8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

0
5/5 - Vote count: 147 votes

8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman – blog.knitto.co.id Halo Knittopreneurs! pada artikel kali ini minto akan menjelaskan tentang jaket parka yang sering dipakai orang-orang untuk hiking ataupun riding yaitu Jaket Parka. Minto disini akan berfokus pada bahan terbaik yang sering digunakan untuk pembuatan jaket parka ya Knittopreneurs. Yuk simak artikelnya.

Jaket Parka merupakan salah satu jenis jaket yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini. Jaket ini awalnya hanya dibuat untuk dipakai pada cuaca dingin seperti musim hujan, tetapi saat ini  jaket parka sudah digunakan sebagai fashion dan digunakan untuk sehari-hari. 

Jaket parka dapat dibuat dengan menggunakan bahan yang bermacam-macam. Pilihan bahan untuk jaket parka sangat penting karena bisa mempengaruhi beberapa faktor seperti kenyamanan, daya tahan, dan fleksibilitas bahan tersebut. Nah Knittopreneur, pada artikel ini minto akan membahas berbagai jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat Jaket Parka. Berikut 8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman.

8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman
8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

1. Kain Taslan

Bahan Jaket Parka Terbaik Pertama Yaitu Kain Taslan. Kain Taslan merupakan salah satu bahan yang cocok untuk jaket parka dan pakaian outdoor lainnya karena ringan dan nyaman. Kain ini terbuat dari bahan serat sintetis seperti nilon. 

Kain Taslan memiliki banyak keunggulan salah satunya yaitu kain taslan tahan air dan cepat kering, cocok untuk digunakan pada cuaca hujan atau lembab. Selain itu, kain ini juga tahan terhadap angin, sehingga cocok digunakan untuk riding ataupun hiking. Meskipun tahan air dan angin, Taslan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. 

Kain ini memiliki daya tahan yang sangat kuat, tahan terhadap robekan sehingga bisa bertahan lama. Kelebihan lainnya yaitu mudah dicuci dan dirawat. Meskipun sudah digunakan dan dicuci berulang kali, kain taslan tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik. Dengan semua kelebihan ini, Taslan merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk bahan jaket parka.

Baca Juga : Mengenal Bahan Taslan, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Produknya

2. Kain Kanvas

Bahan Jaket Parka Terbaik Kedua Yaitu Kain Kanvas. Kain Kanvas merupakan bahan yang sangat populer dalam pembuatan jaket parka. Kain Kanvas bisa terbuat dari katun(kapas) atau campuran katun dan bahan lain seperti polyester. 

Kain Kanvas dikenal dengan kekuatan dan daya tahannya yang tinggi sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk pakaian yang akan dipakai untuk mobilitas tinggi seperti kegiatan outdoor. Salah satu keunggulan utama kain kanvas yaitu durabilitasnya. 

Sama seperti kain taslan, kain kanvas juga tahan terhadap air dan dan angin, meskipun tidak sepenuhnya tahan air. Kain Kanvas memiliki tekstur yang lumayan kasar dan lebih berat daripada bahan lainnya.

Karena lebih berat daripada bahan lain, membuat bahan ini dinilai kurang nyaman oleh sebagian orang. Namun secara keseluruhan, kain kanvas merupakan pilihan yang tepat untuk jaket parka yang memang dirancang untuk memberikan ketahanan dan daya tahan.

Baca Juga : 6 Jenis Kain Kanvas Terbaik Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

3. Kain Parasut

Bahan Jaket Parka Terbaik Ketiga Yaitu Kain Parasut. Kain Parasut merupakan bahan yang terbuat dari serat sintetis hasil olahan minyak bumi, yang umumnya dibuat dari polyester. 

Kain Parasut memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya sangat cocok untuk dijadikan Jaket Parka, seperti fleksibilitas, harganya yang terjangkau, perawatan yang mudah, dan memiliki durabilitas yang baik. 

Kain parasut dikenal karena tipis, ringan, dan kedap air, menjadikannya ideal untuk berbagai keperluan seperti parasut dalam olahraga terjun payung. Untuk keperluan seperti pembuatan jaket, biasanya menggunakan kain parasut dengan yang lebih tebal.

Baca Juga : 10 Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Serta Perawatannya

4. Kain Goretex

Bahan Jaket Parka Terbaik Keempat Yaitu Kain Goretex. Kain Gore-Tex terbuat dari polytetrafluoroethylene (PTFE). PTFE adalah polimer sintetik yang ada pada teflon, yang diproses secara khusus untuk menghasilkan sebuah kain yang disebut dengan Gore-Tex. 

Proses ini dilakukan dengan cara meregangkan PTFE untuk menciptakan struktur mikropori yang sangat kecil untuk mencegah masuknya air, namun tetap dengan memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga memungkinkan uap air (keringat) keluar. 

Hasil dari proses tersebut adalah menghasilkan kain yang tahan air, mudah bernafas, dan tahan angin, sehingga sangat cocok untuk pakaian dan perlengkapan outdoor seperti jaket parka. 

5. Kain Despo

Bahan Jaket Parka Terbaik Kelima Yaitu Kain Despo. Kain Despo adalah salah satu kain yang terbuat dari serat polyester. Kain Despo  masuk kedalam jenis kain parasut yang seringkali digunakan untuk produk outdoor seperti jaket parka. 

Kain Despo memiliki karakteristik permukaannya yang sangat halus, tidak terlalu tebal, kurang mengkilap dibanding taslan, ringan, tipis, tidak melar, namun cenderung mudah kusut. 

Kain Despo memiliki kelebihan yaitu memiliki permukaan yang nyaman, breathable yang memungkinkan memberikan sirkulasi udara yang baik, ketahanan terhadap angin dan tahan air. Kain Despo memiliki kekurangan yaitu lebih tipis dibanding taslan, cenderung mudah sobek, dan mudah kusut.

6. Kain Mayer

Bahan Jaket Parka Terbaik Keenam Yaitu Kain Mayer. Kain Mayer merupakan jenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik lembut, mengkilap, tahan air dan tangan angin. Kain Mayer lebih tipis daripada kain taslan. Meski lebih tipis dan lembut, kain ini juga sering digunakan untuk pakaian outdoor seperti jaket bomber dan jaket parka. 

Kain mayer memiliki sifat hidrofobik dan pada pengaplikasiannya sering ditambahkan dengan busa atau dakron untuk memberikan ketebalan yang lebih pada jaket. 

Kain Mayer memiliki kekurangan yaitu tidak menyerap keringat, walaupun tidak terlalu tebal, apabila digunakan pada cuaca kemarau, maka akan membuat penggunanya merasa gerah.

7. Kain ZN

Bahan Jaket Parka Terbaik Ketujuh Yaitu Kain ZN. Kain ZN merupakan salah satu kain sintetis, hasil pengolahan minyak bumi, yang diubah menjadi serat fiber polyester. Kain ZN memiliki karakteristik mirip dengan kain parasut dan kain taslan, namun memiliki perbedaan dalam hal tekstur dan berat. 

Kain ini memiliki sifat water-resistant dan tahan angin, namun tidak dapat menyerap keringat dan sedikit panas saat dipakai. Kain ini sering digunakan untuk pakaian outdoor seperti jaket parka. 

Dalam pemeliharaanya, kain ZN tidak boleh direndam terlalu lama, dikucek terlalu keras, dijemur langsung di bawah sinar matahari, atau disetrika dengan suhu tinggi karena dapat merusak produk yang dihasilkan dari kain ZN.

8. Kain Mikro

Bahan Jaket Parka Terbaik Kedelapan Yaitu Kain Mikro. Kain Mikro merupakan kain yang terbuat dari campuran antara bahan Nilon dan bahan Polyester, yang mana kandungan Polyesternya lebih banyak dibandingkan dengan bahan Nilonnya. 

Kenapa kain ini dinamakan “Mikro”? Karena diambil dari nama teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan serat atau benang untuk kain ini. Benang yang digunakan untuk kain Mikro umumnya sangat halus, bahkan ukuran benangnya hanya 1 denier jadi tidak heran jika kainnya menjadi halus.

Kain Mikro memiliki karakteristik tahan terhadap air, memiliki serat yang tipis, tahan terhadap kusut, aman untuk kulit sensitif, bahannya jatuh dan hangat saat digunakan. Kain Mikro sering digunakan juga untuk pembuatan jaket parka, karena karakteristiknya yang mendukung.

Baca Juga : 6 Ciri-Ciri Bahan Mikro Berkualitas Terbaik

8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman 3
8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

Baca Juga : 8 Fakta Unik Tentang Jaket Varsity Yang Harus Diketahui

Kesimpulan

Jaket Parka merupakan salah satu jenis jaket yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini. Jaket ini awalnya hanya dibuat untuk dipakai pada cuaca dingin seperti musim hujan, tetapi saat ini  jaket parka sudah digunakan sebagai fashion dan digunakan untuk sehari-hari. 

Ada 8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman yaitu Kain Taslan, Kain Kanvas, Kain Parasut, Kain Goretex, Kain Despo, Kain Mayer, Kain ZN, dan Kain Mikro. Setiap kain pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya knittopreneurs. Pastikan selalu untuk memilih bahan yang pas ya untuk produksi jaket parka knittopreneurs semua.


Question & Answer (Q&A) 8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

Q1: Apakah Jaket Parka Cocok Digunakan Untuk Cuaca Dingin?

A: Ya, Jaket Parka sangat cocok digunakan untuk cuaca dingin. Selain digunakan pada cuaca dingin seperti di pegunungan, jaket parka juga cocok digunakan untuk berkendara karena pada setiap bahan umumnya memiliki karakteristik tahan angin. 

Q2. Apakah Jaket Parka Tahan Air?

Kebanyakan bahan yang digunakan pada jaket parka bisa tahan air, seperti kedelapan jenis kain yang sudah dijelaskan sebelumnya. Walaupun jaket parka bisa tahan air, namun tetap tidak bisa tahan terhadap hujan lebat.

Q3. Apakah Jaket Parka Mudah “Bernapas”?

Tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Jaket Parka yang terbuat dari bahan seperti Goretex mudah untuk “bernafas” karena memiliki sirkulasi udara yang baik.

Q4. Bahan Apa Yang Paling Bagus Untuk Dibuat Jaket Parka?

Bahan yang paling bagus untuk pembuatan jaket parka yaitu Taslan. Kain Taslan memiliki lebih banyak kelebihan daripada bahan yang lain. Walaupun hampir memiliki karakteristik yang sama dengan yang lainnya, namun kain taslan lebih baik.

Artikel : 8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman
8 Pilihan Bahan Jaket Parka Terbaik Yang Bagus Dan Nyaman

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur