Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis? – Halo Knittopreneurs! Jumpa lagi dalam artikel bulan ini, kali ini Minto akan bahas tentang serat lagi nih. Yup, Minto bakal bahas tentang serat alami dan serat sintetis, sesuai judul artikel kali ini.

Di masyarakat luas, serat alami memang dinilai lebih unggul dibanding serat sintetis. Kenapa? Karena serat alami memang memiliki daya serap yang lebih baik dibandingkan serat sintetis. Kain yang dihasilkan juga biasanya lebih sejuk dan adem. Tapi jangan salah, serat sintetis juga punya kelebihan juga lho. Yuk simak, dalam artikel ini Minto akan bahas serat mana yang lebih bagus.

Serat Alami untuk Komposisi Kain

Serat alami merupakan serat yang diambil dari alam. Bisa diambil dari tumbuhan maupun binatang. Salah satu contoh serat alami yang diambil dari tumbuhan adalah serat kapas, dan serat alami yang diambil dari binatang yaitu wol. Serat alami memiliki banyak sekali jenis. 

Serat alami terkenal akan kelebihannya yang mampu menyerap cairan dengan sangat baik karena memiliki daya serap yang baik. Selain itu, beberapa serat alami juga menguat ketika dalam keadaan basah. Serat alami juga dinilai lebih ramah lingkungan, karena dapat lebih mudah terurai dibandingkan serat sintetis.

Serat Sintetis untuk Komposisi Kain

Serat sintetis merupakan serat yang dibuat oleh manusia. Serat tersebut umumnya dibuat dari bahan kimia, seperti polyester yang merupakan serat sintetis yang cukup sering dipakai. Serat sintetis sama seperti serat alami, mempunyai banyak jenis. 

Serat sintetis terkenal akan kelebihannya yang lebih kuat dibanding serat alami. Karena serat sintetis merupakan serat buatan, serat sintetis dirancang untuk mengisi kekurangan dari serat alami. Maka dari itu serat sintetis lebih tahan lama dan kuat ketika terkena suhu yang tinggi. Selain itu, kain yang terbuat dari serat sintetis umumnya memiliki harga yang lebih ekonomis.

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

Menurut Minto, kedua serat tersebut punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tidak semua serat alami memiliki kualitas bagus dan tidak semua serat sintetis memiliki kualitas biasa saja. 

Perhatikan juga ya kain yang akan kamu gunakan. Jangan sampai salah pilih! Minto sarankan kamu belanja kebutuhan kain knittopreneurs di toko kain yang memang sudah terpercaya, seperti toko bahan kaos Knitto Textiles. Minto akan spill jenis kain dengan komposisi pure serat alami dan pure polyester. Yuk simak dibawah ini.

Rekomendasi Kain dengan Serat Alami

Kain dengan komposisi serat alami memang memiliki daya serap yang juara. Selain itu, bahan dengan serat alami nyaman digunakan dalam segala situasi karena bahannya lembut, halus,  sejuk, dan adem ketika digunakan. Berikut rekomendasi kain dengan pure serat alami yang tersedia di Knitto Textiles:

  • Cotton Combed

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

Cotton Combed merupakan kain yang biasa digunakan untuk bahan kaos. Terbuat dari 100% serat kapas yang telah melewati proses combing atau penyisiran. Cotton Combed punya karakteristik kain yang memiliki permukaan halus dan lembut, memiliki daya serap yang baik, serta sejuk dan adem ketika dipakai.

Tidak semua Cotton Combed memiliki kualitas yang bagus. Di Knitto Textiles Knittopreneurs dapat menemukan kain Cotton Combed berkualitas dengan variasi hingga 100 pilihan warna dalam 5 jenis ketebalan kain: 16s, 18s, 20s, 24s, 30s.

  • Cotton Carded

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

Cotton Carded merupakan kain yang sering dijadikan alternatif dari bahan Cotton Combed. Kain ini terbuat dari 100% serat kapas yang melewati proses carding atau penggarukan. Karena tidak melewati proses combing, kain ini tidak sehalus dan selembut Cotton Combed. 

Cotton Carded sering dijadikan sebagai alternatif Cotton Combed karena memiliki harga yang lebih ekonomis namun mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Knittopreneurs bisa menemukan Cotton Carded dengan kualitas yang baik hanya di Knitto Textiles. Cotton Carded Knitto Textiles tersedia dalam ketebalan 30s dan 24s, dengan pilihan hingga 22 varian warna.

Rekomendasi Kain dengan Serat Sintetis

Kain dengan komposisi serat sintetis memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama, tidak mudah rusak, dan tahan terhadap suhu panas. Kain dengan serat sintetis umumnya kurang nyaman digunakan karena kurang dapat menyerap cairan dengan baik. Namun di Knitto Textiles kamu bisa menemukan kain dengan serat sintetis yang mampu membuat tubuh bebas keringat dan mudah kering sehingga cocok digunakan untuk berolahraga. Berikut rekomendasi kain dengan serat sintetis yang tersedia di Knitto Textiles:

  • Polyester Activedry 

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

Polyester Activedry merupakan kain yang terbuat dari 100’% serat polyester. Walaupun terbuat dari serat polyester, kain ini nyaman dipakai untuk olahraga, mampu menyerap keringat dengan baik, dan cepat kering karena kain ini memang dirancang untuk kegiatan olahraga. Ciri dari kain ini adalah memiliki “ventilasi” berupa lubang pada permukaan kainnya.

Polyester Activedry memiliki 4 jenis motif yaitu: Evolt, Marton, Aero, dan Diamond. Saat ini, Polyester Activedry hanya tersedia dalam warna Putih Bluish, namun tak perlu sedih karena kain ini dapat kamu custom dengan sablon sublim atau printing kain sehingga cocok dijadikan seragam klub basket, futsal, bahkan e-sport sekalipun.

Selain untuk pakaian olahraga, Knitto Textiles menyediakan kain dengan komposisi 2 serat sintetis berbeda. Bahan ini cocok digunakan untuk bahan bawahan seperti celana kulot dan rok. Berikut rekomendasi kainnya:

  • Polyester Hera Rib Knit

Lebih Bagus Serat Alami atau Serat Sintetis?

Polyester Hera Rib Knit merupakan kain yang terbuat dari 2 jenis serat sintetis berbeda yaitu 97% serat Polyester dan 3% serat Spandex. Kain ini memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yang memiliki motif menyerupai rib. Kain ini juga sedikit elastis dan dapat melebar, mengingat kain ini punya kandungan spandex. 

Kain ini cocok dijadikan bahan bawahan seperti rok dan celana kulot. Namun tidak menutup kemungkinan, kain ini dapat dijadikan bahan dress dan blouse formal. Kain ini berbentuk open finish dengan setting kain 72”.

Nah, sekarang sudah paham kan tentang perbedaan serat alami dengan serat sintetis. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing, masing dan dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan ya. Pastikan kamu beli kain dengan kualitas terbaik hanya di Knitto Textiles!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur