4 Kain Katun Terbaik untuk Bahan Kaos

0
5/5 - Vote count: 12 votes

Kain Katun Terbaik untuk Bahan Kaos – Hai Knittopreneurs, pada artikel kali ini Minto akan bahas salah satu kain yang paling sering digunakan dan bisa dibilang kain ini adalah kain yang paling populer. Kain tersebut adalah kain Katun. Yuk pelajari kain Katun lebih dalam!

Apa itu Kain Katun

Kain katun merupakan kain yang terbuat dari serat yang diambil dari tumbuhan kapas. Kapas adalah tanaman yang tumbuh di banyak negara di seluruh dunia dan memiliki banyak fungsi, salah satunya menjadi bahan baku tekstil. Serat kapas terbuat dari kapas dipanen, kemudian serat tersebut diproses dan dijadikan benang yang kemudian diolah menjadi kain katun.

Kain katun adalah bahan kain yang cukup populer dan banyak digunakan dalam berbagai produk tekstil yang dapat diolah menjadi beberapa produk seperti pakaian, selimut, handuk, sprei, dan lain-lain. Kain katun biasanya memiliki tekstur yang lembut dan nyaman dipakai, serta dapat menyerap keringat dengan baik mengingat terbuat dari serat alami, sehingga cocok digunakan pada saat cuaca panas seperti di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Kain katun juga memiliki karakteristik kain yang mudah dijahit, juga tahan lama sehingga menjadi pilihan yang populer untuk pakaian sehari-hari.

Kain Katun Dibuat dengan Proses Tenun atau Rajut?

Kain katun bisa dibuat dengan dua cara yaitu dirajut atau ditenun. Kain katun yang dirajut terbuat dari benang yang dirajut menggunakan mesin circular knitting (untuk produksi massal). Kain katun yang rajut umumnya memiliki sifat yang lebih elastis dan lentur daripada kain tenun dan lebih ringan. Kain rajut sering digunakan untuk membuat pakaian seperti kaos, kaus kaki, topi, dan aksesoris lainnya, serta produk tekstil seperti selimut dan seprai. Beberapa contoh kain katun yang menggunakan proses rajut pada pembuatannya adalah Cotton Combed dan Cotton Carded. Kain katun juga dapat terbuat dari dua atau bahkan lebih serat berbeda sehingga menghasilkan kain yang lebih baik, contohnya seperti Cotton Bamboo dan Cotton Modal.

Sementara itu, kain katun yang ditenun terbuat dari benang yang dihubungkan dengan teknik menenun menggunakan alat tenun. Kain tenun memiliki sifat yang lebih kuat, kaku, dan kokoh, serta memiliki lebih banyak pilihan tekstur yang dapat diciptakan. Kain tenun sering digunakan untuk membuat pakaian seperti baju, celana, rok, dan kemeja.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka dari itu Knittopreneurs harus menentukan fungsi pakaiannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, pemilihan antara kain rajut atau kain tenun tergantung pada preferensi dan kebutuhan dari produk tekstil atau pakaian yang ingin dibuat. Untuk kaos, dress, dan pakaian sehari-hari yang nyaman Knittopreneurs bisa pakai kain katun yang diolah dengan cara rajut, untuk membuat celana, atasan, dan pakaian yang terlihat lebih formal dan kaku Knittopreneurs bisa pakai kain Katun yang diolah dengan cara tenun.

Kain Katun Rajut untuk Bahan Kaos yang Nyaman

Minto punya nih beberapa kain katun rajut terbuat dari 100% serat kapas yang oke banget untuk dijadikan bahan kaos yang nyaman. Kain ini tersedia di Knitto Textiles, cari tahu jenis kainnya dibawah ini.

  • Cotton Combed

Screenshot 108
Cotton Combed

Cotton Combed merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas yang telah melewati proses combing atau penyisiran sehingga serat kapasnya bebas dari kotoran biji kapas dan kain yang dihasilkan akan menjadi lebih lembut. Kain Cotton Combed ini mampu menyerap keringat dengan sangat baik mengingat kain ini terbuat dari serat kapas yang mampu menyerap cairan dengan baik. Knitto Textiles menyediakan kain Cotton Combed dalam 6 jenis ketebalan kain yaitu 30s, 28s, 24s, 30s, 18s, 16s hingga 100 pilihan warna yang menarik!

  • Cotton Combed Enzyme

Combed Enzyme
Combed Enzyme

Cotton Enzyme merupakan kain Cotton Combed yang telah melewati proses washing atau tahap pencucian tambahan menggunakan protein alami enzim. Dengan proses pencucian menggunakan enzim ini, kain Cotton Combed Enzyme menjadi lebih halus, memiliki permukaan yang lebih licin, dan bulu yang lebih minim. Kain Cotton Combed Enzyme juga dikenal sebagai kain Cotton Combed Bio Wash atau Biocompact di pasaran. Knitto Textiles menyediakan Cotton Combed Enzyme dalam ketebalan 30s dengan 6 variasi warna menarik.

  • Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™

Screenshot 310
Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™

Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ merupakan kain Cotton Combed yang telah dilengkapi dengan teknologi Activecool™ yang dapat membuat kain terasa lebih dingin dan teknologi Activefresh™  yang merupakan teknologi anti-bakteri berfungsi untuk menghalau bau tidak sedap dari adanya pertumbuhan bakteri. Kain ini halus dan lembut, tersedia dalam ketebalan 30s warna hitam reaktif yang aman untuk disablon.

  • Cotton Carded

Carded
Cotton Carded

Cotton Carded merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas yang telah melewati proses carding atau penggarukan saja sehingga serat kapasnya  terkadang masih mengandung kotoran biji kapas yang terlihat seperti bintik putih pada permukaan kainnya.Kain yang dihasilkan akan tidak selembut kain Cotton Combed, namun bahan ini mampu menyerap keringat dengan cukup baik mengingat kain ini terbuat dari serat kapas yang mampu menyerap cairan dengan baik. Kain ini juga memiliki harga yang lebih ekonomis sehingga cocok untuk bisnis kaos dengan modal terbatas.  Knitto Textiles menyediakan kain Cotton Carded dalam 2 jenis ketebalan kain yaitu 30s dan 24s hingga 22 pilihan warna.

Gimana? Tertarik coba? Minto jamin Knittopreneurs nggak akan nyesel coba kain Knitto karena semua kain Knitto sudah dijamin berkualitas, memiliki handfeel dan pilihan warna yang lengkap! Yuk cobain bisnis kaos pakai kain Knitto Textiles. Untuk lihat jenis kain lainnya, kunjungi www.knitto.co.id. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur