6 Cara Mengukur Lingkar Tubuh dengan Akurat

0
5/5 - Vote count: 50 votes

6 Cara Mengukur Lingkar Tubuh dengan Akurat – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas cara mengukur lingkar tubuh dengan akurat. Mengukur lingkar tubuh adalah proses pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui ukuran lingkar dari berbagai bagian tubuh, seperti lingkar dada, pinggang, pinggul, lengan, dan lain-lain. Dengan mengukur tubuh sebelumnya, Knittopreneurs dapat lebih mudah memilih ukuran pakaian yang tepat, karena pakaian yang pas akan terasa lebih nyaman dan memberikan penampilan yang lebih baik.

Pengukuran lingkar tubuh biasanya dilakukan dengan cara melingkarkan meteran pita pada bagian tubuh yang ingin diukur. Ukuran lingkar tubuh dapat berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, mengukur lingkar tubuh dapat membantu Knittopreneurs sebelum membeli dan memilih pakaian yang tepat.

Cara Mengukur Lingkar Tubuh yang Akurat

6 Cara Mengukur Lingkar Tubuh dengan Akurat

  • Lingkar Dada

Ukuran lingkar dada merupakan salah satu yang terpenting untuk diukur karena dapat mempermudah Knittopreneurs untuk mengetahui ukuran baju yang tepat. Caranya adalah dengan melingkarkan meteran pita pada sekeliling dada melewati ketiak dan punggung dan ambil ukuran dada terlebar.

  • Lingkar Pinggang

Ukuran lingkar pinggang juga penting untuk mengetahui ukuran baju yang tepat khususnya untuk wanita yang ingin membeli pakaian fit body. Caranya dengan mengukur di sekitar bagian terkecil di pinggang (sekitar pusar). Bila sulit, Knittopreneurs bisa coba untuk menggunakan karet elastik kemudian diikat di bagian pinggang, otomatis karet elastik itu akan diam di bagian pinggang terkecil.

  • Lingkar Pinggul

Ukuran lingkar pinggul juga terkadang perlu diukur untuk memastikan baju pas di area pinggul. Ukur di area terlebar dari pinggul dengan cara melingkarkan meteran pita di bagian pinggul dan pastikan meteran yang melingkar bisa lewat hingga ke lutut (ambil ukuran terbesar).

  • Panjang Badan

Ukuran panjang badan membantu Knittopreneurs mengetahui apakah baju yang dipilih cocok dengan tinggi badan Knittopreneurs. Caranya dengan mengukur dari pangkal leher (ujung leher) hingga bagian daerah pinggul atau panjang pakaian yang Knittopreneurs inginkan.

  • Lingkar Lubang Lengan

Ukuran lingkar lubang lengan membantu menentukan apakah baju yang dipilih cocok dengan ukuran lengan Knittopreneurs. Caranya dengan melingkarkan meteran di sekeliling ketiak dan bahu.

  • Lebar Bahu

Ukuran lebar bahu penting untuk memastikan baju pas dan tidak kesempitan di bagian bahu. Ukur dari ujung tulang bahu satu sisi ke ujung tulang bahu yang lain secara lurus.

Tapi pada umumnya untuk membeli kaos yang pas Knittopreneurs hanya butuh mengukur bagian lingkar dada dan panjang badan. Lingkar badan dan panjang badan boleh dilebihkan 2-3 cm agar tidak terlalu sesak.

4 Alasan untuk Mengukur Tubuh Sebelum Beli Pakaian

Mengukur tubuh sebelum membeli pakaian sangat penting karena ukuran tubuh setiap orang berbeda-beda, bahkan pada orang yang memiliki berat badan dan tinggi yang sama sekalipun. Maka dari itu, penting untuk mengukur tubuh sebelum membeli pakaian.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Knittopreneurs perlu untuk mengukur tubuh sebelum membeli pakaian:

  • Mendapatkan Pakaian yang Sesuai 

Dengan mengukur tubuh sebelum membeli pakaian, Knittopreneurs bisa mengetahui ukuran tubuh dengan akurat dan mencari pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh sehingga pakaian yang dibeli pasti pas ketika dipakai dan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

  • Menghemat Waktu

Dengan mengukur tubuh sebelum membeli pakaian, Knittopreneurs bisa mengetahui ukuran tubuh dengan akurat dan mencari pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh tersebut. Hal ini akan membuat Knittopreneurs menghemat waktu dalam mencari pakaian yang sesuai sehingga Knittopreneurs tidak perlu mencoba banyak size pakaian dan menghabiskan waktu untuk cari size yang tepat.

Mengukur tubuh sebelum membeli pakaian bisa membantu Knittopreneurs menghemat waktu dan uang, dan menemukan size pakaian yang tepat dengan cepat. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk mengukur tubuh sebelum membeli pakaian.

Tips Membeli Size Pakaian yang Tepat

Nah tidak hanya mengukur badan, Knittopreneurs juga perlu memperhatikan detail lainnya. Minto akan bagikan tips membeli size pakaian tepat, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

  • Kenali Tipe Pakaian

Pastikan Knittoprenerus tahu jenis pakaian yang akan beli. Setiap jenis dan brand pakaian biasanya memiliki size chart yang berbeda-beda, seperti size chart untuk kaos, size chart untuk celana, size chart untuk jaket, dan lain-lain. Apalagi, bila siluetnya berbeda tentunya perlu dicocokkan kembali seperti kaos oversized, kaos slim fit, dan lain-lainnya.

  • Cocokkan Ukuran Tubuh dengan Size Chart

Setelah mengukur lingkar tubuh, cocokkan ukurannya dengan size chart. Pastikan ukurannya pas, Knittopreneurs boleh coba pakai pakaiannya terlebih dahulu bila berbelanja langsung di tokonya. Bila berbelanja secara online, perlu diingat biasa ada toleransi perbedaan ukuran dari size chart yang tertera sekitar 2 cm. 

  • Memahami Bentuk Tubuh

Nah penting juga untuk memahami bentuk tubuh Knittopreneurs. terdapat 5 jenis bentuk tubuh yaitu:

  • Tubuh Berbentuk Apel (Apple-shaped body) identik dengan bagian atas tubuh yang biasanya lebih besar dari bagian bawah tubuh.
  • Tubuh Berbentuk Pear (Pear-shaped body) identik dengan pinggul dan paha yang lebih besar daripada bagian atas tubuh.
  • Tubuh Berbentuk Jam Pasir (Hourglass-shaped body) identik dengan proporsi yang seimbang antara pinggang dan pinggul, dengan pinggang yang lebih kecil dari bagian atas dan bawah tubuh.
  • Tubuh Berbentuk Segitiga Terbalik (Inverted Triangle-shaped body) identik dengan bagian atas tubuh yang lebih besar daripada bagian bawah tubuh. 
  • Tubuh Berbentuk Silinder (Straight-shaped body) identik dengan proporsi yang seimbang antara bagian atas dan bawah tubuh.

Dengan memahami bentuk tubuh, Knittopreneurs bisa lebih mudah mencari pakaian yang cocok dengan bentuk tubuh.

Gimana, sekarang sudah paham kan cara ukur lingkar  tubuh dan cari pakaian yang tepat untuk diri sendiri? Semoga Knittopreneurs terbantu ya dengan artikel ini, untuk mencari style yang cocok Knittopreneurs tidak perlu takut untuk mencoba berbagai pakaian hingga menemukan style yang cocok. Sampai jumpa di artikel lain!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur