Kain Cotton Bamboo

0
Rate this post

Kain Cotton Bamboo – Kain Cotton Bamboo yaitu jenis kain yang terbuat dari kombinasi katun serta serat bambu sebesar 30% serat katun dan 70% serat bambu. Kain ini merupakan salah satu jenis bahan kain premium yang mempunyai beberapa kelebihan, dan beberapa kelebihan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu menggunakan kain ini.

Kelebihan Kain Cotton Bamboo

Mempunyai Tekstur Halus dan Lembut

Kelebihan dari serat Bamboobambu sendiri yakni kainnya yang mempunyai tekstur halus dan lembut, yang tentu akan memberikan rasa nyaman terhadap penggunanya, selain itu saat digunakan pun baju dari bahan katun Bamboo terasa lebih ringan jadi sangat cocok digunakan oleh orang dewasa maupun kaos anak-anak.

Kain Cotton Bamboo
Kain Cotton Bamboo

Kira-kira pada tahun 2014 pertengahan, kain cotton bamboo menjadi terkenal di kalangan komunitas perkaosan. Bahan ini dianggap dapat menjadi salah satu bahan paling baik untuk membuat kaos. Bahkan merk-merk kaos yang terkenal di Indonesia juga telah menggunakan Cotton Bamboo. Cotton Bamboo menjadi terkenal dikarenakan keunggulan-keunggulan bahan cotton bamboo yang sangat banyak dibandingkan cotton biasa.

Fakta Kain Cotton Bamboo Serat Bamboo

Tahukah Kamu? Kain Cotton Bamboo sesungguhnya sudah hadir jauh sebelum dikenal banyak orang seperti sekarang, bahkan telah hadir dari 5000 tahun lalu dan populer di China sebagai salah satu bahan dasar yang digunakan untuk segala keperluan salah satunya bahan dasar kain, dan kini terkenal sebagai bahan dasar kaos dengan kualitas premium dan mulai menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Anti Bakteri, Bau Serta Alergi

Kelebihan lain dari menggunakan bahan Cotton Bamboo untuk baju anak adalah kainnya yang mengandung anti bakteri. Cotton Bamboo yang dibuat dari 70% serat Bamboo dan 30% serat Cotton ini memang mempunyai kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.  Jadi tidak heran jika bahan ini kami rekomendasikan untuk pakaian anak karena sangat aman untuk anak-anak sebab dari zat yang terkandung pada kainnya pun sangat baik. Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada kain Cotton Bamboo juga membuat kain ini anti bau. Tahukah kamu? Baju yang berbau tidak sedap itu berasal dari keringat yang bercampur dengan bakteri. Dengan menggunakan bahan Cotton Bamboo untuk bahan dasar kaos, kamu bisa mendapatkan semua keunggulan ini.

Bagaimana cara membuktikan kandungan anti bakteri pada kain Cotton Bamboo ini?

Pertanyaan yang bagus, untuk membuktikan apakah benar kain ini mengandung anti bakteri atau tidak, kamu bisa melakukan pengetesan di laboratorium, dan pembuktiannya hanya bisa dilakukan melalui cara ini saja, agar lebih pasti dan akurat.

Daya Serap Tinggi

Mengapa kain ini sering kami rekomendasikan untuk baju anak-anak? Karena jika dibandingkan dengan bahan kaos yang lain, kain Cotton Bamboo mempunya tingkat daya serap yang lebih tinggi dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelembaban udara. Oleh karena itu, kaos yang dibuat dari kain Cotton Bamboo dapat menjadi kering dengan lebih cepat. 

Anti Sinar UV

Bukan hanya anti bakteri, anti jamur dan anti bau saja, kain Cotton Bamboo juga mempunyai kelebihan yaitu anti sinar UV. Cotton Bamboo dipercaya bisa memberikan perlindungan dari dampak sinar UV sampai 97, 5%. Keunggulan Anti Sinar UV yang terdapat dalam bahan cotton bamboo membuat pengguna merasa lebih adem dan nyaman saat menggunakan kain ini.

Bahan Ramah Lingkungan

Bambu adalah tumbuhan yang amat cepat tumbuh dan hanya memerlukan air hujan untuk tumbuh. Selain itu, bambu juga tidak memerlukan pestisida atau herbisida untuk menjaganya dari masalah hama. Bambu juga tidak memerlukan tempat yang luas karena sifat tumbuhnya yang berkerumun di satu tempat saja. Dengan alami, pohon bambu tidaklah perlu perlakuan spesial dalam pelestariannya.

Bahan kain dari serat bamboo mudah terurai (biodegradable). Begitu ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang susah diuraikan oleh alam. Hal ini dikarenakan bahan bamboo merupakan bahan yang alami diambil dari alam. 

Tahan Lama dan Awet

Pasti kamu juga merasa kesal ketika membeli pakaian yang baru beberapa kali digunakan sudah tampak lusuh atau bahkan rusak, dengan menggunakan bahan Cotton Bamboo untuk pakaian anak-anak, durabilitas dari pakaian kamu akan lebih lama dibandingkan dengan pakaian anak dengan bahan yang lain.

Nyaman Untuk Dipakai

Bila dibandingkan dengan cotton combed, cotton bamboo memang lebih nyaman digunakan. Beberapa sumber mengatakan jika Cotton Bamboo mempunyai kelembutan yang serupa dengan Cashmere Wool. Cashmere Wool sendiri yaitu tipe bahan kain wol yang di buat dari bulu domba. Oleh karena itu Cotton Bamboo cocok untuk digunakan sebagai kaos sehari-hari, baju tidur, baju untuk olahraga.

Dari beberapa kelebihan cotton bamboo diatas, Cotton Bamboo bisa dikategorikan sebagai salah satu bahan kaos terbaik.

Baca Juga: Mana Yang Lebih bagus Untuk Baju Anak? Cotton Combed atau Cotton Bamboo?

Kegunaan Kain Cotton Bamboo

Bahan Dasar Kaos Polos dan Kaos Sablon

Kegunaan dari kain Cotton Bamboo sebenarnya sama saja seperti Cotton Combed yaitu sebagai bahan dasar pembuatan kaos. Berbagai jenis kaos bisa kamu buat dari bahan ini baik kaos polos maupun kaos sablon, untuk orang dewasa juga sangat direkomendasikan untuk anak-anak terutama yang berkulit sensitif.

Bahan Dasar Kaos Olahraga

Selain untuk kaos polos biasa, bahan kaos Cotton Bamboo juga bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk kaos olahraga. Kandungan anti bakteri dan anti bau pada kain ini akan membuat penggunanya yang sedang berolahraga lebih nyaman.

Hijab

Tidak hanya untuk kaos atau jenis baju lainnya, kain Cotton Bamboo cocok juga untuk kamu gunakan sebagai bahan hijab, bayangkan betapa nyamannya menggunakan hijab dengan bahan dasar premium.

Sprei

Bukan sekedar bahan untuk pakaian saja, kain Cotton Bamboo merupakan bahan yang serbaguna hingga bisa kamu gunakan untuk membuat sprei, mereka yang memang mempunyai kulit sensitif akan lebih nyaman dan aman saat istirahat jika menggunakan sprei dari bahan Cotton Bamboo.

Harga Kain Cotton Bamboo

Banyak orang yang belum mau menggunakan bahan Cotton Bamboo ini karena alasan harga bahannya yang lebih mahal. Tapi mulai tahun 2022 ini sepertinya stigma itu sudah mulai dipatahkan, karena pada kenyataannya harga kain Cotton Bamboo ini sekarang lebih murah dibandingkan dengan kain Cotton Combed. 

Mengapa bisa?

Kita semua tahu saat ini harga kapas terus naik dan membuat kain yang menggunakan bahan dasar 100% serat kapas seperti Combed menjadi mahal, bahkan menyalip harga kain Cotton Bamboo. Maka dari itu sebagai alternatif kain Cotton Bamboo ini bisa kamu jadikan bahan dasar kaos yang tepat kan?

Cek harga kain Cotton Bamboo disini