9 Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di 2023

0
5/5 - Vote count: 2 votes

9 Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di 2023 – Hi Knittopreneurs! Di penghujung akhir tahun ini Minto akan spill 9 fashion influencer yang memberi pengaruh yang besar pada tahun 2023 menurut Minto!

9 Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di 2023
9 Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di 2023

Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Fashion Influencer?

Sebelum Minto spill top 9 fashion influencer di Indonesia, Minto akan bahas dulu apa itu fashion influencer. Fashion influencer adalah seseorang yang bergelut dalam bidang industri fashion dalam format digital dengan tujuan untuk memberikan inspirasi, gaya, dan informasi terkait tren dan merek pakaian kepada pengikut mereka.

Apa “Tugas” Seorang Fashion Influencer?

Fashion Influencer yang Melakukan Live
Fashion Influencer yang Melakukan Live

Pekerjaan fashion influencer adalah membuat konten visual yang menarik dalam platform sosial media, seperti foto dan video, yang menunjukan gaya dan cara berpakaian mereka, memberikan ulasan produk fashion, dan saran dalam memilih produk fashion yang informatif untuk pengikutnya.

Mereka juga aktif berinteraksi dengan audiens mereka, membangun komunitas, dan berkolaborasi dengan merek-merek fashion untuk promosi produk, menciptakan kampanye iklan, atau terlibat dalam proyek kreatif lainnya.

Seorang fashion influencer harus selalu mengikuti tren fashion terbaru dalam dunia fashion, menjalankan strategi pemasaran agar akunnya selalu berkembang, dan mengelola aspek-aspek bisnis dari peran mereka contohnya merilis brand fashion sendiri.

Meskipun menjadi fashion influencer dapat terlihat seperti pekerjaan yang menyenangkan dan mudah, pekerjaan ini juga memerlukan dedikasi yang tinggi, kreativitas yang terus baru, manajemen waktu yang baik, dan kemampuan untuk membangun personal branding diri sendiri  yang konsisten di dunia digital yang terus berubah.

Apa Tolak Ukur Keberhasilan Seorang Fashion Influencer?

Keberhasilan seorang fashion influencer dapat dibilang sangat bergantung pada seberapa baik mereka membangun hubungan dengan pengikut mereka, sejauh mana mereka mampu memahami dan merespons trend fashion, serta seberapa efektif mereka dalam menjalankan strategi pemasaran dan terus berkolaborasi dengan merek-merek fashion ternama luar dan dalam negeri.

Baca Juga: Cara Menentukan Target Market Terbaik

4 Platform Sosial Media yang Biasa Digunakan Fashion Influencer

Fashion Influencer Menggunakan Sosial Media
Fashion Influencer Menggunakan Sosial Media

Fashion influencer biasanya menggunakan berbagai platform media sosial untuk membagikan konten fashion dan berinteraksi dengan pengikut mereka. Berikut ini adalah 4 platform media sosial yang biasa sering digunakan oleh fashion influencer Indonesia:

  • Instagram

Instagram adalah platform yang dapat dibilang platform paling populer di kalangan fashion influencer. Mereka menggunakan Instagram sebagai platform untuk membagikan foto dan video gaya berpakaian mereka, melakukan promosi merek yang bekerja sama dengan mereka, serta memberikan inspirasi fashion.

  • YouTube

Fashion influencer sering membuat video tutorial, hauls atau produk yang patut dimiliki followersnya, vlog dalam event-event, dan ulasan produk di YouTube. YouTube memungkinkan mereka untuk memberikan konten berbentuk video yang memiliki durasi yang lebih panjang dan interaktif.

  • TikTok

TikTok adalah platform berbagi video pendek yang semakin populer di kalangan fashion influencer. Karena banyak yang menggunakan TikTok, mereka dapat membagikan video singkat yang menampilkan perubahan tampilan, tren mode, dan tantangan fashion sehingga dikenal lebih lagi.

  • Pinterest

Pinterest digunakan oleh banyak fashion influencer untuk mencari referensi konten dan cara berpakaian dalam dunia fashion yang terus berkembang. Mereka juga  dapat mengunggah gambar-gambar fashion, aksesori, dan gaya hidup mereka di sini.

Setiap platform memiliki keunggulan dan audiens yang berbeda, dan fashion influencer seringkali memanfaatkan beberapa platform sekaligus agar memiliki pasar yang semakin besar.

Pilihan platform tergantung pada jenis konten yang ingin mereka bagikan dan di mana audiens target mereka berada. Fashion influencer juga bisa menggunakan aplikasi platform media sosial lain yang Minto tidak sebutkan diatas.

Baca Juga: Mau Endorse Influencer? Kenali Dulu 5 Tingkatan Influencer

9 Fashion Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di 2023

Minto akan bahas 9 fashion influencer Indonesia, berdasarkan jenis fashionnya (pakaian wanita, pakaian modest / muslim, dan pakaian pria), dan mungkin bisa menginspirasi kamu. Yuk, simak rangkumannya!

  • Fashion Influencer Indonesia Wanita

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elxi Elvina (@elxielvina)

Elxi Elvina (@elxielvina) merupakan fashion influencer yang membagikan cara berpakaian wanita yang chic, classy, dan simple. Elxi Elvina merupakan seorang fashion influencer yang dahulu pernah berkuliah di jurusan Fashion Design lho. Sukses di dunia fashion, Elxi Elvina juga meluncurkan 2 brand miliknya sendiri yaitu Chapelet (@bychapelet) yang menjual sepatu dan tas, serta 9to5 attitude (@925attitude) yang menjual fashion casual seperti sweatshirt dan jogger pants. Tidak hanya fashion, terkadang Elxi juga membagikan tutorial simple makeup dan skincare sebagai variasi kontennya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vanessa Andrea (@cherrydreamy)

Vanessa Andrea (@cherrydreamy) merupakan fashion influencer yang membagikan cara berpakaian wanita dengan gaya cottage core, atau pakaian wanita feminim sederhana dengan aksen pita dan ruffle. Vanessa sendiri terkenal akan kecintaan terhadap gaya cottage core, hingga ia juga kini membagikan konten seputar gaya hidupnya yang mengusung tema cottage corenya mulai dari rumah, perlengkapan rumah, dan lainnya. Ia juga kerap membagikan konten bersama keluarganya sebagai selingan konten Instagramnya. Vanessa juga punya bisnis menjual perlengkapan rumah dengan tema cottage core yang bernama barn et bay (@barn.et.bay)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anastasia Siantar (@anazsiantar)

Anastasia Siantar (@anazsiantar) merupakan fashion influencer yang membagikan cara berpakaian wanita dengan gaya yang glamour dan classy. Anastasia Siantar juga kini kerap membagikan konten cover dance sebagai selingan konten fashionnya. Ia juga kerap membagikan perjalananya di luar negri sehingga gaya fashionnya dapat disesuaikan dengan 4 musim berbeda. Sukses membangun personal brandingnya, Anastasia Siantar juga membuka usaha di bidang marketing dan branding brand dengan nama ku urus (@ku.u.rus)

  • Fashion Influencer Indonesia Pakaian Wanita Muslim (Modest Fashion)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi)

Dian Pelangi (@dianpelangi) adalah seorang perancang busana muslim yang juga memberikan influence pada masyarakat yang suka dengan gaya busana modest atau pakaian muslim. Ibunya juga merupakan desainer butik islami yang cukup terkenal. Dian Pelangi memiliki 3 brand fashion yaitu Dian Pelangi (@dianpelangicom), Dian Pelangi Studio (@dianpelangistudio), Dian Pelangi Asmara, brand yang bekerja sama dengan Barli Asmara (@pelangiasmara.id). Dian Pelangi juga merupakan wajah dari brand Buttonscarves Beauty, yang juga merupakan brand makeup yang dimiliki oleh Buttonscarves yang bergerak dalam bisnis pakaian muslim.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca (@zaskiaadyamecca) merupakan seorang artis, presenter, dan model yang kini juga bergerak dalam dunia fashion influencer untuk wanita muslim. Zaskia juga memiliki brand fashion modest untuk wanita muslim yang bernama Zaskia Mecca (@zaskiamecca_id), pakaian muslim casual Meccanism (@Meccanism_Official), dan pakaian muslim premium Bia by Zaskia Mecca (@biabyzaskiamecca). Sukses dalam berbisnis fashion muslim, Zaskia juga membentuk bisnis baru dalam bidang kecantikan dengan nama ZAM Cosmetics (@zamcosmetics) dan f&b Mamahke Jogja (@mamahkejogja).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AGHNIA 🌙 (@emyaghnia)

Emy Aghnia Punjabi (@emyaghnia) merupakan fashion influencer yang memiliki gaya berbusana muslim yang elegant dan classy. Emy Aghnia juga suka membagikan video seputar keluarga dan cara berdandan sebagai selingan konten fashionnya. Sukses dalam dunia fashion influencer, Emy Aghnia memiliki usaha bidang fashion yaitu Sylmi Basic (@sylmi.basic) yang menjual berbagai pakaian muslim dan brand kecantikan Bye Bad Skin (@byebadskin.official)

  • Fashion Influencer Indonesia Pria

 

View this post on Instagram

 

A post shared by R A I V A N 👽 (@plainkite)

Raivan Yogiaman (@plainkite) merupakan fashion influencer pria yang menampilkan gaya pakaian yang unik namun tetap terlihat rapi dan simple. Raivan sendiri suka berpakaian dengan metode layering, dimana ia memakai basic item seperti kaos yang kemudian di layer kembali menggunakan outer seperti jaket yang kemudian dipadukan dengan celana, sepatu, dan aksesoris yang mendukung. Fun factnya, istri dari Raivan juga seorang fashion influencer yang bernama Keshia Nathania (@bananalace). Sukses di bidang fashion influencer, Raivan membuka brand pakaiannya sendiri yang bernama Antidote Studio (@antidotstudios)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lucky Oetama (@luckyoetama)

Lucky Oetama (@luckyoetama) merupakan seorang fashion influencer pria, yang seringkali berpakaian dengan gaya semi casual, classy, namun tetap terlihat simple. Lucky Oetama juga kerap bekerja sama dengan brand-brand terkenal sebagai model maupun catwalk di event-event fashion ternama. Sukses di dunia fashion, Lucky juga diduga memiliki brand fashion sendiri yang ia dirikan dengan temannya yaitu Connive Studio (@connivestudio).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by STEFANDY YANATA (@andyyanata)

Stefandy Yanata (@andyyanata) atau Andy Yanata merupakan seorang influencer fashion pria yang sering memadukan corak dan warna pakaian yang lebih berwarna. Fun fact nya, Andy Yanata pernah berkuliah jurusan fashion design lho, makanya tidak diragukan lagi kemampuan mix and match pakaiannya. Andy Yanata juga mempunyai brand fashion sendiri yang ia bangun bersama Jovi Adhiguna yang merupakan fashion influencer juga, dengan nama the escapade story (@theescapadestory).

Baca Juga: Fashion Influencers untuk Promosi Bisnismu, Ternyata Penting!

Nah itulah 9 fashion influencer Indonesia yang paling berpengaruh di 2023 menurut Minto. Kalau menurut Knittopreneurs, siapa nih fashion influencer yang paling berpengaruh di 2023?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035