Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju, Solusi Praktis untuk Dicoba

0
5/5 - Vote count: 5 votes

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju, Solusi Praktis untuk Dicoba! – Halo Knittopreneurs! Dalam hal pemakaian baju sehari-hari, pasti ada saja kejadian yang membuat noda minyak tercetak di pakaian kita. Kalau sudah begini, cara mengatasinya bagaimana?

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju, Solusi Praktis untuk Dicoba!
Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju, Solusi Praktis untuk Dicoba!

Knittopreneurs tidak perlu khawatir, Minto sudah mengumpulkan panduan lengkap untuk mengatasi masalah kamu! Simak berbagai bahan dan cara untuk menghilangkan noda minyak di baju pada artikel ini.

Hilangkan Noda Minyak di Baju dengan Bahan Ini

Hilangkan Noda Minyak di Baju dengan Bahan Ini
Hilangkan Noda Minyak di Baju dengan Bahan Ini

Untuk menghilangkan noda minyak dari baju, terdapat beragam bahan rumahan yang bisa kamu gunakan.

  • Pertama, sabun cuci piring terkenal efektif karena kemampuannya memisahkan molekul minyak.
  • Kedua, soda kue atau baking soda, yang dikenal dapat mengangkat noda membandel dengan cara dibuat menjadi pasta (dari air dan baking soda). Dapat kamu gunakan dengan cara dioleskan langsung di atas baju. 
  • Ketiga, cuka dapur, yang mengandung asam dapat membasmi noda minyak di berbagai jenis kain. Cuka dapur aman untuk berbagai jenis pakaian. Untuk cara menghilangkan noda minyak di baju, kamu dapat merendamnya dan kemudian mencucinya seperti biasa.
  • Keempat, tepung jagung (maizena), yang mampu menyerap noda minyak, terutama pada pakaian berbahan katun. Kamu bisa menaburkannya di atas baju dan mendiamkannya semalaman, lalu dibersihkan dengan air hangat dan sedikit cairan pencuci piring.
  • Kelima, shampo, yang dirancang untuk mengangkat minyak dari rambut, juga efektif untuk noda minyak pada pakaian. 
  • Terakhir, bedak bayi, yang dikenal mampu menyerap minyak, bisa menjadi pilihan untuk noda yang berbasis oli. 

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, atau memiliki baju yang cukup ‘rapuh’, memilih untuk menggunakan aloe vera. Gel lidah buaya terbukti efektif untuk menghilangkan noda minyak, khususnya yang sudah lama atau membandel. Namun jika susah dicari di rumah, Minto menyarankan Knittopreneurs untuk menggunakan bahan-bahan yang sudah ada saja.

Baca Juga: Cara Membersihkan Baju Putih Yang Menguning Tanpa Merusak Kain

3 Langkah Mudah Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

3 Langkah Mudah Cara Membersihkan Noda Minyak di Baju
3 Langkah Mudah Cara Membersihkan Noda Minyak di Baju

Tanpa perlu pusing dan ribet, berikut 3 langkah mudah yang bisa kamu lakukan dalam cara menghilangkan noda minyak di baju:

  • Langkah pertama dalam cara menghilangkan noda minyak di baju adalah dengan menaburkan bahan pembersih, seperti baking soda atau maizena, pada noda tersebut dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan dengan sikat gigi bekas atau kain lap. 
  • Kemudian, oleskan sabun cuci piring atau shampo pada noda tersebut dan diamkan sebentar. Selanjutnya, gosok noda dengan lembut menggunakan sikat atau kain lap. Jika menggunakan cuka atau alkohol, siramkan langsung pada noda dan biarkan beberapa saat sebelum mencucinya. 
  • Setelah proses pembersihan, cucilah baju dengan deterjen seperti biasa. 

Untuk noda yang membandel, proses ini mungkin perlu diulang beberapa kali. Ingat untuk selalu mengecek label perawatan pada baju kamu sebelum menggunakan air panas atau bahan tertentu ya, Knittopreneurs!

Baca Juga: Cara Menggunakan Wantex atau Pewarna Tekstil

Bagaimana Cara Menjaga Baju Tidak Terkena Minyak?

Setelah membahas cara menghilangkan noda minyak di baju, saatnya kita membahas bagaimana cara menjaga baju agar tidak terkena minyak. Nah, untuk menghindari noda minyak pada baju, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan. 

  • Pertama, selalu gunakan celemek saat memasak atau melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan noda minyak. 
  • Kedua, jauhkan pakaian dari area yang berpotensi terkena percikan minyak, seperti dekat kompor atau tempat menggoreng. 
  • Ketiga, jika mengkonsumsi makanan berminyak, berhati-hatilah agar tidak tumpah ke pakaian.
  • Keempat, simpan baju dalam lingkungan yang kering dan bersih untuk mencegah kontaminasi minyak secara tidak sengaja. 
  • Kelima, segera bersihkan tumpahan minyak pada pakaian dengan tisu atau kain bersih untuk mencegah penyebaran noda. 

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan, agar tidak secara tidak sengaja memindahkan minyak ke pakaian. Jika sudah terlanjur menempel, segera bertindak cepat dan ikuti cara menghilangkan noda minyak di baju yang sudah Minto jelaskan sebelumnya ya.

Tips Tambahan dalam Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Selain menggunakan bahan-bahan rumahan, ada juga produk khusus yang tersedia di pasaran untuk menjadi andalan kamu dalam cara membersihkan noda minyak di baju. Produk ini biasanya berbentuk spray, atau cairan pembersih khusus, yang dirancang untuk memecah dan mengangkat noda minyak. 

Mengetahui jenis kain dan perawatan yang sesuai sangat penting dalam menghilangkan noda minyak. Pakaian berbahan katun dan linen cenderung lebih mudah dibersihkan, sementara bahan sintetis dan sutra memerlukan perhatian lebih. Kamu juga bisa mengeringkan noda minyak dengan hair dryer atau sinar matahari sebelum mencuci, yang dapat membantu untuk menghilangkan noda. 

Jangan lupa untuk tidak memasukkan pakaian bernoda ke dalam mesin pengering, karena panas dapat membuat noda semakin menetap. Juga, selalu pisahkan pakaian yang terkena noda minyak dari yang lain, untuk menghindari kemungkinan menyebarnya noda.

Baca Juga: Kenapa Kain Kaos Berjamur dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Selalu baca dan ikuti instruksi pada label produk untuk hasil terbaik ya, Knittopreneurs. Sebab beberapa kain mungkin lebih sensitif terhadap bahan tertentu. Happy cleaning!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur