7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Proses Branding Bisnis

0
Rate this post

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Proses Branding Bisnis – Memulai sebuah bisnis, atau menjalankan sebuah bisnis, tidak hanya mempersiapkan dari segi modal dan produk saja. Strategi bisnis pun harus dipersiapkan dengan matang, dan salah satu strateginya adalah Branding.

7 tips branding bisnis
7 tips branding bisnis

Branding bisnis sangat penting untuk sebuah bisnis, karena dengan strategi branding yang tepat, merek dari bisnis Knittopreneurs akan terus maju dan berkembang. Tapi, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam branding sebuah bisnis, kira-kira apa saja? Simak artikel ini ya!

Apa itu Branding?

branding bisnis
Apa itu Branding?

Branding merupakan sebuah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau sebuah bisnis dengan tujuan untuk mengembangkan dan membesarkan merek yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan tersebut. 

Branding itu bukan hanya sekedar sebuah logo dan kemasan pada merek bisnis, tetapi lebih dari itu, Branding bisa mencakup banyak hal, bahkan bisa dikatakan Branding adalah gambaran secara keseluruhan dari bisnis Knittopreneurs termasuk nama, desain, dll.

7 Hal Penting dalam Proses Branding Bisnis

Beberapa hal ini sebaiknya Knittopreneurs perhatikan ketika membangun branding bisnis, agar strategi yang Knittopreneurs lakukan membuahkan hasil yang baik.

  • Buat Sesuatu Yang Baru dan Beda

Mengapa harus terus menerus mengikuti trend yang ada jika kamu bisa membuat tren sendiri yang berbeda dan baru? Daripada hanya mengikuti trend, kenapa tidak memulai membuat sesuatu yang bahkan customer atau audiens belum pernah lihat sebelumnya? Bisa dalam bentuk produk, layanan, atau jasa yang berbeda. Strategi ini dapat membuat customer tertarik terhadap bisnis kita.

  • Komunikasi Yang Baik

Membangun sebuah branding bisnis berarti juga akan membangun hubungan dengan masyarakat yang akan menjadi customer Knittopreneurs. Bangun komunikasi yang baik, layani customer secara tulus dan hangat, karena cara berkomunikasi adalah poin penting yang akan diingat oleh customer. Disaat yang bersamaan, hal ini pun bisa menjadi salah satu identitas dari bisnis Anda. Branding juga merupakan sebuah proses untuk berkomunikasi dengan customer, tetapi menggunakan berbagai macam cara. Komunikasi tidak harus selalu dilakukan dengan tatap muka saja, media sosial sekarang juga sudah menjadi sarana terbesar untuk berjualan.

  • Bereksperimen

Sama halnya seperti poin pertama, yaitu membuat sesuatu yang baru, jadi jangan takut untuk bereksperimen! Misalkan bereksperimen dengan desain brand untuk memunculkan minat baru, atau lakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah Knittopreneurs lakukan dengan brand pribadi. 

  • Identitas Merek Yang Jelas

Langkah yang paling penting dari branding adalah membuat identitas bisnis. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal jika suatu bisnis mempunyai identitas yang jelas, maka akan lebih mudah untuk orang-orang mengingatnya. Identitas dari bisnis bisa dibangun mulai dari penggunaan warna, penempatan logo, tagline yang mudah diingat dan ear catching, desain, dll.

  • Konsistensi Branding Bisnis

Melakukan kegiatan branding secara terus menerus adalah bagian dari konsistensi, tidak bisa sebuah strategi hanya dilakukan satu kali saja. Konsistensi disini pun bisa mencakup banyak hal, konsisten dalam membuat kampanye brand, konsisten untuk terus membuat inovasi untuk menjaga branding bisnis.

  • Coba Direct Marketing untuk Memperkuat Strategi Branding Bisnis

direct marketing
Direct Marketing untuk Memperkuat Strategi Branding Bisnis

Lakukan komunikasi secara langsung dengan customer, seperti membuat kampanye untuk mengajak mereka turut serta mengisi survey, mengisi form atau bahkan melakukan pembelian. Cara ini pun bisa menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam strategi branding bisnis. 

  • Pahami Siapa Target Market Anda

Dari 6 hal di atas, poin terakhir ini merupakan gerbang awal membuat strategi branding untuk bisnis Knittopreneurs. Ketika sudah mengetahui siapakah target pasarnya, maka disitulah Knittopreneurs juga mengetahui cara apa yang harus dilakukan dan jalan yang paling ideal dengan customer.

Mengapa target market sangat penting untuk branding? Karena dengan mengetahui siapa pasar Anda, akan mudah juga menentukan strategi apa yang cocok, bagaimana cara pendekatannya, dan tentu akan lebih efektif. 

Apakah 7 hal penting di atas sudah coba Anda lakukan untuk bisnis yang Knittopreneurs bangun? Jika sudah, berarti yang perlu dijaga adalah terus konsisten sampai tujuan dari branding bisnis tercapai.

Baca Juga: Keuntungan Memulai Bisnis Kaos

Mengapa “Branding” itu sangat penting untuk sebuah bisnis?

Branding menjadi alat untuk membentuk sebuah persepsi atau pandangan masyarakat terhadap bisnis Anda. Dengan strategi Branding yang tepat, beberapa manfaat pun dapat dirasakan oleh pemilik bisnis, misalnya:

  • Masyarakat atau customer dapat membedakan antara bisnis Anda dengan kompetitor, sehingga terdapat identitas yang jelas
  • Membangun kepercayaan dari customer terhadap brand dan membangun rasa suka atau minat dari masyarakat.
  • Dengan adanya branding yang kuat, masyarakat yang percaya dan sudah menggunakan brand Anda maka akan lebih loyal.
  • Anda dapat mengendalikan pasar, karena brand yang sudah kuat pasti lebih mudah untuk mengendalikan pasar, karena jika rasa suka dan percaya sudah terbangun maka akan lebih mudah untuk pasar mengikuti Anda, produk atau jasa apapun yang Anda keluarkan pasti akan tetap diikuti, mereka tidak akan berpikir panjang dan langsung membeli atau menggunakan.
  • Brand akan mudah diingat dan bisa menjadi top of mind di masyarakat. Contohnya tagline yang mudah diingat, warna logo atau brand yang ikonik. Hal ini jika Anda perhatikan, lebih mudah menempel di ingatan masyarakat. Seperti beberapa merek besar yang mempunyai tagline yang sudah melekat sehingga ketika tagline tersebut disebutkan maka pikiran orang-orang sudah tertuju kepada brand tersebut. 

Tips Tambahan dalam Proses Branding Bisnis Kamu

Selain hal-hal penting yang kamu perlu perhatikan di atas, ada juga berbagai hal yang bisa kamu pertimbangka dalam proses branding bisnis:

  • Gunakan Teknik Storytelling

Kini tengah tren, konsep branding yang berlandaskan storytelling. Konsep ini menjadi populer karena pasar pun menyukai narasi yang menarik tentang asal usul, nilai, dan misi perusahaan kamu. Atau, rahasia dibalik kesuksesan bisnis kamu sekarang. Cerita yang otentik dan menarik akan menciptakan koneksi emosional dengan target pasar.

  • Penggunaan Media Sosial yang Efektif

Gunakan media sosial untuk membangun komunitas seputar merek Anda. Postingan yang kreatif dan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek.

  • Kolaborasi dan Kemitraan

Kolaborasi dengan bisnis atau influencer lain dapat membuka peluang baru dan memperluas jangkauan merek kamu, Knittopreneurs. Lihat artikel ini untuk mengetahui fashion influencer Indonesia paling berpengaruh untuk bisnis kamu tahun ini.

Baca Juga: Fashion Influencers untuk Promosi Bisnismu, Ternyata Penting!

  • Analisis dan Feedback

Rutin mengumpulkan dan menganalisis data serta feedback dari pelanggan. Ini akan membantu kamu dalam memahami efektivitas strategi branding bisnis, dan di mana perbaikan diperlukan.

Proses dari branding bukan sesuatu yang singkat, membutuhkan waktu dan merupakan sebuah perjalanan yang panjang, Anda harus tekun dan sabar untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan goals dari bisnis. 

Dengan melakukan langkah yang tepat dalam membangun branding, pastinya bisnis yang Anda bangun akan terus berkembang dan maju. Sebagai seorang pebisnis, Knittopreneurs harus terus haus dengan informasi baru yang bisa membantu untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Cara Menghitung HPP Terbaik Untuk Pebisnis Pemula

Semoga pembahasan kami tentang branding ini juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda, dan semangat terus untuk membangun bisnis yang besar dan menjadi favorit di masyarakat. Baca juga informasi lain seputar bisnis dan kain di blog Knitto!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

 Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur