4 Cara Mencegah Noda Deodoran pada Pakaian

0
Rate this post

Noda Deodoran pada Pakaian – Pasti diantara kita pernah menghadapi pakaian atau kaos khususnya yang berwarna hitam dan putih terdapat noda putih atau kekuningan di bagian ketiak. Noda tersebut dapat berupa seperti bercak maupun tekstur seperti kapur. Tentu ketika menemukan pakaian favorit kita terdapat noda tersebut akan sangat menjengkelkan. Lalu kenapa bisa ya noda seperti itu terbentuk?

Noda Deodoran

Penyebab Terjadinya Noda Deodoran

Noda di ketiak yang disebabkan oleh penggunaan deodoran, dan terjadi karena reaksi kimia ketika keringat kita bertemu dengan zat deodoran. Zat yang menimbulkan noda kekuningan adalah alkohol, aluminium, pewangi, dan protein yang bereaksi dengan keringat kita. Umumnya noda yang terdapat di pakaian warna putih adalah kekuningan dan di pakaian hitam adalah noda berwarna putih. Bila dicuci dengan teknik biasa, tentu nadanya tidak akan pudar dengan mudah. Tahukah kamu, ternyata pemakaian deodoran yang berlebihan dapat menaikkan potensi terbentuknya noda di bagian ketiak pakaian. Memakai deodoran dengan kandungan alkohol dan aluminium yang tinggi lebih berpotensi meninggalkan noda pada pakaian. Jika dibiarkan terlalu lama, pakaian yang terkena zat deodoran terus menerus akan berpotensi terkena degradasi atau penipisan dan perubahan warna pada serat kain.

Cara Mencegah Munculnya Noda Deodoran

Untuk meminimalisir adanya noda di baju kesayangan kamu, simak beberapa tips dibawah ini  yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya noda deodoran pada pakaian mu.

  1. Perhatikan Takaran Pemakaian

Mengoleskan deodoran terlalu banyak berpotensi membuat noda di bagian ketiak pada pakaian. Pakailah secukupnya dan sewajarnya agar tidak menimbulkan noda pada ketiak di pakaian.

2. Biarkan Kering Terlebih Dahulu

Ketika selesai mengoleskan deodoran, biarkanlah deodoran kering terlebih dahulu agar tidak menempel pada pakaian.

3. Langsung Mencuci Pakaian

Hindari menyimpan pakaian atau kaos yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berpotensi menimbulkan noda pada area ketiak yang terkena deodoran. Dengan mencuci pakaian setelah digunakan dapat meminimalisir terbentuknya noda deodoran.

4. Pilih Deodoran dengan Kadar Aluminium Rendah

Deodoran dengan kadar aluminium yang tinggi dapat menaikkan potensi terbentuknya noda berwarna kuning dan putih. Dengan memilih dan menggunakan deodoran dengan kadar aluminium rendah atau deodoran organik dapat membantu meminimalisir noda.

Cara Menghilangkan Noda Deodoran

  1. Gunakan Baking Soda

Ternyata baking soda dapat membantu menghilangkan noda deodoran. Caranya dengan mencampur baking soda dengan sedikit air lalu oleskan pada bagian yang terdapat noda. Biarkan beberapa saat, misalkan 20 menit atau lebih, sesuaikan dengan tingkat keparahan noda. Setelah itu bilas dan cuci bersih.

2. Gunakan Perasan atau Air Lemon

Air lemon dipercaya dapat mengurangi kekuatan atau melarutkan deodoran dengan mudah. Caranya dengan mencampurkan 1:1 air lemon dengan air. Oleskan dan tunggu beberapa menit maupun jam, lalu cuci bersih. Air lemon juga aman digunakan pada kain sehingga kamu tidak perlu takut pakaian atau kaos kesayanganmu rusak.

3. Gunakan Aspirin

Aspirin dapat bekerja untuk menghilangkan noda. Caranya cukup mudah, dengan mencampurkan aspirin dengan sedikit air agar konsistensinya berubah menjadi seperti pasta. Oles pasta tersebut lalu diamkan beberapa saat, dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan noda.

4. Gunakan Sabun Cuci Piring dan Hidrogen Peroksida

Campurkan sabun cuci piring dengan hidrogen peroksida dalam rasio 1:2, lalu oleskan pada noda yang ada. Kamu dapat menyikat atau menggosok bagian noda tersebut dan diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu kamu bisa cuci bersih pakaian tersebut. 

Sekian informasi seputar tips-tips cara menghilangkan dan meminimalisir adanya noda yang ditimbulkan oleh deodoran. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk menghilangkan noda pada pakaian kesayangan!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur