Ketahui Ukuran Baju Dari Kecil Sampai Besar

0
5/5 - Vote count: 30 votes

Ketahui Ukuran Baju Dari Kecil Sampai Besar – Setiap orang mempunyai ukuran tubuh masing-masing, makanya kenapa ketika kita membeli baju pasti terdapat beberapa jenis ukuran yang berbeda, ukuran baju dari kecil sampai besar yang sudah disesuaikan dengan standar ukuran tubuh setiap manusia dan diambil rata-rata ukurannya.

Beberapa brand bisa jadi menggunakan ukuran yang sama tapi boleh jadi ada brand tertentu yang memang membuat ukuran standarnya tersendiri.

ukuran baju dari kecil sampai besar yang sering kamu jumpai di beberapa brand baju bisa jadi menggunakan penamaan ukuran yang sama dan juga ada yang berbeda. Seperti brand A yang menggunakan Alpha Sizing, dan brand B yang menggunakan Numeric Sizing.

Kamu sudah tahu ukuran baju dari kecil sampai besar itu apa saja dari segi Alpha Sizing atau Letter Sizing? Juga ukuran baju dari besar ke kecil dari Numeric Sizing? Kali ini jenis-jenis ukuran baju dari besar ke kecil ini akan coba Minto bahas pada artikel ini ya. Yuk simak sama-sama artikel ini sampai habis ya.

Berbagai Ukuran Baju Dari Kecil Sampai Besar

Sejarah Sistem Pengukuran Pakaian

Dahulu, bagaimana orang berpakaian tentu berbeda dengan saat ini, penjahit pun membuat pakaian dengan cara yang lebih sederhana, pakaian dibuat memang identik ukurannya untuk satu pengguna saja, alias penjahit akan mengukur ukuran tubuh si pengguna terlebih dulu sebelum akhirnya dibuat pakaiannya.

Lalu sampailah pada abad pertengahan tepatnya tahun 1589 ukuran secara universal ditemukan oleh seorang penjahit sekaligus ahli matematika dari Spanyol yaitu Juan de Alcega.

Produksi pakaian siap pakai untuk semua orang dimulai pada akhir abad ke-19, hal ini pun berkaitan dengan kebutuhan baju seragam  perang terdahulu yang membuat para pembuat baju berpikir keras dan akhirnya berkembanglah sistem ukuran seluruh tubuh. Ukuran baju pria dan wanita umumnya didasarkan pada sistem yang berbeda. Baju pria ditentukan dalam ukuran tubuh, yang didasarkan pada ukuran dada. Untuk ukuran baju wanita diberikan dalam nomor kode yang sesuai dengan ukuran payudara, pinggang, pinggul, dan tinggi badan.

Apa itu Letter atau Alpha Sizing dan Numeric Sizing?

Alpha Sizing

Alpha Sizing atau Letter Sizing, jenis ukuran ini bermaksud kepada penggunaan huruf alphabet untuk menunjukan ukurannya, contohnya: 

  • XS: Extra Small
  • S: Small
  • M: Medium
  • L: Large
  • XL: Extra Large
  • XXL: Double Extra Large dan seterusnya. 

ukuran baju dari kecil sampai besar

Setiap ukuran baju dari kecil sampai besar ini tentunya sudah mencakup berbagai jenis ukuran tubuh manusia. Produsen pakaian di Indonesia kebanyakan menggunakan sistem ukuran ini. Alpha Sizing atau Letter Sizing biasanya memang digunakan untuk pakaian yang “stretchable” atau pakaian yang cukup lentur, contohnya seperti Kaos, Sweatshirt, Hoodie, dan Legging. Pakaian yang menggunakan alpha sizing memang terhitung lebih hemat dalam proses pembuatannya atau produksinya dibandingkan dengan pakaian yang menggunakan ukuran fix, selain itu barang yang dibutuhkan untuk produksi lainnya seperti penggunaan labelnya pun lebih sedikit, karena ketersediaan ukuran yang sedikit.

Perlu kamu tahu juga Knittopreneurs, jika pakaian yang menggunakan Alpha Sizing sebenarnya dapat mencakup ukuran tubuh manusia lebih luas lagi alias beberapa ukuran tubuh dari 1 jenis ukuran bajunya. Tapi ada sedikit resikonya yaitu ukuran yang memang tidak akan se fit-in pakaian dengan Numeric Sizing.

Numeric Sizing

Seperti namanya, ukuran pakaian dengan Numeric Sizing menggunakan angka sebagai penanda dari ukuran pakaiannya, contohnya: 0, 2, 4, 6, 7, 10, dst. Di beberapa negara pengukuran dengan Numeric Sizing juga banyak digunakan, tapi beberapa negara mempunyai rentang ukuran yang berbeda, contohnya seperti di Amerika yang menggunakan sistem pengukuran Numeric Sizing seperti 0, 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya. Berbeda dengan Eropa yang sama-sama menggunakan Numeric Sizing, hanya saja penggunaan angkanya lebih relevan dengan ukuran tubuh sebenarnya contoh: 34, 36, 38, 40, 42.

ukuran baju dari kecil sampai besar

Penggunaan Numeric Size biasanya lebih banyak untuk jenis-jenis pakaian formal dan pakaian-pakaian yang ukurannya pas atau Fit-In. Untuk membuat pakaian dengan menggunakan sistem pengukuran Numeric Size sebenarnya dibutuhkan biaya yang lebih besar karena jika membuat pakaian dalam numeric sizing yang lengkap setidaknya sekitar 8-10 ukuran harus dibuat sehingga, bahan baku serta perlengkapannya dibutuhkan lebih banyak lagi, jadi pastinya budget pun akan lebih besar.

Jangkauan ukuran pakaian dengan Numeric Sizing tidak begitu luas satu ukuran biasanya hanya bisa digunakan oleh beberapa ukuran tubuh sehingga akan adanya kemungkinan atau resiko kelebihan atau sisa stock dari setiap ukurannya.

All Size

Satu lagi jenis ukuran yang memang banyak juga digunakan oleh beberapa brand baju yang terkadang cukup membingungkan yaitu All Size. 

Ukuran allsize bukanlah sebuah pernyataan kalau semua ukuran ada, tapi yang dimaksud dengan All Size adalah ukuran rata-rata dari besar badan secara keseluruhan orang Indonesia. Dan ukuran rata-ratanya di antara ukuran M dan L. Terkadang ukuran all size juga bisa melebihi ukuran L dan bisa kurang dari ukuran M. Hal ini menunjukan bahwa ukuran all size merupakan ukuran yang tidak secara pasti panjang dan lebarnya. Meskipun ukuran All Size yang lebih sering dipakai itu adalah rata-rata dari ukuran M dan L tapi ukuran all size juga bisa untuk ukuran rata-rata S dan M atau ukuran L dan XL. 

Agar kamu tidak bingung dan salah dalam memilih pakaian dengan ukuran yang tepat, kamu bisa coba ikuti beberapa tips di bawah ini dalam memilih ukuran baju.

Tips Memilih Ukuran Baju Yang Tepat 

  • Ketahui bagaimana cara untuk mengukur badan dan bagian mana saja yang harus diukur, seperti lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, dll.
  • Jangan langsung percaya dengan ukuran pakaian yang tertera, sebaiknya kamu cari tahu ukuran secara detailnya.
  • Kalau kamu merasa pakaian ini tidak akan muat atau memang tidak terdapat ukuran pasti pada keterangan baju nya, sebaiknya jangan paksakan untuk membeli.
  • Cari tahu jenis bahan yang digunakan, apakah akan menimbulkan perubahan ukuran setelah di cuci atau tidak. 
  • Untuk mendapatkan ukuran terbaik memang sebaiknya baju tersebut kamu coba secara langsung, kecuali jika kamu membeli nya secara online. 
  • Pilih toko atau seller yang menerima untuk penukaran atau pengembalian barang jika seandainya baju tersebut ternyata tidak muat.

Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini bermanfaat ya. 

Baca Juga: Trik Menentukan Ukuran Baju Wanita Dengan Mudah

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur