Alasan Serat Kapas atau Katun menjadi Bahan Pakaian Terbaik

0
cover art46
cover art46

Serat kapas atau katun, sering sekali terdengar di telinga kita. Serat kapas atau katun merupakan serat yang diambil dari tumbuhan kapas. Hampir sebagian besar pakaian yang beredar di pasaran terbuat dari serat kapas, 100% serat kapas maupun serat kapas yang sudah dicampur dengan serat alami lainnya atau polyester. 

Serat kapas menghasilkan kain yang sangat nyaman digunakan. Kenapa sih serat kapas sering sekali digunakan menjadi bahan kain terbaik? Dalam artikel ini Minto akan bahas kenapa sih serat kapas bisa menjadi bahan pakaian terbaik.

Apa itu Serat Kapas?

Seperti yang Minto sudah katakan, serat kapas merupakan salah satu serat alami dan organik yang berasal dari tumbuhan kapas. Serat kapas juga terkadang dikenal dengan serat katun. Hampir sebagian besar pakaian yang beredar di pasaran terbuat dari serat kapas yang berkomposisi 100% serat kapas maupun serat kapas yang dicampur dengan serat alami atau polyester.

Bagaimana Serat Kapas Dibentuk

Serat kapas didapatkan dari bagian anatomi bunga kapas yang disebut “bolls” yang kemudian akan dipisahkan dari bijinya dan diambil untuk diolah menjadi serat kapas. Beberapa proses yang akan dilalui adalah proses carding dan combing. 

Proses carding atau penggarukkan merupakan proses dimana serat tersebut dapat meluruskan serat-serat yang menggumpal. Nah pada kain yang hanya menggunakan teknik ini saja umumnya masih terlihat sisa biji kapas pada permukaan kainnya dan tidak akan selembut kain yang sudah melewati proses selanjutnya. Salah satu kain yang hanya menggunakan proses hingga tahap ini adalah Cotton Carded, yang biasa dijadikan alternatif bahan dari Cotton Combed.

Proses combing atau penyisiran merupakan proses dimana serat yang sudah melewati proses carding disisir, tujuannya untuk memisahkan serat yang pendek. Dalam proses ini juga kotoran biji kapas akan terbuang, dan membuat serat menjadi lebih halus dan teratur. Salah satu kain yang diproduksi hingga proses combing adalah Cotton Combed, kain yang sering digunakan sebagai bahan berkualitas.

Serat kapas sendiri dapat diolah menjadi kain dengan dua jenis teknik, yaitu teknik tenun atau woven dan rajut atau knit. Serat kapas dapat digunakan sendiri maupun dicampur dengan serat alami, semi sintetis, dan sintetis. Serat yang sudah diproduksi menjadi selembar kain kemudian dapat melewati proses pewarnaan dan treatment finishing lainnya yang dapat menambah keunggulan dari kain tersebut.

Mengapa Kain yang Terbuat dari Serat Kapas Nyaman?

Kain yang terbuat dari serat kapas terkenal akan kelembutannya dan kehalusannya. Tak jarang, bahkan pakaian bayi dan anak sekalipun menggunakan serat kapas. Kenapa ya serat kapas sering sekali dipakai untuk diolah menjadi kain?

Kain yang dibuat dari kapas memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga aman bagi kulit sensitif. Bahannya juga tidak panas dan adem bahkan mudah menyerap keringat karena dapat menyerap air hingga 27x dari beratnya. Kapas merupakan serat terbaik dalam menyerap air dibanding serat alami lainnya. Kain yang terbuat dari serat kapas juga kuat dan awet karena serat kapas merupakan salah satu serat yang kuat dan akan menjadi lebih kuat terlebih lagi ketika dalam keadaan basah.

Tapi perlu diingat ya, tidak semua kain yang terbuat dari serat kapas memiliki kualitas yang sama. Kamu perlu memperhatikan apakah kain tersebut memiliki kualitas yg baik atau tidak. Untuk memastikan kain yang kamu pilih memiliki kualitas terbaik, pastikan kamu beli bahannya di toko kain terpercaya. 

Di Knitto Textiles, kamu bisa mendapatkan berbagai kain yang terbuat dari serat kapas pilihan, memiliki variasi warna lengkap dan menarik. Minto akan spill kain Knitto Textiles berkomposisi serat kapas yang berkualitas premium, cocok untuk bahan premium!

Rekomendasi Bahan Knitto Textiles dengan Komposisi Serat Katun

  • Cotton Combed

Serat Kapas

Cotton Combed, kain yang cukup sering dijadikan bahan berkualitas. Sudah banyak pakaian di retail memakai bahan ini, sehingga Cotton Combed dijadikan tolak ukur bahan berkualitas. 

Cotton Combed Knitto Textiles terbuat dari 100% serat kapas pilihan yang telah melewati proses pembuatan combing atau penyisiran. Karena melewati proses combing, Cotton Combed memiliki permukaan yang halus dan lembut, cenderung rata, dan bebas bintik putih yang merupakan kotoran sisa biji kapas. Cotton Combed mudah menyerap keringat dengan sangat baik dan adem ketika dipakai.

Cotton Combed Knitto Textiles dijamin mempunyai kualitas premium, tersedia hingga 100 varian warna vibrant dalam 5 jenis ketebalan 16s,18s,20s,24s,30s.

  • Cotton Carded
  • Alasan Serat Kapas atau Katun menjadi Bahan Pakaian Terbaik

Cotton Carded, kain yang cukup sering dijadikan alternatif Cotton Combed atau kain berkomposisi full cotton. Berbeda dengan Cotton Combed, Cotton Carded hanya melewati proses carding saja atau penggarukan sehingga permukaan kainnya tidak serata Cotton Combed dan masih memiliki sisa kotoran biji kapas pada permukaan kainnya yang berbentuk bintik putih.

Cotton Carded memang memiliki beberapa kekurangan, namun Cotton Carded masih mampu menyerap keringat dengan sangat baik dan masih nyaman digunakan karena tetap adem, lembut, dan halus. Selain itu, Cotton Carded juga memiliki harga yang lebih ekonomis daripada Cotton Combed, karena itulah Cotton Carded masih banyak peminatnya.

Cotton Carded Knitto Textiles memiliki kualitas yang hampir sama dengan Cotton Combed. Walaupun lebih murah dan terbatas warnanya, Cotton Carded Knitto Textiles layak untuk dicoba! Cotton Carded Knitto Textiles tersedia hingga 23 warna menarik dan vibrant dalam 2 jenis ketebalan 24s dan 30s.

  • Cotton Bamboo

Alasan Serat Kapas atau Katun menjadi Bahan Pakaian Terbaik

Kalau kamu ingin coba kain dengan serat kapas yang digabung dengan serat alami lainnya, Minto rekomendasikan kain Cotton Bamboo. Cotton Bamboo mungkin masih awam di telinga sebagian orang, namun Cotton Bamboo mulai sering digunakan oleh masyarakat.

Cotton Bamboo Knitto Textiles terbuat dari 30% serat kapas dan 70% serat bambu. Kedua serat yang digunakan merupakan serat alami sehingga bahan ini sangat baik dalam menyerap keringat dan termasuk dalam kategori kain premium. Cotton Bamboo memiliki kain yang lebih halus dan lembut, dan memiliki sifat kain yang “jatuh” sehingga sangat cocok dijadikan bahan pakaian wanita. Cotton Bamboo juga memiliki zat anti-bau, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-UV.

Cotton Bamboo Knitto Textiles memiliki kualitas premium yang memiliki bahan super lembut dan halus, tersedia hingga 29 varian warna dalam 2 jenis ketebalan 24s dan 30s.

Nah gimana, tertarik untuk coba kain-kain dengan komposisi serat kapas? Minto saranin kamu harus coba kain Knitto Textiles yang dijamin terbaik kualitas kainnya dan memiliki variasi warna yang bervariasi dan banyak. 

Temukan kain bahan lainnya yang berkualitas dan premium lainnya di Knitto Textiles. Download e-katalog gratis di website official Knitto Textiles secara gratis untuk melihat produk-produk lain. Penuhi kebutuhan kain bahan kaos, jaket, polo shirt, hanya di Knitto Textiles!

TOKO BAHAN KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini