5 Jenis Kain Drill Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 166 votes

5 Jenis Kain Drill Terbaik Serta Kelebihan dan Kekurangannya – Halo Knittopreneurs! Pada kesempatan kali ini, Minto akan membahas jenis bahan kain yang sering digunakan untuk pembuatan baju seragam, kemeja dan blus, jaket safari, serta pakaian olahraga. Nama bahannya adalah kain drill.

Mengenal 5 Jenis Kain Drill Terbaik
Mengenal 5 Jenis Kain Drill Terbaik

Untuk penjelasan mengenai pengertian, sejarah, karakteristik, hingga kelebihan dan kekurangan setiap jenisnya, simak artikel ini yuk!

Apa Itu Kain Drill?

Kain Drill adalah kain yang digunakan dalam pembuatan kemeja dan baju seragam, kain drill mempunyai tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang tergolong sangat kuat. material yang digunakan untuk membuat kain drill bervariasi, ada yang katun murni (100% katun) dan ada yang merupakan campuran antara katun dan polyester. kegunaan dari kain drill ini sangat beragam, mulai dari digunakan untuk kemeja lapangan, seragam kantor, kemeja PDH, PDL dan seragam TNI atau polri.

Kain Drill

Sejarah Kain Drill

Pada awalnya kain drill dipakai untuk membuat seragam tentara Inggris di India. Seragam ini terkenal dengan sebutan Khaki Drill (KD). Tahukah kamu, bahwa kata khaki berasal dari Bahasa India “khaki” yang artinya “warna dari debu”. Sekitar tahun 1840 akhir, prajurit pasukan India menggunakan  pakaian dengan warna “khaki” ketika berjaga di perbatasan. Hal ini untuk membuat mereka tidak terlihat oleh musuh karena wilayah tersebut penuh dengan debu. Sejak saat itu, istilah warna khaki dan kain Drill menjadi populer dan sering digunakan.

Karakteristik Dari Kain Drill

  • Tidak mudah kusut ketika digunakan.
  • Memiliki jalinan atau tenun yang cukup kuat.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan.
  • Memiliki tekstur kain yang unik.
  • Terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

Baca Juga: Bahan Rompi yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

Kelebihan Kain Drill

Warnanya Tidak Gampang Pudar

Kekuatan kain drill tidak hanya bahannya saja yang kuat tidak gampang robek. Tetapi warna kain drill juga tahan lama tidak gampang pudar meskipun sudah melewati pencucian dan penjemuran berkali kali. Kelebihan kain drill yang membuat disukai oleh banyak kalangan terutama para produsen pakaian.

Tidak Gampang Kusut

Kain drill yang tak gampang kusut menjadi kelebihan kain ini karena akan memudahkan perawatan kain ini. Meskipun kain ini mudah disetrika, kain ini tidak gampang kusut sehingga bisa langsung digunakan dan tidak harus menyetrika dahulu dalam pemakaiannya.

Memberikan Kesan Formal Dan Casual

Pada penggunaan pakaian, kain drill juga bisa untuk digunakan sebagai bahan pakaian formal seperti seragam. Dan kain ini juga digunakan untuk bahan pakaian casual yang digunakan pada suasana santai seperti jenis pakaian kemeja atau blouse.

Adem

Kain ini juga memiliki sifat adem jika digunakan. Karena pada umumnya kain ini berasal dari bahan katun yang memiliki karakteristik adem juga. Sehingga kain ini sangat disukai untuk penggunaan pakaian oleh banyak kalangan. Meskipun kain drill juga ada yang berbahan selain katun, tetapi sifat ademnya masih didapatkan.

Daya Serap Keringat Bagus

Sudah menjadi satu paket karakteristik kain jika berasal dari bahan katun yaitu salah satunya memiliki daya serap keringat yang bagus. Kain drill yang berbahan katun ini juga otomatis memiliki daya serap keringat yang terbaik. Sehingga kain drill sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Daya Tahan Kuat

Teknik pembuatan kain drill memberikan kelebihan kain ini memiliki daya tahan yang kuat. Tekstur kain yang berbentuk diagonal membuat kain menjadi kokoh. Sehingga kain ini tidak gampang robek, selain itu kain ini juga awet meskipun sudah berkali kali dicuci dan dijemur. Sehingga bahn drill ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian seragam lapangan.

Tekstur Unik

Tekstur unik pada kain drill adalah berbentuk garis-garis diagonal. Dan tekstur diagonal ini tampak sekali dilihat dengan mata telanjang. Sehingga jika menemukan jenis kain yang memiliki tekstur diagonal yang jelas, maka bisa dipastikan kain tersebut adalah kain drill.

Kekurangan Kain Drill

Jenis Drill Tertentu Ada Yang Gampang Pudar

Pada umumnya kain drill memiliki kain yang kuat sehingga warna kain juga tidak gampang pudar setelah mengalami pencucian berkali kali. Namun, ada jenis tertentu drill yang memiliki kekurangan warna kainnya gampang pudar. Meskipun ini sebagai kelemahan, tetapi tidak menjadi kelemahan keseluruhan jenis kain drill. Warna kain yang gampang pudar sebenarnya bisa diantisipasi dengan perawatan yang baik, salah satunya adalah cara mencuci yang benar dan teknik penjemuran pakaian drill yang benar.

Kain Drill Cukup Berat

Ketebalan kain yang di atas rata-rata ketebalan kain pada umumnya membuat kain ini sedikit berat. Apalagi kain ini akan lebih terasa berat lagi jika saat mencuci. Kain berasal dari bahan katun ini akan menyerap kain dengan baik sehingga masa kain akan bertambah bobotnya karena kandungan airnya tinggi. Namun, ketika kain ini sudah kering berat kain akan kembali seperti semula.

Jenis Tertentu Harganya Cukup Mahal

Jenis drill premium yang berbahan katun memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Karena memiliki kelebihan dan kualitas kain yang lebih bagus dibanding jenis drill lainnya. Namun kali ini masih bisa dikatakan terjangkau.

Baca Juga: Apa itu Kain Mitela? Memahami Fungsi dan Pilihan Bahannya

Jenis Jenis Kain Drill

Contoh Kain Drill
Contoh Kain Drill
  • Twist Drill atau Twill Drill

Jenis pertama kain drill yaitu Twist Drill atau Twill Drill. Jenis kain drill satu ini sudah cukup populer di pasaran. Sehingga banyak masyarakat menganggap hanya ada satu jenis drill yaitu jenis twill drill. Keunggulan dari jenis kain adalah memiliki sifat water repellent alias tahan air karena memiliki serat yang kecil. Dalam penggunaan jenis twill drill biasanya digunakan sebagai bahan jaket almamater.

  • American Drill

American Drill adalah jenis kain drill yang memiliki ukuran serat sedang. Sehingga kain ini memiliki ketebalan sedang juga. Namun, kain ini juga memiliki tekstur kain yang lembut. American Drill memiliki dua jenis kain yang berbeda karena berasal dari bahan yang berbeda, yaitu American Drill dengan bahan katun dan American Drill dengan bahan polyester.

  • Japan Drill

Japan Drill tergolong dril yang paling tebal karena memiliki serat yang lebih besar. Sehingga membuat jepang drill kuat dan kokoh. Meskipun tebal kain ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan, yaitu adem di kulit dan lembut. Karena bahan ini berasal dari bahan katun yang berkualitas, maka harga kain ini juga tergolong sedikit mahal.

  • Hisofy Drill

Hisofy Drill memiliki kualitas diatas Japan drill. Jenis hisofy drill merupakan kain premium drill sehingga harganya lebih mahal. Secara umum kain jenis ini memiliki tekstur kain hampir sama dengan Japan drill. Tetapi hisofy drill memiliki karakteristik kain lebih lemas dan sangat lembut. Sehingga, kain ini sangat nyaman dan sejuk ketika dipakai, dan memiliki kekuatan terbaik.

  • Castillo Drill

Castilo Drill adalah kain drill kelas ekonomi sehingga harga kain ini cukup terjangkau. Meskipun harganya ekonomis, kaian ini memiliki karakteristik pada umumnya kain drill. Yang membedakan dengan kelas premium mungkin level dari sifat yang dimiliki kain.

Cara Merawat Pakaian Dari Kain Drill

Perawatan pakaian yang berbahan drill cukup mudah jika dibandingkan jenis kain lainnya. Perawatan yang utama sebuah pakaian adalah pada cara mencuci menjemur dan menyetrika pakaian. Asalkan caranya benar maka akan berdampak kain bisa menjadi awet.

Cara Mencuci Pakaian Berbahan Drill

Pencucian semua jenis pakaian adalah perawatan yang paling mendasar. Sehingga setiap jenis kain memiliki cara yang tepat dalam proses pencuciannya. Di jenis kain lainnya, supaya bahan pakaian menjadi awet tidak disarankan untuk mencuci di mesin cuci. 

Namun pada pakaian berbahan drill ini dibolehkan untuk mencuci dengan mesin cuci. Selain mempermudah pekerjaan perawatan bahan drill sangat mudah sekali. Kalaupun mencuci dengan tangan jangan sampai menyikat pakaian berbahan drill terlalu keras. Apapun jenis kainnya dengan menyikat terlalu keras bisa merusak tekstur kain. Selain tekstur rusak, warna kain yang pudar akibat menyikat terlalu keras.

Cara Menjemur Pakaian Berbahan Drill

Sesudah melakukan pencucian pakaian berbahan drill dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan penjemuran pakaian. Agar warna pakaian berbahan drill ini tidak mengalami pudar, maka langkah yang harus dilakukan adalah jangan menjemur langsung dibawah terik matahari, bahan drill bisa dijemur di tempat yang terhindar dari terik matahari langsung. Sebelum menjemur posisikan sisi dalam pakain berada diluar supaya warna tetap awet.

Cara Menyetrika Pakaian Berbahan Drill

Menyetrika pakaian berbahan dril bukan keharusan, karena bahan drill memiliki kelebihan tidak gampang kusut meskipun setelah mengalami pencucian. Namun untuk memperhalus dan melembutkan kain supaya kain menjadi rapi, maka aktivitas menyetrika bisa dilakukan pada pakaian berbahan drill. Pada proses menyetrika tetap mengikuti panduan yang benar supaya bahan drill ini tidak rusak akibat setrika yang terlalu panas. seperti kain tampak gosong dan meninggalkan bekas permukaan setrika. Hal ini akan merusak tekstur pakaian kamu.

Saran dalam menyetrika adalah menggunakan setrika uap. Kelebihan menggunakan setrika uap, kain bisa halus lembut tanpa meninggalkan efek mengkilap pada kain karena terlalu panas. Selain itu setrika uap mampu mempertahankan warna kain. Jadi, dalam perawatan pakaian berbahan drill ini lebih gampang daripada merawat pakaian dari bahan jenis kain lainnya.

Baca Juga: Mengenal Bahan Kain Shakila untuk Busana yang Elegan dan Berkelas

Semoga artikel yang minto berikan tentang jenis kain drill terbaik serta kelebihan dan kekurangannya dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi berkaitan dengan kain ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]