Kenapa Kain Bisa Mengalami Penyusutan ?

0
5/5 - Vote count: 2 votes

Penyusutan pada kain dan pakaian merupakan hal yang cukup sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Apakah hal tersebut wajar terjadi?

Jawabannya adalah tentu saja wajar, selagi penyusutan tersebut masih dibatas aman. Terdapat faktor-faktor yang mendukung mengapa kain atau pakaian Anda menyusut setelah proses pencucian. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Mari simak selengkapnya dibawah ini!

Faktor Terjadinya Susut pada Kain 

Kain merupakan hasil dari tenunan atau rajutan benang. Komposisi kain dapat ditentukan oleh material atau komposisi dari benang yang digunakan menggunakan kain tersebut.

Komposisi benang dapat beragam, mulai dari serat alami, serat buatan, maupun serat campuran yaitu campuran dari serat alami dan serat buatan.

Komposisi dari benang tersebut dapat menentukan persenan susut pada kain tersebut. Kain yang terbuat dari benang dengan komposisi serat yang mudah menyerap air cenderung akan mengalami susut lebih besar saat pencucian.

Ketika serat yang mampu menyerap air dengan baik direndam dan melewati proses pencucian, serat tersebut akan kembali ke sifat aslinya yaitu mudah menyerap air. Serat tersebut akan menyerap air sehingga benang akan memendek dan diameternya membesar.

Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh suhu air ketika proses pencucian berlangsung. Ketika sudah kering, kemungkinan ada penyusutan karena serat tersebut tidak atau hanya kembali sedikit ke ukuran awal.

Proses pembuatan kain juga dapat mempengaruhi penyusutan. Penyusutan dapat disebabkan oleh proses pembuatan kain ketika kain dibuat dengan cara ditenun maupun dirajut.

Benang yang tertarik dan menjadi tegang dapat membuat hasil jadi akhir kain memanjang. Belum lagi tahap pencelupan warna, proses finishing hingga proses penyetrikaan yang menggunakan suhu dan tahap pembuatan yang berbeda-beda.

Begitu tahap pencucian ketika kain sudah berbentuk pakaian jadi, kain berpotensi menyusut juga, mengikuti sifat dasar dari serat benang yang digunakan dalam pembuatan kain sebagai bahan utama dari pakaian tersebut.

Bagaimana Meminimalisir Terjadinya Penyusutan? 

Penyusutan pada kain dapat diminimalisir dengan penggunaan suhu air yang tidak terlalu panas pada proses pencucian.

Pencucian menggunakan mesin cuci lebih berpotensi membuat penyusutan kain lebih tinggi terjadi. Pencucian pakaian atau kain dengan teknik manual atau dengan tangan dapat meminimalisir adanya penyusutan pada kain.

Penggunaan laundry net atau tas laundry yang berupa jaring-jaring juga dapat meminimalisir adanya penyusutan dan proses melar pada kaos ketika mencuci dengan mesin cuci. 

Penting untuk memahami care label yang memuat informasi cara perawatan kain atau pakaian agar kain dan pakaian lebih tahan lama dan awet.

Misalnya, menggunakan suhu setrika yang pas dan menghindari menjemur dibawah matahari langsung.

Umumnya, produsen tekstil akan memberikan pre-treatment atau finishing kain yang dapat mengurangi penyusutan dan tes susut.

Hal ini dilakukan agar kain-kain tersebut lolos standar susut. Supaya semakin mantap dan mengurangi penyusutan kain, jangan lupa untuk memahami care label pakaian ya!

Apakah Kain Knitto Textiles Menyusut?

Penyusutan

Kain-kain koleksi Knitto Textiles sebagian besar terbuat dari serat kapas berkualitas premium dan ada juga serat campuran lainnya.

Penyusutan sangat umum terjadi khususnya pada serat yang mudah menyerap air atau kemampuan higroskopisnya tinggi.

Namun tak perlu khawatir, kain Knitto Textiles sudah melewati tes susut terlebih dahulu pada produk-produknya dan koleksi kain Knitto Textile memiliki tingkat penyusutan yang masih dalam batas aman dan wajar, dibawah 7%.

Rekomendasi Bahan Favorit Knitto Textiles

Knitto Textiles mempunyai koleksi kain-kain berkualitas yang cocok dijadikan sebagai bahan utama kaos, jaket, polo shirt, dan lainnya.

Bahannya lembut dan tentunya nyaman dipakai beraktifitas seharian. Simak rekomendasi bahan favorit Knitto Textile dibawah ini!

  1. Cotton Combed 

Knitto Textiles menyediakan koleksi kain Cotton Combed yang umumnya digunakan sebagai bahan utama dari kaos yang berkualitas.

Kain Cotton Combed tersedia dalam kategori plain, tersedia dalam 5 jenis ketebalan kain (gramasi); 16s, 18s, 20s, 24s, dan 30s. Kain ini tersedia dalam 100 varian warna yang menarik.

2. Cotton Combed Fleece

Combed Fleece merupakan kain Cotton Combed yang diproduksi dengan teknik rajut terry kemudian salah satu sisinya digaruk sehingga ketebalan dan teksturnya cocok dijadikan bahan jaket dan pakaian lainnya yang dapat menghangatkan tubuh.

Meskipun agak tebal, kain Cotton Fleece masih mampu menyerap keringat, memiliki tekstur permukaan kain yang halus, dan memiliki ciri khas pada bagian dalamnya yang memiliki bulu halus.

Tersedia dalam varian cotton combed fleece regular (plain color) dalam 23 varian warna dan heavy cotton combed fleece dalam 1 varian warna.

3. Cotton Combed Baby Terry

Cotton Combed Baby Terry merupakan kain Cotton Combed yang diolah dengan teknik rajut terry sehingga ketebalan dan teksturnya cocok dijadikan bahan jaket, sweatpants,  dan pakaian lainnya yang dapat menghangatkan tubuh.

Walaupun agak tebal,  Kain Combed Baby Terry masih mampu menyerap keringat, Memiliki tekstur halus, dan memiliki ciri khas pada bagian dalamnya memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop” dan bagian luarnya bertekstur seperti bahan kaos pada umumnya. Kain Cotton Baby Terry tersedia dalam 34 varian warna yang menarik.

4. CVC Pique Hexagon

CVC Pique Hexagon merupakan kain CVC yang dirajut menggunakan teknik pique. CVC Pique Hexagon mampu menyerap keringat, bertekstur lembut dan memiliki ciri khas pada coraknya yang berbentuk segi enam.

Umumnya bahan ini digunakan untuk membuat kaos polo atau Polo Shirt namun bisa juga dijadikan sebagai bahan pakaian lain seperti baju koko. Kain CVC Pique Hexagon tersedia dalam ketebalan kain (gramasi) 24s dan 37 varian warna.

Nah, sekarang jadi tahu kan kenapa penyusutan pada kain bisa terjadi? Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dalam memahami dunia kain ya.

Temukan koleksi kain lainnya dengan kualitas premium dan tentunya nyaman digunakan hanya di Knitto Textiles!

Yuk kunjungi toko Knitto Textiles terdekat atau klik website Knitto Textiles untuk mengunduh e-katalog produk terupdate, gratis!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur