Macam-Macam Warna Hijau untuk Outfit yang Trendi, Beli Bahannya di Knitto Aja!

0
5/5 - Vote count: 54 votes

Macam-Macam Warna Hijau untuk Outfit yang Trendi, Beli Bahannya di Knitto Aja! – Halo Knittopreneurs! Setelah sebelumnya membahas macam-macam warna biru dan pilihannya yang bisa dibeli di Knitto, kali ini kita akan bergeser untuk membahas berbagai macam warna hijau.

10 Macam-Macam Warna Hijau Paling Populer untuk Fashion
10 Macam-Macam Warna Hijau Paling Populer untuk Fashion

Mulai dari arti dan filosofinya, palet dan kode warna hijau yang perlu kamu ketahui, hingga macam-macam warna hijau yang kerap dipakai pada desain dan fashion dan bagaimana mencocokkannya dengan warna kulit. Temukan semua pembahasannya di artikel ini!

Mengenal Lebih Dekat Warna Hijau

Sebagai salah satu warna yang paling gampang ditangkap mata, warna hijau memiliki kedudukan paling dominan di alam lepas. Rupanya, komponen dari warna RGB ini juga mempunyai nuansa yang beragam, dengan variasi kesan yang ditampilkan. 

Yuk kita kenali lebih dekat arti dan makna warna hijau!

Apa Arti Warna Hijau?

Pertama-tama, banyak dari macam-macam warna hijau yang mengingatkan Minto pada rumput yang hijau, daun yang rimbun, dan pepohonan. Kalau Knittopreneurs bagaimana? Sering melihat nuansa yang sama juga di alam terbuka? 

Rupanya, warna hijau lebih dominan di alam bukan tanpa alasan, Knittopreneurs. Warnanya menjadi refleksi dari chlorophyll, pigmen penting dalam proses fotosintesis yang membantu tanaman menyerap energi dari cahaya.

Dalam berbagai konteks, warna hijau kemudian mewakili ketenangan, perlindungan, dan harapan. Ini dikarenakan hijau memiliki frekuensi gelombang yang menenangkan mata, yang dapat mengurangi kelelahan dan membantu kita merasa lebih damai.

Untuk mengetahui makna warna hijau dengan lebih spesifik, kita harus mengetahui, apa itu filosofi warna hijau? Bagaimana hijau dipandang dari sisi psikologi warna?

Persepsi Hijau dari Sisi Psikologi Warna

Filosofi Warna Hijau
Filosofi Warna Hijau

Psikologi warna umumnya membahas tentang bagaimana warna tertentu mempengaruhi persepsi dan emosi, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Informasi ini bisa Knittopreneurs gunakan dalam menghadapi berbagai situasi, misalnya jika hendak menghadiri rapat bersama klien, menghadapi orang baru, atau pergi ke pertandingan yang membutuhkan strategi. 

Dilansir dari laman VeryWellMind, dalam psikologi warna, hijau sering dikaitkan dengan rasa aman dan relaksasi. Warna ini dikenal memiliki kekuatan unik untuk memberikan rasa tenang dan memberikan keseimbangan emosional. Efek yang sama biasa kita dapatkan dengan memandangi alam.

Selain itu, makna warna hijau dalam psikologi warna juga menyangkut pada pertumbuhan, pembaharuan, dan harapan. Dengan membawa esensi dari kehidupan baru dan kekuatan pemulihan alam, hijau mendorong perasaan optimisme dan pemulihan.

Tren Penggunaan Warna Hijau dalam Fashion

Tren Penggunaan Warna Hijau dalam Fashion
Tren Penggunaan Warna Hijau dalam Fashion

Dalam pemilihan pakaian, macam-macam warna hijau dapat membantu Knittopreneurs mendukung interaksi sosial yang positif. Minto akan coba bahas tren penggunaannya dalam tiga kategori ya, Knittopreneurs!

  • Untuk Kegiatan Sehari-Hari

Penggunaan warna hijau bisa membuat Knittopreneurs terlihat lebih fresh. Warna hijau pastel atau warna hijau mint sangat populer untuk menampilkan kesan yang segar dan ringan. Sedangkan pada kategori tua, seperti warna hijau olive atau warna hijau army memberikan kesan kasual namun tetap chic, cocok untuk jalan-jalan santai atau hangout bersama teman.

  • Dalam Acara Pesta

Warna hijau emerald dan warna hijau botol sering menjadi pilihan untuk terlihat mewah dan elegan. Gaun dengan palet warna hijau gelap ini bisa membuat pemakainya tampil menonjol. Aksesoris berwarna hijau zamrud juga dapat menambah pesona pada outfit Knittopreneurs, memberikan sentuhan akhir yang glamour.

  • Pada Lingkungan Kerja

Kesan profesional yang tidak terlalu “kaku” bisa hadir jika Knittopreneurs memilih warna hijau sage atau warna hijau pastel. Gunakan pada kemeja atau blus, yang kemudian dipadukan dengan celana atau rok berwarna netral. Secara keseluruhan, penggunaan macam-macam warna hijau ini tidak hanya menambah variasi warna, namun juga menciptakan kesan yang tenang dan fokus.

Baca Juga: Memahami Warna Kuning untuk Semua Skin Tone, Temukan yang Paling Pas untuk Kamu!

24 Macam-Macam Warna Hijau Berdasarkan Color Theory

24 Macam-Macam Warna Hijau dalam Color Theory
24 Macam-Macam Warna Hijau dalam Color Theory

Menurut laman graf1x.com, yang mengeluarkan palet warna hijau dengan dasar color theory, ada 24 nuansa warna hijau yang sering dipakai dalam desain. Minto coba bagi warna-warnanya menurut 3 (tiga) kategori, ya:

Macam-Macam Warna Hijau Tua

  • Forest: Hijau yang pekat dan cenderung gelap, seperti warna hijau hutan yang lebat. (HEX #0B6623)
  • Hunter: Hijau yang tradisional, sering terlihat pada pakaian klasik Inggris. (HEX #3F704D)
  • Jungle: Mirip dengan shade Forest, namun ditambah warna keruh abu yang tipis. Mengingatkan kita pada dedaunan hutan rimba yang lebat. (HEX #29AB87)
  • Pine (Pinus): Hijau gelap dan pekat yang mirip dengan warna hijau pada pohon cemara. (HEX #01796F)
  • Army: Hijau “suram” yang gelap, sering dipakai pada pakaian militer. (HEX #4B5320)
  • Russian: Warna hijau dengan rona abu-abu, tenang dan formal. (HEX #679267)
  • Sacramento: Dinamakan dengan inspirasi sebuah sungai terkenal, hijau gelap dengan rona abu-abu. (HEX #043927)
  • Paris: Warna hijau yang memiliki nuansa elegan, seperti kota Paris. (HEX #3C3B32)

Macam-Macam Warna Hijau Muda

  • Lime: Hijau cerah, seperti lemon yang segar. (HEX #C7EA46)
  • Mint: Hijau segar yang populer dengan sedikit biru. (HEX #98FF98)
  • Fern: Hijau terang, seperti daun pakis yang cerah. (HEX #4F7942)
  • Moss: Hijau yang lebih terang dengan rona kuning, seperti lumut lembut di bawah sinar matahari. (HEX #8A9A5B)
  • Tea: Hijau muda yang redup seperti daun teh, lekat dengan nuansa tenang. (HEX #D0F0C0)
  • Emerald: Hijau yang cerah dan berani seperti batu zamrud. (HEX #50C878)
  • Sea: Hijau dengan undertone biru, mencerminkan warna laut. (HEX #2E8B57)
  • Kelly: Hijau terang dan murni dengan nuansa ceria. (HEX #4CBB17)

Macam-Macam Warna Hijau Pucat (Nude / Pale Green)

  • Sage: Hijau keabu-abuan yang elegan. (HEX #9DC183)
  • Olive: Hijau dengan nuansa coklat yang organik. (HEX #708238)
  • Laurel: Hijau pucat dengan sentuhan hangat dari rona kuning. (HEX #A9BA9D)
  • Uniform: Hijau netral, sering terlihat pada seragam di buku sejarah. (HEX #444C38)
  • Neon: Meskipun cerah, masuk kategori warna pastel yang lembut dan tidak mencolok. (HEX #39FF14)
  • Persian: Hijau dengan sedikit abu-abu, punya kesan halus dan berkelas. (HEX #00A572)

Tiga kategori ini patokannya tidak selalu sama, bisa berubah-ubah tergantung faktor cahaya, persentase campuran warna, juga level saturasi yang digunakan. Jika Knittopreneurs melihat sumber lain, kemungkinan kode warna hijau yang sama dinamai berbeda pun ada. Jadi, bisa disesuaikan dengan keperluan ya!

Baca Juga: Perpaduan Warna Ungu Dengan Warna Lain Pada Outfit, Buat Tampilan Lebih Elegan

10 Macam-Macam Warna Hijau yang Hits untuk Outfit

10 Macam-Macam Warna Hijau yang Hits untuk Outfit
10 Macam-Macam Warna Hijau yang Hits untuk Outfit

Dari banyaknya pilihan macam-macam warna hijau yang ada, tidak semuanya bertahan sebagai tren mode. Minto sudah mengumpulkan 10 (sepuluh) pilihan yang bisa Knittopreneurs coba pakai sebagai outfit sehari-hari dan formal:

Warna Hijau Sage

Pilihan pertama ada warna sage, baju dengan warna ini sempat sangat viral, dipakai oleh berbagai artis dan influencer di Hari Raya. Sejatinya, warna ini sering dikaitkan dengan kesan elegan yang tetap sederhana. Selain itu, hijau sage sangat cocok dipadukan dengan warna-warna netral seperti baju warna beige atau warna pastel yang lembut. 

Warna Hijau Tosca

Hijau tosca yang cerah terkadang sering juga disebut sebagai warna hijau wardah, atau warna hijau telur asin. Rekomendasi yang satu ini sering menjadi pilihan para selebritis di red carpet, karena memberikan kontras yang menarik dengan kulit serta menonjolkan detail pakaian. Cocok dipasangkan dengan warna putih atau hitam untuk menciptakan tampilan yang berani dan segar.

Warna Hijau Mint

Hijau mint adalah pilihan populer untuk pakaian yang dipakai saat siang hari, atau digunakan sebagai baju formal, misalnya blus kerja dan gaun pesta pernikahan. Jika Knittopreneurs menjadi pemerhati dunia mode, mungkin sering melihat figur-figur terkenal memadukannya dengan aksesori perak atau emas, menciptakan tampilan yang harmonis. Misalnya seperti Kendall Jenner, yang sering terlihat mengenakan hijau mint dalam pilihan street style.

Warna Hijau Metalik

Warna ini menawarkan sentuhan modern dan futuristik. Macam-macam warna hijau metalik pun cukup banyak, seperti warna hijau emerald dan hijau candy tone. Hijau metalik sering muncul dalam acara fashion week dan dipakai oleh para artis di panggung, seperti Billie Eilish, yang dikenal berani dalam eksperimen fashionnya.

Warna Hijau Tua

Elegan dan klasik, berbagai macam warna hijau tua sering terlihat dalam koleksi desainer mewah. Hijau tua merupakan pilihan yang sangat ideal untuk pakaian kerja dan blazer. Warna ini juga sering dipilih oleh anggota keluarga kerajaan, seperti Kate Middleton, untuk acara-acara formal di publik.

Warna Hijau Pastel

Tren warna pastel tidak pernah pudar, dan hijau pastel sering terlihat dalam pakaian kasual hingga gaun-gaun elegan di musim semi. Warna ini sering dikombinasikan dengan warna krem atau putih untuk menciptakan tampilan yang lembut dan feminin, seperti yang sering dipilih oleh Gigi Hadid.

Warna Hijau Lemon 

Warna hijau lemon lekat dengan kesan yang segar dan alami, sering terlihat pada koleksi-koleksi fashion yang eco-friendly. Warna ini dapat dipadankan dengan pilihan-pilihan warna earth tone untuk menciptakan tampilan yang terinspirasi dari alam.

Warna Hijau Lumut

Hijau lumut membawa kehangatan dan kedalaman pada setiap outfit, sering dipadukan dengan warna mustard atau coklat untuk tampilan yang menenangkan. Jika Knittopreneurs merupakan seorang fans dari Emma Stone, mungkin sering melihat pakaian-pakaian berwarna hijau lumut yang memberikan kesan vintage dengan sentuhan modern.

Warna Hijau Daun

Mirip dengan warna mint, hijau daun adalah warna hijau yang menyegarkan. Warna ini bagus bila dipadukan dengan warna-warna terang lainnya seperti kuning atau biru langit untuk tampilan yang ceria. Knittopreneurs juga bisa menggunakannya pada aksesoris-aksesoris kecil seperti scarf, pita, dan tas untuk membuat tampilan terlihat lebih ceria.

Warna Hijau Olive

Hijau olive adalah warna serbaguna yang cocok untuk pakaian kasual maupun kerja. Knittopreneurs bisa memadukannya dengan hitam atau denim untuk tampilan yang rapi namun tetap santai.

Untuk mendapatkan tampilan yang terbaik, Knittopreneurs bisa mempertimbangkan kombinasi warna-warna ini dalam berbagai pakaian. Hijau sage dan hijau pastel bisa dipadukan dengan warna krem atau putih untuk tampilan yang lembut dan feminin, cocok untuk pesta siang atau kencan. 

Jika ingin dipakai untuk pergi ke kantor, macam-macam warna hijau seperti hijau olive dan hijau daun dapat dipasangkan dengan warna netral seperti abu-abu atau navy untuk kesan profesional yang kuat. Sedangkan hijau metalik dan hijau tua dapat dipilih untuk acara yang lebih formal atau ketika Knittopreneurs ingin menampilkan gaya yang mewah.

Baca Juga: Padu Padan Outfit Warna Pink Kamu dengan Kombinasi Ini, Dijamin Cocok!

Tips Memilih Warna Hijau Berdasarkan Skin Tone

Tips Memilih Warna Hijau yang Cocok dengan Skin Tone
Tips Memilih Warna Hijau yang Cocok dengan Skin Tone

Warna hijau masuk pada kategori warna ‘dingin’ yang lebih cocok dengan cool undertone. Namun, sebagaimana kita tahu bahwa perbedaan mendasar antara undertone dan skin tone, ada macam-macam warna hijau yang bisa disesuaikan dengan warna kulit (skin tone) Knittopreneurs:

Skin Tone Cerah (Fair / Light)

Untuk Knittopreneurs dengan skin tone cerah, warna hijau yang masuk pada kategori pastel bisa terlihat cantik saat dipakai. Contohnya seperti warna hijau mint dan hijau sage, yang memberikan kontras lembut di kulit. Hindari hijau yang terlalu neon atau terang karena ini bisa membuat kulit terlihat pucat.

Skin Tone Sawo Matang (Medium)

Warna hijau zamrud (emerald) dan hijau tosca bisa terlihat sempurna di warna kulit ini. Atau pilih nuansa hijau dengan sedikit rona kuning, seperti hijau lemon, yang dapat menonjolkan undertone hangat pada kulit medium.

Skin Tone Gelap (Beige / Tan)

Saran Minto, gunakan warna hijau yang “berani.” Seperti hijau metalik atau hijau botol, atau warna-warna terang seperti hijau neon yang bisa menciptakan kontras yang menarik.

Bagi Knittopreneurs yang memiliki warm undertone, hijau dengan rona kuning akan cocok di kulit. Sementara untuk cool undertone, macam-macam warna hijau dengan sedikit biru mungkin lebih sesuai.

Baca Juga: Macam Macam Warna Ungu di Knitto Textiles, Pilih Favoritmu!

Koleksi Warna Hijau Milik Knitto Textile

Koleksi Warna Hijau Cotton Combed 30s Milik Knitto
Koleksi Warna Hijau Cotton Combed 30s Milik Knitto

Untuk memenuhi semua kebutuhan Knittopreneurs, Knitto hadir dengan 100 warna lebih di koleksi Cotton Combed 30s, dan bahan-bahan lainnya yang juga menyediakan macam-macam warna hijau. 

Lebih tepatnya, untuk macam-macam warna hijau, tersedia pilihan-pilihan berikut:

  • Hijau Pucuk
  • Hijau Fuji
  • Hijau Botol
  • Hijau Mint
  • Hijau TNI
  • Electric Lime
  • Army Green
  • Hijau Botol Special
  • Cactus Green
  • Olive Green
  • Mineral Green
  • Stone Green
  • Dark Olive
  • Sage Green
  • Seafoam Green

Knittopreneurs bisa menggunakan fitur search di website utama Knitto untuk mencari macam-macam warna hijau yang diinginkan. Tidak perlu khawatir akan kemungkinan perbedaan warna yang jauh, karena hasil produksi di pabrik sendiri milik Knitto membuat hasil warna antar lot lebih stabil. 

Baca Juga: Mengenal Warna Grey, Warna Netral yang Sederhana Dan Menciptakan Ketenangan

Pada kesimpulannya, setiap nuansa di palet warna hijau memiliki kemampuan untuk mempengaruhi suasana hati dan persepsi secara berbeda. Lalu, ingatlah bahwa setiap macam-macam warna hijau memiliki keunikan tersendiri dan dapat diadaptasi sesuai dengan gaya pribadi Knittopreneurs. 

Semoga artikel ini dapat membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]