7 Bahan Rompi yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

0
5/5 - Vote count: 142 votes

7 Bahan Rompi yang Bagus dan Berkualitas Terbaik – Rompi merupakan salah satu pakaian yang sering dipakai sebagai outerwear. Rompi memiliki banyak jenis yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhannya, seperti kebutuhan untuk fashion, untuk berkendara dan untuk proyek.

Setiap kebutuhan pastinya akan menggunakan bahan yang berbeda, contohnya apabila kebutuhan untuk fashion maka bisa menggunakan bahan katun, akan tetapi apabila untuk berkendara, maka lebih baik menggunakan bahan waterproof dan anti angin seperti taslan.

Setiap bahan pastinya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, dengan memilih bahan yang tepat, selain menjamin keawetan, juga akan menjamin kenyamanan ketika digunakan. 

Pada artikel kali ini Minto akan menjelaskan mengenai 7 Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas. Pada pembahasannya Minto akan lebih menekankan kepada rompi untuk kebutuhan berkendara dan aktivitas outdoor ya, Knittopreneurs.

7 Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas
7 Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas

7 Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas

Yuk, kenali lebih lanjut salah satu fashion item outerwear ini!

Apa Itu Rompi?

Rompi adalah jenis pakaian tanpa lengan yang dikenakan sebagai outerwear diluar pakaian utama seperti kemeja, kaos, ataupun jaket. Berbeda dengan jaket, rompi tidak memiliki lengan dan sering dipakai hanya untuk menambah kehangatan lebih, gaya, atau tujuan lain seperti berkendara ataupun menandakan kegiatan tertentu, contohnya rompi yang digunakan pada karyawan di suatu proyek.

Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas

Simak berbagai rekomendasi bahan rompi yang bagus di bawah ini!

Bahan Kain Taslan

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Taslan
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Taslan

Bahan Taslan merupakan jenis kain sintetis yang terbuat dari serat polyester atau nilon. Proses pembuatannya melibatkan teknik teksturisasi khusus yang memberikan tekstur seperti katun, sehingga membuatnya lebih lembut dan nyaman dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya. Taslan juga memiliki permukaan yang sedikit mengkilap dan tahan terhadap kotoran dan noda.

Bahan Taslan memiliki keunggulan yaitu waterproof, ringan, memiliki daya tahan yang kuat, warna yang tahan lama, dan tahan terhadap cuaca. Sehingga, bahan taslan kerap dinobatkan sebagai bahan yang bagus untuk rompi motor.

Baca Juga: Mengenal Bahan Taslan, Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Dan 3 Contoh Produk

Bahan Kain Drill

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Drill
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Drill

Bahan Drill adalah jenis kain yang terbuat dari katun dengan anyaman khas yang membentuk pola diagonal. Bahan Drill umumnya digunakan untuk pembuatan kemeja dan baju seragam untuk perusahaan yang memiliki mobilitas tinggi, namun bahan Drill juga dapat digunakan untuk pembuatan rompi. Bahan Drill memiliki karakteristik tidak mudah kusut, memiliki tenun yang kuat, dapat menyerap keringat, daya tahan yang kuat dan memiliki tekstur yang unik seperti garis diagonal. Rompi dengan menggunakan bahan Drill sering digunakan untuk aktivitas outdoor.

Baca Juga: Jenis Kain Drill Terbaik Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Bahan Kain Kanvas

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Kanvas
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Kanvas

Bahan Kanvas bisa terbuat dari katun (kapas) atau campuran katun dan bahan lain seperti polyester. 

Kain Kanvas dikenal memiliki kekuatan dan daya tahannya yang tinggi sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk rompi yang akan dipakai untuk mobilitas tinggi seperti kegiatan outdoor. Salah satu keunggulan utama kain Kanvas yaitu durabilitasnya. 

Sama seperti kain Taslan, kain kanvas juga tahan terhadap air dan dan angin, meskipun tidak sepenuhnya tahan air. Kain Kanvas memiliki tekstur yang lumayan kasar dan lebih berat daripada bahan lainnya. 

Karena lebih berat daripada bahan lain, membuat bahan ini dinilai kurang nyaman oleh sebagian orang. Namun secara keseluruhan, kain kanvas merupakan pilihan yang tepat untuk rompi khusus berkendara yang memang dirancang untuk memberikan ketahanan dan daya tahan.

Baca Juga: Jenis Kain Kanvas Terbaik Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Bahan Kain Despo

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Despo
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Despo

Kain Despo merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari serat polyester. Kain ini termasuk dalam kategori kain parasut yang sering digunakan untuk produk outdoor seperti rompi untuk berkendara.

Kain Despo memiliki karakteristik permukaan yang halus, tidak terlalu tebal, dan memiliki kilau yang lebih rendah dibandingkan dengan taslan.  Selain itu, kain ini juga ringan, tipis, tidak mudah melar, namun cenderung mudah kusut. 

Salah satu kelebihan Kain Despo adalah permukaannya yang halus dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, kain ini juga tahan terhadap angin dan air. Namun, Kain Despo juga memiliki kekurangan, yaitu lebih tipis dibandingkan dengan Taslan, cenderung mudah sobek, dan mudah kusut.

Bahan Kain Ripstop

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Ripstop
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Ripstop

Kain Ripstop memiliki pola kotak-kotak yang terbuat dari benang nilon yang ditenun dengan teknik khusus untuk meningkatkan kekuatan kain sehingga membuatnya tahan terhadap sobekan.

Kain Ripstop memiliki karakteristik yang ringan namun kuat, karena ditenun dengan menggunakan benang nilon sehingga tahan terhadap sobekan. Selain itu kain ripstop juga mudah untuk dikeringkan dan tidak mudah kusut.

Kain Ripstop sangat cocok untuk pembuatan rompi kantor dan rompi untuk aktivitas outdoor karena karakteristiknya yang ringan, namun memiliki daya tahan yang kuat.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Ripstop

Bahan Kain Double Mesh

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Double Mesh
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Double Mesh

Kain Double Mesh atau yang dikenal juga sebagai Kain Spacer merupakan jenis kain warp knitting yang dibuat dari 100% polyester. Kain ini memiliki karakteristik yang fleksibel, memiliki sirkulasi udara yang baik dan memiliki struktur berlapis.

Kain Double Mesh terdiri dari dua lapisan Mesh yang saling terhubung. Lapisan ini memberikan struktur yang unik serta dapat meningkatkan kekuatan kain. Kain Double Mesh cocok digunakan untuk pembuatan rompi safety officer dan security.

Bahan Kain Campuran Polyester Dan Corduroy

Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Campuran Corduroy Dan Polyester
Bahan Rompi Yang Bagus Bahan Kain Campuran Corduroy Dan Polyester

Kain Corduroy adalah jenis kain yang memiliki ciri khas berupa garis-garis timbul yang sejajar dan sejajar. Garis-garis ini disebut wales, dan biasanya memiliki ukuran antara delapan hingga 30 wales per inch. 

Kain Corduroy akan lebih kuat dan tahan lama apabila dicampur dengan campuran polyester. Umumnya penggunaan polyester lebih banyak dibandingkan Corduroy, yaitu 60:40 atau 70:30. 

Karena Corduroy dicampur dengan polyester, maka akan menciptakan kain yang lebih kuat, fleksibel dan nyaman ketika dipakai.

Baca Juga: Ciri-Ciri Polyester Terbaik Dan Rekomendasi Kainnya

Tips Memilih Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas

Memilih bahan yang tepat untuk pembuatan rompi adalah hal yang harus diperhatikan, agar mendapatkan kenyamanan, fungsionalitas yang baik, dan durabilitas yang diinginkan. Baik untuk keperluan fashion, kerja, atau aktivitas outdoor. Berikut adalah beberapa tips memilih bahan rompi yang tepat:

1. Pertimbangkan Tujuan Penggunaan

    • Untuk Kegiatan Outdoor: Pilih bahan yang tahan terhadap cuaca seperti Taslan, Ripstop, atau Kain berjenis Parasut yang tahan air dan angin.
    • Untuk Kegiatan Sehari-hari atau Fashion: Bahan seperti Katun, Drill, atau Corduroy bisa menjadi pilihan yang tepat karena karakteristik dari kain ini lebih menekankan kepada kenyamanan dan gaya.
    • Untuk Kegiatan Kerja: Carilah bahan yang tahan lama dan kuat seperti Kanvas atau polyester karena tahan terhadap penggunaan dengan mobilitas tinggi.

2. Pertimbangkan Kondisi Iklim

    • Iklim Dingin: Bahan yang lebih tebal seperti Taslan dan Kanvas cocok untuk menjaga kehangatan.
    • Iklim Hangat: Bahan ringan seperti Despo atau Mesh adalah pilihan tepat karena tidak terlalu tebal.

3. Perhatikan Ketahanan dan Kenyamanan

Untuk rompi dengan mobilitas tinggi dan sering digunakan, pilih bahan dengan karakteristik tahan lama dan mudah dirawat, serta pilih bahan yang nyaman ketika digunakan dan ringan sehingga dapat memberikan kebebasan untuk bergerak.

4. Perhatikan Detail dan Kualitas Bahan

Perhatikan karakteristik, ketebalan, tekstur, dan kualitas jahitan pada bahan yang akan digunakan. Dengan memperhatikan detail dan kualitas bahan yang digunakan akan membuat rompi lebih nyaman ketika digunakan, serta memberikan tampilan yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

Semoga artikel ini bisa membantu Knittopreneurs memilih bahan rompi yang bagus!

Artikel : 7 Bahan Rompi Yang Bagus Dan Berkualitas Terbaik

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]