3 Jenis Warna Hitam Terbaik Knitto Textiles

0
5/5 - Vote count: 70 votes

3 Jenis Warna Hitam Terbaik Knitto Textiles – Hai Knittopreneurs! Pada kesempatan kali ini Minto akan bahas seputar jenis-jenis warna hitam yang tersedia di Knitto Textiles. Warna hitam merupakan warna basic yang wajib banget kamu punya.

Kenapa? Karena warna hitam bisa dipakai di berbagai kesempatan dan mudah di mix and match. Karena warna kain ini termasuk warna yang wajib kamu punya, Knitto Textiles sampai menyediakan 3 jenis warna hitam loh. Mau tau ada apa saja? Simak yuk dibawah ini.

Jenis Warna Hitam yang tersedia di Knitto Textiles

Jenis Warna Hitam
Jenis Warna Hitam
  • Jenis Warna Hitam Reaktif

Warna hitam reaktif merupakan warna yang masuk pada kategori warna tua di Knitto Textiles. Harganya mengikuti harga-harga warna kategori tua lainnya. Bisa dibilang, hitam reaktif merupakan warna hitam yang biasa digunakan oleh pasar secara umum. 

Zat pewarna yang digunakan merupakan zat pewarna reaktif yang mempunyai intensitas pigmen warna yang sangat baik sehingga lebih unggul dari jenis zat warna lainnya. Zat tersebut juga berkualitas, tidak mudah luntur warnanya. Maka dari itu zat pewarna tersebut cocok digunakan sebagai zat warna tekstil, benang, dan lainnya.

Warna hitam reaktif ini aman digunakan untuk segala jenis proses sablon termasuk sablon cabut warna atau sablon discharge.

  • Jenis Warna Hitam Sulfur

Warna hitam sulfur merupakan warna yang memiliki kepekatan lebih dibanding warna hitam reaktif. Hitam sulfur memiliki harga yang berbeda dengan hitam reaktif karena hitam sulfur tidak masuk pada kategori warna tua. Biasanya, warna hitam sulfur memiliki harga yang lebih murah dibanding hitam reaktif dan jet black.

Berbeda dengan hitam reaktif yang menggunakan zat warna reaktif, warna hitam sulfur didapat dari proses pewarnaan menggunakan sulfur atau belerang. Harga zat pewarnanya memang lebih murah, namun hasil nya tidak sebaik hitam reaktif karena hitam sulfur berkemungkinan lebih mudah untuk luntur ketika proses perawatan kainnya kurang tepat. Biasanya kain berwarna hitam sulfur memiliki hasil akhir warna hitam yang kemerahan.

Warna hitam sulfur ini sayangnya kurang cocok dan cenderung tidak bisa melewati proses sablon cabut warna atau discharge.

  • Jenis Warna Jet Black

Warna jet black merupakan warna yang memiliki kepekatan warna hitam yang terbaik, menjadikan jet black memiliki warna hitam paling pekat. Sama seperti warna hitam sulfur, jet black memiliki kategori warna sendiri dan tidak termasuk pada kategori warna tua.

Jet black memiliki harga yang lebih mahal dibanding warna hitam lainnya mengingat warna jet black memiliki warna paling pekat dan benar-benar hitam.

Warna jet black sama seperti warna hitam sulfur, aman digunakan untuk segala jenis proses sablon termasuk cabut warna atau discharge.

Nah ketiganya memang kalau dilihat sekilas warnanya tidak terlalu beda. Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara ketiga warna tersebut? Kamu juga bisa menyesuaikan kembali untuk menggunakan warna sesuai dengan kebutuhan, budget, dan desain kamu.

Selagi kita bahas warna, Minto juga akan jelaskan 2 jenis cara pewarnaan kain dalam industri tekstil. Yuk simak dibawah ini bersama-sama.

Yarn Dyed VS Piece Dyed

  • Yarn Dyed

Proses pewarnaan yarn dyed merupakan proses dimana benang akan dicelup ke pewarna dahulu sebelum dirajut maupun ditenun. Sehingga ketika benang tersebut dirajut atau dipintal akan langsung menghasilkan kain yang sudah berwarna. Biasanya, kain yang menggunakan teknik yarn dyed merupakan kain bermotif. 

Terkadang kain bermotif juga dapat didapat dari proses printing yang tidak termasuk dalam proses pewarnaan kain yang menggunakan pewarna tekstil. Hal yang membedakan yarn dyed dan printing adalah hasil motif kain yarn dyed akan sama di sisi depan dan belakang, sedangkan printing memiliki sisi belakang yang polos.

  • Piece Dyed

Proses pewarnaan piece dyed merupakan proses dimana benang akan dirajut atau ditenun terlebih dahulu, menghasilkan kain grey atau greige yang biasa dikenal sebagai kain mentah. Kemudian kain grey atau greige tersebut akan dicelup dan melewati proses warna. Biasanya kain yang menggunakan teknik yarn dyed merupakan kain dengan warna solid atau polosan tidak bermotif.

Kain Knitto Textiles dengan warna solid seperti Cotton Combed, Cotton Carded, Cotton Bamboo, dan lainnya menggunakan teknik warna piece dyed. Namun kain yang memiliki motif seperti kategori fancy ada menggunakan teknik yarn dyed.

Ketahanan Warna

Setiap warna dalam kain akan mengalami masa pudar. Hal ini dikarenakan oleh pencucian, pemakaian, dan lainnya. Maka dari itu sangat perlu memperhatikan proses perawatannya bila ingin warna tidak cepat pudar.

Untuk warna gelap atau tua seperti hitam, merah tua, navy, dan warna lainnya luntur saat pencucian pertama adalah hal yang lumrah. Intinya, supaya warna tetap bertahan dan awet kamu perlu memperhatikan cara perawatannya

Nah gimana, sekarang sudah tahu kan perbedaan 3 warna hitam di Knitto Textiles dan teknik pewarnaan kain? Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya. Temukan berbagai jenis kain bahan kaos, jaket, dan polo shirt hanya di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur