Dari Jeans Hingga Gamis, Yuk Kenali Warna Denim yang Manis

0
5/5 - Vote count: 40 votes

Dari Jeans Hingga Gamis, Yuk Kenali Warna Denim yang Manis – Sebagai salah satu warna yang sering ditemukan pada atasan, bawahan, hingga aksesori untuk pria dan wanita, menjadikan denim warna yang masuk pada kategori unisex.

Apa Itu Warna Denim dan 7 Shade yang Populer dalam Fashion
Apa Itu Warna Denim dan 7 Shade yang Populer dalam Fashion

Pada artikel ini, kita akan mengulik lebih dalam mengenai asal-usul warna denim, shade denim apa saja yang sedang tren, hingga bagaimana padu padannya dalam fashion sehari-hari. Baca hingga akhir ya!

Mengenal Warna Denim

Asal mula warna denim menarik untuk dijelajahi. Pada awalnya, denim adalah kain yang dirancang untuk pakaian pekerja karena kekuatan dan daya tahannya. Namun, seiring berjalannya waktu, kain ini meraih kepopulerannya tersendiri, hingga warnanya dipakai di banyak kain lainnya.

Lantas, sebenarnya apa itu warna denim? Bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu?

Pengertian Warna Denim

Dalam pengertiannya yang paling dasar, warna denim adalah warna yang umumnya berkisar dari biru terang hingga biru gelap, sering kali dengan nuansa yang pudar atau ‘washed out‘ karena proses pencucian dan pemakaian pada kainnya.

Asal-Usul Warna Denim

Asal Usul Warna Denim dalam Fashion
Asal Usul Warna Denim dalam Fashion

Warna denim yang kita kenal sekarang, terutama warna denim jeans, berasal dari penggunaan pewarna indigo. Indigo adalah pewarna alami yang berasal dari tanaman Indigofera, salah satu pewarna tertua yang digunakan dalam pembuatan tekstil. 

Awalnya, denim diwarnai dengan indigo karena pewarna ini memiliki kemampuan unik untuk tidak menembus serat kain sepenuhnya, sehingga menciptakan karakteristik pudar khas denim yang kita lihat saat ini, memberikan setiap pasang jeans karakter uniknya sendiri. Berbeda dengan kebanyakan pewarna lain yang menyerap sepenuhnya ke dalam serat kain, memberikan warna yang lebih homogen dan kurang dinamis.

Mengapa Denim Menjadi Warna yang Populer?

Kepopuleran warna denim, khususnya biru denim atau blue denim, meningkat secara signifikan dengan munculnya jeans Levi’s pada akhir abad ke-19. Jeans ini awalnya dipakai oleh para pekerja, seperti penambang, karena kekuatan kain denim. Warna biru gelap dari indigo membantu menyembunyikan noda dan kotoran, menjadikan jeans pilihan yang ideal untuk kondisi kerja di luar ruangan.

Seiring waktu, jeans denim mulai populer di berbagai kalangan masyarakat. Kini, contoh warna denim pun tidak hanya terbatas pada biru. Ada juga warna hitam, abu-abu, bahkan warna pastel. Inovasi dalam pewarnaan dan pencucian bahan kain telah memperluas palet warna denim yang tersedia.

Baca Juga: Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion, Si Klasik yang Elegan

7 Shade Warna Denim yang Sedang Tren

7 Shade Warna Denim yang Sedang Tren
7 Shade Warna Denim yang Sedang Tren

Saat ini, terdapat beberapa shade atau nuansa warna denim yang sedang tren, memberikan berbagai pilihan bagi Knittopreneurs yang menggemari fashion atau ingin mengetahui perkembangan pasar mode. Berikut ini adalah 7 shade warna denim yang sedang tren:

  • Classic Blue Denim: Classic blue denim atau biru denim klasik adalah nuansa yang paling umum dan dikenal luas. Sering kali muncul dalam nuansa biru medium yang tidak terlalu terang atau gelap. Warna denim seperti ini serbaguna dan cocok dengan hampir semua warna lain, menjadikannya pilihan yang aman dan populer.
  • Light Wash Denim: Light wash denim memiliki nuansa biru yang lebih terang dan sering dikaitkan dengan gaya kasual. Proses pencucian yang lebih intens membuat warna denim ini memiliki aksen pudar yang lebih nyata. Light wash denim cocok dengan warna apa saja, terutama warna-warna cerah yang menambah kesan santai.
  • Dark Wash Denim: Berbanding terbalik dengan light wash, dark wash denim menawarkan nuansa biru yang lebih gelap dan kaya, memberikan kesan lebih formal dan elegan. Salah satu shade denim ini sering ditemukan dalam pakaian yang lebih terstruktur seperti blazer atau celana denim yang modelnya pas di badan.
  • Black Denim: Walaupun denim identik dengan biru, black denim atau denim warna hitam menjadi tren yang terus berkembang. Warna ini memberikan alternatif bagi Knittopreneurs yang ingin tampil berbeda. Black denim sering digunakan dalam pakaian yang lebih edgy dan urban.
  • Grey Denim: Grey denim menawarkan nuansa yang lebih netral dan fleksibel. Jika kamu mencari alternatif untuk blue denim atau black denim, bisa mencoba warna yang satu ini. Mudah dipadukan dengan berbagai warna lain, termasuk warna-warna cerah atau pastel.
  • Colored Denim: Tren terbaru adalah denim warna-warna cerah atau pastel. Misalnya seperti merah, kuning, atau hijau. Pilihan ini memberikan kesempatan untuk kamu bereksperimen dengan gaya yang lebih berani dan ceria.
  • Distressed Denim: Meskipun bukan warna spesifik, distressed denim dengan efek robek dan belel, memberikan kesan ‘vintage’ yang populer. Style ini menambah dimensi dan karakter pada warna denim, membuat pakaian yang kamu kenakan terlihat lebih menonjol.

Setiap warna denim yang akan kamu pilih, bisa cocok dengan warna apa saja, dan lebih tergantung pada ‘konsep’ dari keseluruhan penampilan. Contohnya, light wash denim mungkin lebih cocok untuk pakaian kasual, sedangkan dark wash denim lebih cocok untuk pakaian formal.

Apa Saja Perpaduan Warna Denim yang Populer?

Mengenal Perpaduan Warna Tekstil yang Populer
Mengenal Perpaduan Warna Tekstil yang Populer

Secara umum, perpaduan warna denim sering melibatkan warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu untuk menciptakan tampilan yang seimbang. Warna denim juga sering dipadukan dengan warna kontras yang cerah untuk menambahkan kesan yang lebih fresh

Jika Knittopreneurs ingin mengikuti tren, ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan:

Denim dan Warna Netral

Perpaduan warna denim dengan warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu adalah pilihan yang paling klasik. Celana jeans biru denim dan kemeja putih, contohnya, menciptakan tampilan yang sederhana namun tetap elegan.

Denim on Denim

Tren ini melibatkan memadukan denim warna apa saja dengan potongan denim lain. Misalnya, jaket denim biru dipadukan dengan celana jeans biru dalam nuansa yang serupa atau sedikit berbeda. Kunci dari tampilan ini adalah memastikan ada kontras, entah dalam warna atau tekstur, antara kedua potongan denim.

Denim dengan Warna Cerah

Untuk tampilan yang lebih unik, denim bisa dipadukan dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau. Misalnya, celana jeans biru denim dengan atasan merah cerah atau biru denim dengan blus kuning, menciptakan tampilan yang menarik dan terkesan penuh semangat.

Denim dengan Warna Pastel

Memadukan denim dengan warna pastel bisa menciptakan tampilan yang lembut dan feminin. Contohnya memasangkan jaket denim biru dengan dress warna pastel, atau celana jeans biru dengan kemeja berwarna pastel lembut.

Denim dengan Warna Earthy

Warna-warna earth tone seperti cokelat, hijau army, atau ocher (kuning tua) juga cocok dipadukan dengan denim. Kombinasi jaket denim dengan kemeja coklat, atau celana jeans dengan kaos hijau army bisa kamu coba.

Baca Juga: Mengenal Warna Khaki, Solusi Fashion untuk Setiap Occasion

Denim dalam Industri Tekstil Indonesia

Sebagai negara yang memiliki industri garmen dan tekstil yang berkembang, tentunya Indonesia tidak mau ketinggalan dalam hal ‘mengadopsi’ warna denim. Bukan hanya karena popularitasnya yang meluas di seluruh dunia, tetapi juga karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai gaya dan tren yang terus berubah.

Salah satu contoh inovasinya dari Knitto Textile, bisa kamu temukan pada 13 warna biru yang ada di bahan Cotton Combed 30s. Bisa digunakan sebagai bahan kaos denim blue atau dikombinasikan dengan warna lainnya. 

Koleksi Warna Biru dari Knitto Textiles
Koleksi Warna Biru dari Knitto Textiles

Bahan produksi Knitto Textile memiliki handfeel yang lembut, menjadikannya nyaman dipakai. dan ideal untuk berbagai jenis pakaian. Baik bahan kaos untuk sehari-hari atau busana yang lebih formal. Jadi, tidak perlu ragu lagi!

Baca Juga: Mengenal Warna Sage, Pilihan Tepat untuk Capsule Wardrobe Kamu

Knittopreneurs, semoga dengan memahami nuansa dan penggunaan warna denim bisa membantu kamu memilih yang tepat dalam penampilan sehari-hari. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]