Ketahui Jenis Bahan Kain Katun Sesuai Kebutuhanmu

0
Article SEO August 2022 2
Article SEO August 2022 2

Ketahui Jenis Katun Sesuai Kebutuhanmu – katun berfungsi sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian, tentunya terdapat berbagai jenis bahan kain katun di pasaran dengan kegunaannya yang berbeda-beda. Sebagai contoh, beberapa jenis pakaian yang berbeda seperti kaos dan kemeja, menggunakan jenis bahan yang berbeda juga kan?

Melihat banyaknya jenis katun ini, kami akan mencoba membahas beberapa jenis bahan kain katun berdasarkan dengan kegunaan, juga kelebihan dan kekurangan kainnya. Simak artikel ini sampai habis ya.

  1. Katun Untuk Kemeja

katun yang pertama yang akan kita bahas adalah bahan kain katun untuk kemeja. Beberapa jenis bahan kain katun ini seringkali digunakan untuk membuat pakaian-pakaian formal terutama Kemeja.

  • Fine Cotton

katun yang bagus untuk digunakan sebagai bahan untuk kemeja yang berkualitas adalah yang dibuat dari jenis kapas Pima, Swiss dan Egyptian. Tiga jenis kapas ini, mempunyai kualitas yang tidak main-main, ketika digunakan akan terlihat elegan, rapi dan masa penggunaannya pun bisa dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa dikatakan bahan ini awet. Untuk kemeja, serat kain akan ditenun sampai mendapatkan bahan kain katun untuk kemeja dengan kualitas terbaik.

  • Kain Oxford 

Oxford merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja, dikenal sebagai bahan yang ringan, berkilau, dan juga lembut. Bahan atau kain Oxford biasanya dibuat dari bahan Katun atau ada juga yang dibuat dari campuran Cotton dan Polyester.

  • Silk / Kain Sutra

Silk atau kain Sutra dibuat serat protein alami yang berasal dari kepompong ulat sutera. Karakteristik dari kain Silk atau Sutra adalah lembut, berkilau memberikan kesan yang elegan dan mewah, serta breathability. Meskipun tidak termasuk sebagai katun tetapi kain Silk sangat recommended sebagai kain terbaik untuk membuat kemeja.

  • Kain Flanel

bahan kain katun

Kain Flanel merupakan kain tenun yang mana para penyedia bahan ini bisa membuat kain Flanel dari serat Katun, Wol, Polyester, atau jenis serat campuran lainnya. Karena dapat dibuat dari berbagai jenis serat yang berbeda-beda maka karakteristiknya pun dapat berbeda juga. Jika kain Flanel yang dibuat dari bahan Flanel Katun sudah pasti kainnya lembut, tahan lama, dan nyaman dipakai.

  • Kain Pique Cotton

Rekomendasi katun untuk membuat kemeja selanjutnya adalah bahan Pique. Memang umumnya kain ini digunakan untuk membuat polo shirt, tetapi sekarang juga sudah banyak yang mulai menggunakan bahan Pique untuk membuat kemeja. 

Apalagi bahan Pique Cotton dengan karakteristiknya yang baik, memang banyak orang terutama mereka yang sudah sering menggunakan bahan Pique Cotton merasa kain ini berisiko susut yang cukup tinggi, tapi tenang saja, Pique Cotton yang ada di Knitto yaitu Cotton Combed Pique Diamond terhitung aman dari segi susut kainnya, mengapa? Karena kami sudah melakukan Quality Control yang ketat untuk memastikan jika kain ini aman.

  1. Katun Untuk Kaos

katun selanjutnya adalah yang kegunaannya sebagai bahan kaos, sangat banyak sekali bahan kain katun yang bisa kamu gunakan terutama untuk kaos, baik yang menggunakan komposisi katun 100% maupun bahan kain katun campuran.

Toko Bahan Kaos Knitto menyediakan berbagai macam jenis bahan katun yang bisa kamu gunakan sebagai bahan kaos dengan kualitas premium, kira-kira bahan apa saja yang bisa kamu gunakan?

  • Cotton Carded

Salah satu bahan yang saat ini sedang naik daun lagi namanya adalah kain Cotton Carded. Bahan yang dibuat dari 100% serat kapas ini digunakan sebagai bahan kaos yang juga seringnya sebagai bahan alternatif terutama jika kamu mau membuat kaos katun dengan harga yang affordable

Kain ini kami sebut hampir mirip dengan bahan Combed, tekstur kainnya pun masih terhitung lembut, warna kainnya yang bagus dan tentu daya serap kainnya yang bagus juga bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu menggunakan kain ini.

  • Cotton Combed 

Bahan kain katun Combed sebagai bahan kaos sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya ya, apalagi kain ini banyak dijual di pasaran, sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan bahan baku kaos ini.

Tapi apakah semua penjual bahan Combed menyediakan bahan yang premium? Belum tentu, tetapi Knitto menjamin bahwa bahan Cotton Combed yang tersedia disini berkualitas premium. Kami menyediakan 5 jenis ketebalan seperti Cotton Combed 16s, 18s, 20, 24, dan 30s. Warna yang kami sediakan juga sangat beragam sehingga kamu memiliki kebebasan untuk menggunakan 100 warna yang sudah tersedia di Toko Bahan Kaos Knitto.

  • Cotton Bamboo

Seperti yang sudah kami katakan, bukan hanya bahan kain katun yang dibuat dari 100% serat kapas saja yang tersedia di Knitto dan di pasaran, ada juga yang menggunakan serat campuran. Salah satunya adalah kain Cotton Bamboo, kain yang dibuat dari campuran 30% serat Cotton dan 70% serat Bamboo. 

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh bahan ini, salah satunya adanya kandungan anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-bau yang aman untuk anak-anak maupun orang dewasa yang mempunyai kulit sensitif.

  • Cotton Modal

Pilihan lain yang bisa kamu gunakan sebagai bahan kain katun campuran selanjutnya adalah kain Cotton Modal atau TENCEL™ Modal Blended with Cotton, yang tersedia di Knitto Textiles, bahan ini termasuk ke dalam kategori bahan premium . Bahan ini dibuat oleh Lenzing, sebuah perusahaan dari Austria. Lenzing, merupakan perusahaan yang memproduksi serat viscose, serat modal, serat lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri tekstil tentunya untuk pakaian.

Apa saja ya keunggulan dari Bahan TENCEL™ Modal Blended with Cotton yang ada di Knitto sampai dikategorikan sebagai bahan premium?

Baca disini: Kenapa Harus Menggunakan Bahan Tencel Modal Untuk Kaos? 

  1. Bahan Kain Katun Untuk Polo Shirt

Bahan yang selalu digunakan untuk membuat polo shirt atau kaos wangki adalah bahan Pique, bahan kain katun Pique yang ada di Knitto berbeda dengan yang ada di pasaran karena kami menggunakan serat Cotton Combed dan berkualitas premium. Polo shirt yang dibuat menggunakan bahan Cotton Combed Pique dari Knitto sudah pasti berkualitas, lembut dan halus, menyerap keringat dengan baik, terasa adem saat digunakan dan pastinya tahan lama. 

  1. Bahan Kain Katun Untuk Jaket

Jaket adalah salah satu essential fashion item dimana sangat berguna melindungi kamu dari udara dingin. Jaket pun beragam jenisnya, ada sweater, hoodie, pull-over, dan berbagai jenis jaket lainnya. Bahan kain yang bisa kamu gunakan untuk membuat jaket adalah Fleece dan Baby Terry, meskipun kamu bisa menggunakan jenis bahan lain, tapi kedua bahan ini yang paling sering digunakan untuk membuat jaket seperti hoodie, atau sweater.

  • Bahan Cotton Combed Fleece

Bahan Fleece adalah kain tebal yang mempunyai dua permukaan yang berbeda antara bagian luar dan dalamnya, ketika kamu perhatikan bagian luar kain ini, tampak seperti kain single pada umumnya tetapi saat kamu perhatikan bagian dalam kainnya terdapat bulu halus tebal. 

Bahan kain katun Fleece yang ada di Knitto menggunakan serat Cotton Combed sehingga lebih premium, hangat, halus dan lembut, cocok digunakan kapan saja. 

Mau cek koleksi bahan Fleece yang ada di Knitto? Klik disini.

  • Bahan Cotton Combed Baby Terry

Bahan Baby Terry mempunyai sedikit perbedaan dari segi tekstur pada bagian dalam kain dan ketebalannya, tetapi dari segi bahan dasar nya sama-sama menggunakan serat Cotton Combed sehingga kualitasnya sama-sama premium.

Bahan Terry merupakan salah satu jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat sweater, jaket, hoodie. Bahan Baby Terry mempunyai permukaan luar selayaknya bahan kaos biasa. Sedangkan bagian dalam pada bahan Baby Terry mempunyai struktur berbentuk kumpulan “loop”.

Jadi itu dia jenis-jenis bahan kain katun yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu, memang banyak juga ya jenis kain yang ada di pasaran, maka dari itu sebagai pengguna tidak ada salahnya untuk kamu belajar tentang berbagai jenis kain ini.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini