4 Jenis Kain Batik Terbaik Yang Tidak Mudah Kusut

0
Rate this post

Ini Dia Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut – Siapa sih yang tidak tahu kain batik? Kain yang merupakan warisan leluhur kita dan sudah menjadi identitasnya orang Indonesia bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober tahun 2009.

Kain Batik

Batik adalah kain yang dilukis dengan menggunakan cairan lilin dengan menggunakan canting atau sebuah alat lukisnya. Batik merupakan kain bergambar yang proses pembuatannya cukup memakan waktu, menerapkan motif yang memberikan ciri khas dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

Sejarah Batik

Sejarah Batik di Indonesia kaitannya sangat erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Terdapat dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Batik tertua di Indonesia berasal dari Ponorogo, yang masih bernama Wengker sebelum abad ke-7. Kesenian batik secara umum meluas di Indonesia dan secara khusus di pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19. 

Sampai awal abad ke-20, batik yang sudah banyak dihasilkan masih berupa batik tulis, namun seiring berkembangnya waktu dan perubahan, hadirlah batik yang cap yang mana baru terkenal setelah Perang Dunia I berakhir atau sekitar tahun 1920. Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia zaman dahulu.

Bahan-bahan pewarna yang dipakai ketika membatik terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, soga, nila. Bahan sodanya dibuat dari soda abu, sedangkan garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, Batik terus berevolusi menjadi lebih menarik dan terkesan lebih modern, banyak sekali pengrajin atau produsen kain batik yang memberikan sentuhan-sentuhan berbeda dan membuat kesan batik menjadi lebih cantik lagi.

Selain motif dan bentuk gambarnya, bahan yang digunakan untuk membuat batik juga menjadi beragam, dulu bahan dasar yang dipakai untuk membuat batik hanyalah kain katun, namun sekarang, kamu bisa menemukan banyak jenis kain batik dari beragam jenis bahan dasar kain. 

Minto kali ini juga ingin membahas berbagai jenis batik yang bisa kamu coba pakai dan juga merupakan jenis kain batik yang tidak mudah kusut, sehingga akan memudahkan kamu saat menggunakannya dan juga kamu tidak perlu repot-repot merapikan baju batik dari bahan ini ketika akan digunakan, apa saja jenis kain batik yang tidak mudah kusut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut: Kain Mori

Kain Mori adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat batik dan merupakan bahan dasar jenis kain batik yang tidak mudah kusut. Bahan ini digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan batik karena tekstur kainnya yang halus serta proses pembuatan batik menggunakan bahan ini terhitung mudah. Bahan ini dibuat dari serat kapas, dan diproses dengan cara di tenun. Kain Mori mempunyai dua jenis yaitu kain Mori yang sudah dicelup dengan warna Putih dan juga kain Mori yang belum dicelup atau diputihkan (kain Blacu).

2. Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut: Kain Katun

Selanjutnya jenis kain batik yang tidak mudah kusut biasanya dibuat dari bahan Katun. Kain ini sudah sangat umum digunakan untuk membuat kain batik, atau bahan pakaian lainnya. Karakteristik dari kain katun yang nyaman dan cocok untuk segala jenis pakaian termasuk pakaian batik, kain ini memang cenderung lebih kaku namun kain katun sangat mudah untuk menyerap keringat sehingga cukup adem ketika digunakan. 

3. Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut: Kain Rayon

Bahan yang juga sering digunakan untuk membuat berbagai pakaian wanita ini juga ternyata bagus sebagai bahan batik. Kain ini mempunyai permukaan yang mengkilap atau terlihat berkilau, selain itu kain ini juga tidak mudah kusut. Kain Rayon sebagai bahan dasar dari jenis kain batik yang tidak mudah kusut ini mempunyai daya serap yang sangat baik, tekstur kainnya lembut dan halus, juga kainnya kuat dan tidak mudah rusak sehingga bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Jenis Kain Batik Yang Tidak Mudah Kusut: Kain Nanas

Nanas tidak hanya dimanfaatkan untuk buahnya saja, faktanya daun nanas pun bisa dimanfaatkan dan dibuat kain, yang mana menggunakan bagian seratnya. Karakteristik dari kain ini cenderung kaku dan transparan, tetapi memiliki kilauan lembut dan garis halus. Sama seperti katun, kain ini mampu menyerap keringat dengan baik.

Selain beberapa jenis kain di atas, kamu juga bisa menemukan jenis kain lain sebagai bahan untuk batik, bahkan kain kaos pun bisa lho kamu gunakan untuk membuat baju batik, atau lebih tepatnya mungkin kaos batik, unik bukan? Beberapa jenis bahan kaos ini mungkin bisa kamu gunakan untuk berkreasi membuat kaos batik.

Jenis Bahan Kaos Untuk Membuat Kaos Batik

  • Cotton Combed

Katun Combed adalah salah satu bahan kaos andalan yang sering sekali digunakan untuk membuat kaos polos maupun kaos sablon, dan tidak ada salahnya juga jika kamu ingin menggunakan bahan kaos ini untuk membuat kaos batik. Kamu bisa menggunakan kain yang dibuat dari 100% serat kapas ini untuk di print dengan motif batik. 

  • Cotton Bamboo

Kain dari campuran serat alami yaitu 30% serat kapas dan 70% serat bamboo ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat kaos batik, dengan proses yang sama yaitu di print. Bahan yang juga sangat aman untuk anak-anak dan mereka yang memiliki kulit sensitif ini juga sangat cocok untuk kaos batik terutama untuk anak-anak ya.

  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton

Rekomendasi terakhir untuk bahan kaos yang bisa kamu pakai untuk membuat kaos batik adalah TENCEL™ Modal Blended with Cotton, bahan ini juga sangat nyaman digunakan apalagi kain ini merupakan salah satu jenis bahan premium. Kain ini dibuat dari serat kapas dan serat TENCEL™ Modal, banyak digunakan untuk membuat kaos, tapi kamu juga bisa kreasikan untuk membuat jenis pakaian lain seperti blouse untuk wanita.

Proses yang dilakukan untuk membatik kain kaos sebaiknya menggunakan teknik printing saja, karena jika menggunakan proses seperti batik pada umumnya atau batik tulis, khawatir akan melebar karena tekstur kain rajut tentu berbeda dengan kain tenun. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur