kamu sudah tahu apa saja yang perlu disiapkan. 

Dalam artikel ini, Minto akan bahas alat-alat yang dibutuhkan ketika merintis bisnis kaos. Sudah sangat sering Minto dapat pertanyaan, mesin jahit apa sih yang dibutuhkan untuk membuat kaos? Minto akan bahas seputar mesin-mesin yang digunakan dan dibutuhkan untuk membuat kaos. Yuk simak bersama-sama.

Mesin yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

Mesin Jahit

  • Mesin Obras

Mesin obras merupakan mesin yang bisa dibilang sangat penting dalam pembuatan segala jenis pakaian. Menurut Minto, setiap penjahit wajib punya mesin obras ini.

Mesin obras merupakan mesin yang bertujuan untuk mengunci kain dengan jahitannya sekaligus merapikan ujung kain agar tidak brudul. 

Mesin obras atau dikenal sebagai mesin overlock terdapat banyak jenisnya, mulai dari benang 3, benang 4, dan benang 5. Untuk menjahit baju biasa, kamu bisa pakai mesin obras benang 3.

Mesin tersebut bisa juga dipakai untuk membuat kaos, tapi Minto sarankan untuk pakai mesin obras 4 jarum agar hasilnya lebih kokoh dan awet.

Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

  • Mesin Jarum Dua Rantai

Mesin jarum dua rantai merupakan mesin yang sangat umum dan wajib ada ketika menjahit kaos. Mesin jarum dua rantai yang dikenal sebagai mesin chainstitch merupakan mesin yang berfungsi untuk menjahit bisban di bagian kampuh bahu dan sambungan rib leher agar terlihat lebih rapi.

Mesin ini memberi ciri khas pada jahitan bawahnya yang berbentuk seperti motif rantai dan jahitan atas lurus seperti biasa. Mesin ini menggunakan dua jarum dan menggunakan 4 benang.

Bisban merupakan kain dengan lebar 2 sampai 2.5 cm yang membungkus bagian tertentu seperti bagian obrasan bahu dan leher kaos agar terlihat lebih rapi dan pengerjaannya lebih profesional.

Dengan adanya bisban yang dijahit menggunakan mesin jarum dua rantai ini, kamu bisa menghasilkan kaos kualitas distro yang awet dan tahan lama. Ketika menjahit bisban, kamu juga bisa menyisipkan tag merk atau size pada tengah lubang leher. 

Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

  • Mesin Overdeck

Mesin Overdeck merupakan mesin selanjutnya yang wajib kamu punya kalau kamu mau merintis bisnis konveksi kaos. Mesin ini merupakan mesin yang berfungsi untuk menjahit bagian bawah pakaian seperti bagian bawah lengan dan bawah kaos. Kamu juga bisa pakai mesin ini untuk di bagian rib agar terlihat lebih rapi dan awet. 

Ciri khas dari jahitan mesin overdeck ini adalah bagian jahitan atas menyerupai jahitan atas mesin jarum dua rantai yaitu 2 jahitan lurus.

sedangkan bagian bawahnya menyerupai jahitan obras. Mesin ini juga bisa dikreasikan teknik jahitnya menjadi teknik jahit kumis. Jahit kumis fungsinya sama seperti jahit overdeck namun tampilannya sedikit berbeda.

Jahitan overdeck biasa memerlukan 3 benang dan 2 jarum, sedangkan teknik jahit kumis memerlukan 5 benang dan 3 jarum. 

Mesin Lainnya yang Dibutuhkan Untuk Menjahit

Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

  • Mesin High Speed Single Needle

Mesin single needle atau satu jarum merupakan mesin jahit basic yang harus kamu punya. Bisa menjahit segala jenis pakaian, mesin ini juga bisa dipakai juga untuk jahit kaos.

Kamu bisa pakai mesin ini untuk menjahit bagian bawah rib kaos untuk variasi bila kamu tidak ingin pakai mesin overdeck. Kamu juga bisa pakai mesin single needle ini untuk jahit bagian kantong kaos, atau variasi lainnya.

Mesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat KaosMesin Jahit yang Dibutuhkan untuk Membuat Kaos

  • Mesin Potong Kain

Kalau kamu sudah produksi banyak, tentunya mesin potong kain sangat dibutuhkan. Mesin ini akan membantu mempercepat proses pemotongan kain dan jauh lebih praktis dibanding menggunakan gunting kain. 

Kelebihan mesin potong kain yaitu bisa memotong kain dengan berbagai ketebalan kain. Tapi kamu juga harus berhati-hati ya saat menggunakan mesin ini.

Mesin ini cukup tajam dan berbahaya, untuk meminimalisir cedera kamu bisa pakai sarung tangan pengaman yang biasanya terbuat dari stainless steel.

Bisakah Jahit Kaos Tanpa Mesin Diatas?

Minto sering sekali dapat pertanyaan ini. Bisa nggak ya jahit kaos tapi tanpa mesin-mesin diatas? Menurut Minto bisa, asalkan kamu minimal punya mesin jahit portable single needle atau mesin jahit high speed single needle dan mesin obras.

Tapi tentunya hasilnya tidak akan seprofesional seperti kaos distro atau retail. 

Untuk pemakaian pribadi mungkin masih oke, tapi kalau untuk dijual Minto sarankan pakai mesin yang memang dikhususkan untuk membuat kaos seperti mesin obras, mesin jarum dua rantai, dan mesin overdeck. Kalau pakai mesin yang memang dikhususkan, hasil kaosnya juga akan lebih berkualitas, awet, dan bernilai lho.

Bagaimana Cara Jahit Kaos?

Untuk jahit kaos, Minto sudah upload di official Youtube Knitto Textiles tutorial-tutorial menjahit berbagai jenis pakaian, salah satunya tutorial menjahit kaos. Kamu bisa belajar dari sana, atau bisa juga mengikuti kursus di lembaga yang memang menyediakan jasa ajar menjahit kaos.

Seiring perjalanan waktu dan jam terbang, Minto yakin hasil jahit kaos kamu akan semakin rapi dan cepat. Rajin berlatih tentunya akan sangat mempengaruhi hasil jahitan kaos kamu.

Kamu juga bisa beli berbagai pola pakaian salah satunya kaos di Knitto Textiles. Dilengkapi dengan pola dan ukuran lengkap, dicetak dalam bentuk banner, mudah-mudahan kamu bisa pakai pola yang mudah dipahami ini untuk belajar buat kaos atau membangun bisnis konveksi kamu.

Dimana Beli Bahan Kaos?

Untuk membuat kaos yang berkualitas dan awet, kamu harus pilih bahan-bahan dengan kualitas tinggi. Knitto Textiles merupakan perusahaan dan toko kain yang menyediakan berbagai bahan kaos dan jaket yang diproduksi oleh pabrik sendiri.

Di Knitto Textiles kamu bisa temukan berbagai jenis bahan kaos seperti Cotton Combed hingga bahan kaos premium dan fancy. Disini kamu bisa menemukan bahan kaos dengan variasi sebanyak 100 warna berbeda.

Untuk pemula atau kamu yang ingin buat sample dulu, kamu bisa mulai beli bahan dengan kuantiti yang rendah, mulai dari 1 kg saja, bahkan bisa dibawah 1kg bila stok tersedia. Knitto textiles juga menyediakan aksesoris pelengkap untuk kaos, kaos polo, dan jaket seperti bur, rib, dan kerah polo.

Sudah memiliki cabang di kota besar lainnya, menurut Minto kamu tidak perlu diragukan lagi kualitas produk-produknya. Kamu bisa kunjungi store terdekat untuk rasakan handfeel kain-kain yang tersedia di Knitto Textiles.

Kunjungi website atau web portal Knitto Textiles untuk mengunduh e-katalog gratis dan mengecek pricelist dan stok kain terupdate. Yuk penuhi kebutuhan kain kamu hanya di Knitto Textiles. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur