8 Langkah Untuk Memproduksi Pakaian

0
produksi pakaian

Dibalik sebuah yang kita gunakan setiap hari, ada serangkaian proses yang harus dilalui dan dilakukan oleh produsen pakaian tersebut. Tahapannya juga tidak mudah, memerlukan kontribusi dari beberapa pihak alias tidak bisa dilakukan sendiri. Jika saat ini kamu mulai berpikir untuk memulai bisnis di dunia fashion, dan ingin memproduksi semuanya sendiri kamu harus mengetahui bagaimana proses atau langkah apa saja yang harus dilakukan dalam memproduksi sebuah pakaian. 

Di dalam artikel ini, kami akan coba rangkumkan langkah apa saja yang harus dilakukan dalam memproduksi pakaian. Baca sampai habis ya!

Persiapan Produksi Pakaian 

Sebelum masuk ke tahapan proses produksinya, ada baiknya kamu ketahui dulu hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum memulai produksi. 

  • Mencari supplier bahan baku

Selain mencari supplier bahan baku yang berkualitas, kamu juga harus memastikan supplier tersebut terpercaya dan bahan baku yang mereka sediakan akan selalu restock atau memproduksi terus bahan yang akan digunakan. 

  • Mencari tahu atau garmen yang terpercaya

Mereka yang nantinya akan kamu tunjuk sebagai tempat memproduksi produk kamu harus mempunyai kualitas pengerjaan yang baik, terpercaya, tepat waktu dan transparan.

  • Dapatkan informasi detail tentang konveksinya

Penting untuk kamu tahu juga apakah mereka menggunakan pihak ke 3 dalam proses produksinya? Jika iya, coba tanyakan dibagian manakah yang tidak dapat mereka lakukan sendiri? Karena jika memang mereka menggunakan pihak ke 3 dalam proses produksinya, akan lebih sulit untuk mengontrol proses tersebut dan jangan sampai hal ini menjadi salah satu penyebab adanya kesalahan produksi dan mundurnya target produksi. 

  • Buat perencanaan dengan matang

Membuat perencanaan disini maknanya bisa luas, mulai dari perencanaan bisnis, biaya, produksi sampai kepada perencanaan penjualannya, bagaimana nanti strategi bisnis yang akan kamu gunakan, dan tentukan juga target yang harus kamu dan team mu capai.

Setelah semua persiapan sudah kamu lakukan, sekarang mari kita masuk ke proses selanjutnya yaitu bagaimana proses produksi dari mentah sampai akhirnya bisa menjadi sebuah baju yang siap dipasarkan atau digunakan. 

 

8 Langkah Memproduksi Pakaian

Tahapan yang ada di bawah ini merupakan proses bagaimana ketika sebuah pakaian di produksi dan kamu bisa coba ikuti tahapan-tahapan proses produksi ini.

Membuat Desain dan Pilih Bahan Yang Tepat

Langkah pertama adalah membuat desain dari pakaian yang akan kamu buat. Cari inspirasi pakaian sebanyak-banyaknya, jadikan sebagai referensi untuk kemudian dibuat desainnya sesuai dengan yang kamu inginkan dan yang terpenting adalah sesuai dengan konsep bisnis kamu juga mempunyai ciri khas yang bisa menjadi representasi dari brand kamu. 

Selain membuat desain, kamu juga harus mempersiapkan bahan baku yang paling tepat dan sesuai. Jika kamu ingin membuat kaos, carilah bahan baku yang berkualitas tinggi agar baju yang kamu produksi bisa banyak diminati oleh orang-orang. Diminati bukan hanya warna atau desainnya yang bagus dan unik, tapi juga dikenal dan disukai karena kualitasnya yang baik. Dapatkan terbaik hanya dari Textiles, klik disini untuk menjelajahi berbagai jenis bahan kaos dari Knitto.

Membuat Tech Pack

Agar produksi pakaian kamu lebih rapi, bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya sebaiknya coba untuk membuat Tech Pack. Agar semua kebutuhan produksi kamu benar-benar terinci mulai dari bahan yang akan digunakan, warna, aksesoris sampai ke hang tag pun akan disertakan pada Tech Pack. 

Penggunaan tech pack memang lebih banyak oleh perusahaan atau garmen besar, tapi tidak ada salahnya kamu yang mempunyai bisnis pakaian kecil-kecilan juga menggunakan tech pack agar terbiasa dengan pendataan yang rapi dan terperinci

Baca Juga: 5 Fungsi Tech Pack dan Perbedaannya Dengan Spec Sheet?

Membuat Pola

Tahapan selanjutnya yang juga merupakan bagian yang sangat penting karena nantinya hasil dari tahapan ini akan digunakan sebagai panduan saat memotong bahan, yaitu pembuatan pola. Pembuatan pola juga harus dipastikan sudah sesuai dengan ukuran yang akan brand kamu gunakan, apakah ukuran lokal atau international. 

Jika kamu juga ingin membuat standar ukuran yang berbeda dengan yang sudah ada, jangan lupa catat detail ukuran dari pola kamu ya, seperti berapa panjang baju nya, lingkar dada, lingkar pinggul, lingkar panggul, bahu, dll. 

Membuat Sampel 

Cara untuk mengetahui apakah desain, bahan baku, warna dan pola yang digunakan sudah pas atau belum adalah dengan membuat sampel terlebih dahulu, selain itu juga agar lebih yakin apakah ukuran yang digunakan sudah sesuai atau justru harus diperbaiki. 

Fitting

Selanjutnya, coba untuk mengenakan sampel yang sudah dibuat kepada seseorang baik model atau rekan kamu. Pada fitting session ini adalah kesempatan untuk kamu memastikan semuanya sudah sesuai baik dari pola, potongannya, ukuran dan semua komponennya. 

Grading Pattern

Pada tahap ini biasanya kita diharuskan untuk menyesuaikan pola sesuai dengan size atau ukuran yang akan kamu jual nantinya. Karena saat pembuatan pola pertama kita hanya menggunakan satu jenis pola, maka dari itu sebelum masuk ke proses produksi pakaian, kamu harus melakukan grading pattern baik untuk menaikan atau menurunkan ukuran.

Mulai Produksi!

Saat semua persiapan sudah siap dan matang, tunggu apalagi, kamu bisa langsung memulai produksi pakaian kamu. Tetap perhatikan kualitas pengerjaan saat proses produksi baju kamu ya, jangan sampai ada komponen atau mungkin penggunaan bahan yang tertukar atau salah. Karena jika sampai ada yang salah atau tertukar, akan menghambat proses produksi pakaian dan bisa jadi timeline produksi kamu akan berantakan.

produksi pakaian

Quality Control

Produksi sudah selesai, jangan berhenti sampai situ, lakukan quality check, pastikan semua bagian sudah aman, tidak ada cacat atau kesalahan sedikitpun pada produk kamu. Ingat kualitas produk kamu itu sangat penting, karena kualitas yang baik akan memberikan “brand image” yang baik juga. 

Sebuah proses produksi bukan merupakan proses yang mudah, banyak tahapan dan persiapan yang harus dilakukan, tetapi jika sebelumnya sudah dipersiapkan dengan baik dan matang tentu kamu tidak perlu khawatir lagi akan prosesnya yang rumit. Kerjasama yang baik antara kamu sebagai pemilik bisnis dan juga sebagai yang memegang kendali penuh atas proses produksi pakaian sangat diperlukan, semua informasi tentang produksi perlu dikomunikasikan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat ya. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kaos dan ingin berkonsultasi dengan kami, silakan langsung hubungi customer service Knitto ya. 

BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here