Kain CVC Twotone dan Threetone

0
Travel Blog Instagram Post
Travel Blog Instagram Post

Tidak semua mempunyai warna yang solid, sejak zaman dahulu sudah banyak kain yang mempunyai corak warna yang unik dan membuat pakaian menjadi lebih berwarna dan motifnya beragam. Salah satu jenis kain yang mempunyai corak dan warna yang unik adalah kain CVC Twotone dan Threetone, sudah tahu jenis kain ini?

Kain CVC Twotone dan Threetone

Apa itu CVC Twotone dan Threetone?

CVC Twotone dan Threetone adalah dua jenis kain yang mempunyai corak warna yang unik dan berbeda dari jenis bahan kaos biasanya, sebelum kami menjelaskan tentang kain CVC Twotone dan Threetone ini. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu bahan dasar yang diganakan untuk membuat kain ini yaitu CVC.

CVC atau Chief Value Cotton ini adalah sejenis yang dibuat dari campuran dua serat, yaitu serat cotton dan serat polyester. Dari kedua serat ini, kandungan serat Cotton nya selalu lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyester nya, sehingga kain CVC masih bisa dikategorikan sebagai bahan kaos yang nyaman untuk digunakan. Beberapa supplier atau produsen bisa jadi memproduksi kain CVC dengan komposisi yang berbeda contohnya 60% serat cotton dan 40% serat polyester atau 50% serat Cotton dan 50% serat polyester, dan pembagian komposisi lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan supplier.

Selain itu kain CVC juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis rajutan seperti Single Knit, dan Terry, sehingga kamu bisa menemukan kain CVC dengan berbagai bentuk corak rajut nantinya. Sama seperti yang tersedia di Knitto Textiles, ada beberapa jenis kain CVC dengan corak rajut yang berbeda, yang juga mempunyai coral Twotone dan Threetone yaitu Rajutan Single Knit dan Pique. 

Apa Itu CVC Twotone dan Threetone, dan Apa Perbedaannya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kain CVC Twotone dan Threetone ini adalah kain dengan corak warna yang unik yang dibuat dari serat Cotton dan Polyester. Chief Value Cotton (CVC) Twotone adalah jenis kain kaos yang memiliki 2 warna di dalam satu kain, dua campuran warna tersebut adalah warna dasar dan warna putih.

CVC Twotone

Kain CVC Twotone yang ada di Knitto Textiles tersedia pada jenis rajutan Single Knit, yang mempunyai 150-160 gsm dan juga mempunyai dua pilihan warna yaitu warna Hitam dan Merah Hati, dan lebar kainnya adalah 42”.

Selain pada jenis rajutan Single Knit warna twotone ini juga bisa kamu temukan pada rajutan Pique, tepatnya kain CVC Hexagon 24s dengan pilihan warna Hitam, kainnya 220-240 gsm, dengan lebar kain 45”. Lebar dari kain Pique memang berbeda dengan kain Single Knit ya, kain ini lebih tebal dan struktur rajutannya juga berbeda.

CVC Threetone

CVC Threetone merupakan jenis kain kaos yang memiliki campuran 3 warna di dalam satu kain yaitu campuran warna dasar, putih dan hitam. Kain ini mempunyai 150-160 gsm, lebar kain 42”, dan mempunyai 12 pilihan warna. Kain CVC Threetone dibuat dengan jenis rajutan single knit, yang mana struktur kainnya mempunyai perbedaan antara tampak luar dan dalamnya. 

Pada umumnya, kain CVC Twotone dan Threetone ini kegunaannya sama saja untuk dijadikan kaos polos dan juga sangat bagus jika kamu gunakan untuk kaos sablon. Bahan kaos ini juga merupakan bahan kaos reaktif sehingga bisa kamu gunakan untuk keperluan sablon discharge atau cabut warna.

Lalu apa perbedaan antara CVC Twotone dan Threetone?

Sebetulnya sama saja, yang menjadi pembeda atau ciri khasnya adalah struktur warna dari masing-masing kain. Twotone terdiri dari warna dasar dan warna hitam, sedangkan Threetone terdiri dari warna dasar, warna hitam dan campuran warna dasar dan hitam. Dan seperti yang sudah kami sebutkan, Jenis kain ini mempunyai berbagai macam warna sama baik Twotone maupun Threetone. Ketebalan dari kedua kain ini adalah 30s, kain ini mempunyai handfeel lembut karena mempunyai lebih banyak presentase katun dibandingkan polyesternya, jadi tetap aman digunakan dan tentunya nyaman, meskipun kamu gunakan kaos dari bahan ini pada siang hari, tidak akan terasa panas, dan tetap bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga tidak perlu ragu untuk menggunakan kain ini kan?

Hasil Kaos Yang Didapatkan Dari 1 kg Kain CVC Twotone dan Threetone

Apakah hasil kaos yang didapatkan dari 1 kg kain CVC Twotone dan Threetone berbeda dengan jenis bahan kaos lainnya? Melihat dari ketebalan kain dan nya sebenarnya tidak jauh berbeda ya, hampir sama saja, agar kamu tidak bingung dengan berapa banyak yang kamu dapatkan dan kamu bisa memperhitungkan berapa bahan yang harus kamu beli, kamu bisa simak tabel di bawah ini sebagai acuan sebelum membeli bahan.

Jenis Bahan Lebar KainHasil Kaos dari 1 Kg Berdasarkan Ukuran
SMLXL
CVC Threetone 30s150-160 gsm42″7654
CVC Twotone 30s150-160 gsm42″7654

Jika dilihat dari tabel di atas, hasil kaos yang didapatkan dari 1 kg kain CVC Twotone dan Threetone ternyata tidak jauh berbeda dengan hasil kaos kain Cotton Combed 30s, atau kain-kain single dengan ketebalan 30s lainnya.

Jenis Sablon Yang Bisa Digunakan Pada Kain CVC Twotone dan Threetone

Jika kamu ingin menambahkan variasi seperti gambar atau tulisan kamu bisa menggunakan beberapa jenis sablon manual ini yang akan cocok jika digunakan pada kain CVC Twotone dan Threetone.

Sablon Rubber

Sablon Rubber berbahan dasar karet, juga sablon ini juga merupakan jenis sablon water based atau berbahan dasar air. Tinta yang digunakan bisa dicampur air dengan tujuan agar bisa menghasilkan warna yang lebih banyak atau lebih kaya. Karena sablon Rubber ini juga berbahan dasar karet maka hasil sablonnya juga akan bagus dan merekat dengan baik pada bahan kaos.

Sablon Plastisol 

Jenis sablon ini menggunakan jenis tinta Plastisol yang merupakan oil based atau berbahan dasar minyak. Disebutkan sebagai sablon terbaik karena karakter sablon yang dihasilkan dan juga berstandar internasional. Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang Anda dapatkan pun berkualitas baik. Secara penggunaan, tinta sablon akan bekerja sangat baik pada kain yang mempunyai warna gelap, dan hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan sablon Rubber.

Sablon Flocking

Sablon Flocking atau yang biasa disebut dengan sablon beludru adalah salah satu teknik sablon manual yang mana menghasilkan efek beludru dan timbul pada permukaan kaos atau objek sablonnya.

Sablon Discharge

Jenis sablon terakhir yang cocok untuk kamu gunakan pada kaos berbahan CVC Twotone dan Threetone adalah Sablon Discharge atau cabut warna. Sablon Discharge adalah salah salah satu teknik sablon dengan cara manual dengan menggunakan jenis tinta yang dapat mengubah warna dasar kainnya menjadi sama dengan warna tinta yang digunakan.

Untuk membuat kaos, kamu bisa memilih jenis bahan apapun sebagai bahan dasarnya, baik kain yang berbahan dasar full cotton maupun kain yang mempunyai komposisi campuran seperti CVC Twotone dan Threetone. Menggunakan kain yang mempunyai corak unik bisa memberikan kesan berbeda pada kaos dan siapa tau mempunyai nilai jual tersendiri.

Semoga ulasan kami tentang kain CVC Twotone dan Threetone ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini