5 Cara Terbaik Merawat Kain Pleats

0
5/5 - Vote count: 100 votes

5 Cara Merawat Kain Pleats – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang kain pleats, yang diminati banyak orang.

Kain pleats ini sering digunakan sebagai bahan dress, kulot, dan lainnya. Yuk kita belajar lebih dalam tentang kain pleats.

Kain Pleats
Kain Pleats

Apa itu Kain Pleats?

Kain pleats adalah jenis kain yang memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yang memiliki lipatan-lipatan yang dihasilkan dari teknik pleats, biasanya berukuran sama.

Pleats memberikan dimensi tambahan pada kain dan menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Lipatan pleats dapat dibuat dengan berbagai lebar, jarak, dan arah tergantung pada desain yang diinginkan.

Proses pembuatan pleats meliputi melipat kain pada area yang diinginkan dan menahan lipatan dengan menjahit, pemberian obat pleats,  atau menyetrikanya agar tetap dalam bentuk yang diinginkan.

Kain pleats dapat dibuat menggunakan berbagai jenis kain seperti polyester dan katun. Jenis kain yang digunakan akan mempengaruhi tampilan dan sifat pleats yang dihasilkan, misalnya pleats dari kain taffeta akan lebih kaku dan tajam, sementara pleats dari kain chiffon akan lebih lembut.

Pleats sering digunakan dalam desain pakaian seperti rok, dress, atau blus untuk memberikan tampilan yang mewah, elegan, atau anggun.

Namun, kain pleats juga bisa digunakan dalam berbagai benda atau pakaian lainnya seperti aksesori fashion, perhiasan, atau dekorasi rumah. Pleats memberikan dimensi dan tekstur tambahan pada kain, menciptakan efek visual yang menarik dan berbeda.

Apakah Kita Bisa Buat Pleats Sendiri?

Bisa dong, Knittopreneurs tentu bisa membuat pleats sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang biasa dipakai untuk membuat pleats:

  • Siapkan Kain

Pilih kain yang cocok untuk pleats, seperti polyester, taffeta, atau organza. Pastikan kain sudah dipotong sesuai dengan pola atau desain yang diinginkan.

  • Tentukan Lebar dan Jarak Pleats

Tentukan lebar pleats yang diinginkan. Ukur jarak antara setiap pleats untuk mendapatkan hasil yang seragam. Gunakan pensil atau krayon kain untuk menandai titik-titik pleats di sepanjang kain.

  • Lipat Kain

Mulailah melipat kain sesuai dengan tanda-tanda yang telah Knittopreneurs buat. Lipat kain ke arah dalam atau ke arah luar, tergantung pada desain pleats yang diinginkan. Pastikan lipatan kain rapi dan rata.

  • Semprotkan Obat Pleats

Kamu bisa beli obat pleats di toko supply jahit. Tenang saja, harganya terjangkau! Cara pakainya sangat mudah, tinggal menyemprotkan cairan obat pleats ke pleats yang akan disetrika nantinya. Jangan terlalu banyak karena dapat membuat kain menjadi keras. Dengan memakai obat pleats, pleats kamu akan lebih tahan lama.

  • Setrika Pleats

Setelah melipat kain dan menyemprot obat pleats, gunakan setrika dengan suhu rendah atau sedang untuk menyetrika pleats. Gunakan ujung setrika untuk meratakan lipatan pleats secara hati-hati. Pastikan lipatan tetap rapi dan tahan.

  • Jaga Pleats Tetap Dalam Bentuk

Setelah menyetrika pleats, pastikan untuk menjaga pleats tetap dalam bentuk saat Knittopreneurs menjahit atau memasang pleats pada proyek yang sedang Knittopreneurs kerjakan. Knittopreneurs bisa menggunakan jahitan tangan atau mesin jahit untuk mengamankan pleats.

Pastikan Knittopreneurs meluangkan waktu dan melakukan dengan hati-hati saat membuat pleats sendiri. Latihan dan ketelatenan akan membantu meningkatkan keterampilan Knittopreneurs dalam menciptakan pleats yang rapi dan seragam.

 

Apakah Pleats bisa Memudar?

pleats bisa mengalami perubahan warna atau pudar seiring waktu dan penggunaan yang intensif. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pleats memudar, antara lain:

  • Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat memudarkan warna pada kain, termasuk pleats. Sinar UV dapat merusak pigmen warna pada serat kain, menyebabkan perubahan warna yang tidak diinginkan.

  • Penggunaan yang Berlebihan

Penggunaan yang berulang dan cuci-mencuci berlebihan dapat menyebabkan pleats memudar seiring waktu. Gesekan dan pengaruh bahan kimia dalam deterjen dapat merusak pigmen warna pada kain.

  • Kualitas Pewarna

Beberapa kain pleats mungkin menggunakan pewarna yang kurang tahan lama atau stabil, yang dapat menyebabkan pleats memudar lebih cepat daripada kain lain.  

Cara Merawat Kain Pleats

pouring washing powder from plastic spoon 260672 7420

Merawat kain pleats dengan baik sangat penting untuk menjaga keindahan dan bentuk pleats. Berikut adalah beberapa tips merawat kain pleats:

  • Hindari Mencuci Terlalu Sering

Pleats rentan terhadap kerusakan dan kehilangan bentuk jika terlalu sering dicuci. Jika memungkinkan, gunakan metode pembersihan alternatif seperti dry cleaning atau steam cleaning. Jika harus mencuci kain pleats, gunakan siklus yang lembut dan air dingin. Hindari menggosok atau memutar kain dengan keras, cukup gosok lembut dengan tangan.

  • Hindari Penggunaan Setrika Panas 

Setrika dengan suhu tinggi dapat merusak pleats dan menghilangkan lipatan yang indah. Sebenarnya kain pleats tidak perlu disetrika. Namun jika perlu menyetrika kain pleats, gunakan setrika dengan suhu rendah atau sedang. Selalu gunakan kain penutup seperti kain katun tipis atau tisu antara setrika dan kain pleats untuk mencegah kontak langsung dengan panas yang berlebihan.

  • Menyimpan Kain dengan Benar

Saat menyimpan kain pleats, pastikan untuk melipatnya dengan rapi dan simpan dalam tempat yang kering dan bebas dari kelembaban. Hindari menumpuk barang-barang berat di atasnya agar pleats tidak terjepit atau terlipat secara tidak alami.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari dapat memudarkan warna pada pleats dan merusak serat kain. Jika memungkinkan, jemurlah kain pleats dalam keadaan terbalik atau gunakan penutup jendela yang melindungi dari sinar UV.

  • Perhatikan Petunjuk Perawatan pada Label Kain

Setiap jenis kain pleats mungkin memiliki petunjuk perawatan yang berbeda. Pastikan untuk membaca dan mengikuti instruksi perawatan yang tertera pada label kain. Ikuti petunjuk tentang suhu mencuci, penggunaan deterjen, dan perawatan khusus lainnya.

Dengan merawat kain pleats dengan hati-hati dan mengikuti tips di atas, Knittopreneurs dapat mempertahankan keindahan dan bentuk pleats untuk jangka waktu yang lebih lama.

Nah gimana? Sekarang udah tahu kan cara merawat kain pleats agar tahan lama? Sayangnya kain pleats belum tersedia di Knitto Textiles. Tapi semoga artikel ini membantu kamu ya!

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur