Mengapa Kaos bisa Berbulu?

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Mengapa Kaos bisa Berbulu ? – Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, ada beberapa kaos yang permukaannya menjadi berbulu. Kenapa ya bisa begitu? Ternyata, permukaan kaos berbulu merupakan hal yang sangat umum dan wajar terjadi. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kualitas kain, adanya gesekan berlebihan, menggunakan kaos sebagai pakaian tidur, dan lainnya.

Tahukah Anda, bahwa pakaian dengan serat renggang lebih mudah berubah menjadi berbulu? Pakaian dengan serat yang lebih rapat terbukti lebih tidak mudah berbulu. Kaos yang sudah berbulu, lama kelamaan berpotensi pilling. Lalu bagaimana cara merawat kaos agar tidak mudah berbulu?

Mengapa Kaos bisa Berbulu?

Faktor Penyebab Permukaan Kaos Menjadi Berbulu

Jika Anda tidak mau kaos Anda mudah berbulu, hindari menggunakan kaos tersebut sebagai pakaian tidur. Saat tidur, kaos akan bergesekan dengan ranjang dan barang lainnya dan berpotensi melar dan merenggang hingga serat menjadi berbulu. Selain Berbulu, kaos yang dipakai tidur berpotensi melar. Pencucian menggunakan mesin cuci terus menerus dan penggunaan suhu setrika yang tinggi juga dapat membuat kaos berbulu. 

Cara Mencegah Permukaan Kaos Menjadi Berbulu

Dengan membalikkan kaos sebelum mencuci, dapat mengurangi gesekan pada permukaan luar kaos. Perhatikan penggunaan suhu dan merendam terlalu lama karena dapat merusak struktur kain dan membuatnya berbulu. Suhu air yang terlalu panas dapat membuat struktur kain merenggang, struktur kain yang renggang memperbesar potensi pakaian berbulu.  Saat penjemuran, hindari menjemur kaos tepat di bawah sinar matahari. Perhatikan pula penggunaan gantungan, pastikan ukuran gantungan pas dan cocok dengan kaos Anda agar tidak memelar dan berbulu. 

Kesimpulan

Jadi, kaos berbulu dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pakaian Berbulu tidak selalu disebabkan oleh kualitas kain. Walau menggunakan material yang berkualitas, jika tidak dirawat sebagai semestinya, tak hanya kaos semua pakaian akan berpotensi rusak dan berbulu. Bila kaos sudah terlanjur berbulu, cucilah kaos tersebut menggunakan tangan agar meminimalisir bulu yang semakin banyak. Hindari menggunakan deterjen bubuk agar tidak terlalu bergesekkan dengan kain. Bila ingin menggunakan deterjen bubuk, larutkan deterjen bubuk dalam air sebelum dicampur dengan kaos. Jika terdapat kotoran yang terjerat dalam bulu-bulu, Anda dapat membersihkannya menggunakan lint roller. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda merawat kaos kesayangan Anda dan memperpanjang masa penggunaanya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur