Mengapa Kaos Putih Menguning? Ini Solusinya!

0
5/5 - Vote count: 100 votes

Mengapa Kaos Putih Menguning? Ini Solusinya! – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu fenomena yang kemungkinan besar dari kalian pernah mengalaminya, yaitu kaos putih yang berubah menjadi menguning. Minto sendiri pernah mengalaminya. Lalu kenapa ya kaos atau pakaian kita bisa menguning? Berikut ini adalah alasan kenapa kaos putih bisa menguning.

Kaos Putih
Kaos Putih

Alasan Kaos Putih Bisa Menguning

Kaos putih memiliki warna yang muda sehingga tidak aneh juga kalau kaos berwarna putih menguning karena akan terlihat lebih kentara dibanding warna-warna lain. Ada beberapa alasan mengapa bisa menguning, Minto akan bantu jawab di bawah ini:

  • Perubahan Warna Serat Kain Karena Keringat 

Serat kain dapat berubah seiring perjalanan waktu dan frekuensi pemakaian. Serat kain dapat berubah jadi kekuningan karena terpapar bahan kimia atau bahkan keringat kita sendiri. 

Keringat manusia mengandung garam, asam lemak, dan urea yang dapat merusak serat kapas pada kaos putih dan menyebabkan penguningan pada seratnya. Apabila kaos tidak rutin dicuci, zat-zat yang terkandung dalam keringat akan menempel pada serat kain kaos tersebut dan menyebabkan noda yang dapat membuat serat menguning.

  • Menggunakan Detergen dan Pemutih yang Kurang Sesuai

Serat kain juga dapat menguning karena Knittopreneurs salah pilih deterjen atau menggunakan pemutih yang komposisinya terlalu keras. Terlalu sering menggunakan pemutih malah bisa membuat serat kain putih menjadi kekuningan bahkan jadi rusak.

Pemutih pakaian dapat membuat kaos putih menjadi menguning bila digunakan secara tidak tepat atau terlalu sering. Beberapa jenis pemutih pakaian mengandung bahan kimia seperti klorin, hidrogen peroksida, atau bahan pemutih oksigen dapat merusak serat kapas pada kaos putih dan menyebabkan penguningan. Selain itu, jika kaos putih yang diberi pemutih tidak dicuci terlalu bersih dan menyisakan residu pemutih pada serat kaos, maka ini juga dapat menyebabkan kaos putih menjadi menguning. 

Pemutih pakaian dapat membantu menjaga kecerahan dan keputihan kaos putih bila dipakai sesuai aturan. Minto sarankan untuk membaca instruksi penggunaan pemutih dan mengikuti petunjuk dosis dan penggunaannya. Selain itu, jangan gunakan pemutih pakaian terlalu sering atau pada suhu air yang terlalu panas karena ini dapat merusak serat kapas dan menyebabkan penguningan pada kaos putih.

  • Perawatan Kaos yang Kurang Sesuai

Selain itu, kaos juga perlu dirawat agar awet dan tahan lama.Mulai dari pemilihan suhu air saat mencuci, proses penjemurannya, proses penyetrikaannya, dan proses penyimpanannya. Agar kain kaos putih tidak mudah menguning, hindari untuk mencuci menggunakan air yang terlalu panas (terlebih lagi bila disertai dengan penggunaan pemutih), menjemur tepat di bawah sinar terik matahari, menyetrika menggunakan suhu panas, dan menyimpan kaos di lemari yang lembab.

Tips Merawat Kaos Putih Agar Awet

Untuk menjaga kaos putih tetap bersih dan tidak cepat menguning, Minto akan kasih tips merawat kaos warna putih agar tetap awet! berikut adalah tipsnya:

  • Memahami Label Perawatan

Setiap kaos memiliki label perawatan yang tertera pada bagian dalamnya. Knittopreneurs jangan lupa untuk membaca label tersebut dan mengikuti petunjuk perawatan yang tertera.

  • Memisahkan Kaos Berdasarkan Warna

Knittopreneurs perlu memisahkan kaos putih dengan kaos berwarna agar tidak terjadi warna kaos yang gelap luntur ke kaos warna muda seperti kaos putih saat dicuci. Perlu diingat, warna gelap seperti hitam, merah, biru, biasanya berpotensi luntur sehingga saat pencucian pertama lebih baik dicuci sendiri atau dicuci dengan kaos warna senada.

  • Gunakan Deterjen yang Tidak Terlalu Keras

Gunakan deterjen yang sesuai untuk kaos, hindari menggunakan deterjen yang terlalu keras dan penggunaan pemutih yang terlalu kuat. Gunakan jumlah deterjen yang tepat dan jangan terlalu banyak.

  • Jangan Terlalu Sering Dicuci

Hindari mencuci kaos terlalu sering, karena hal ini dapat mempercepat serat cepat rusak. Cuci kaos dengan menggunakan suhu air normal dan hindari mencuci menggunakan air panas karena dapat mempercepat kerusakan serat kain.

  • Hindari menyetrika dengan suhu terlalu panas

Pastikan untuk menyetrika kaos pada suhu rendah atau tidak terlalu panas untuk menghindari kerusakan pada serat kapas pada kaos atau perubahan pada warna kaos.

  • Simpan Kaos dengan Baik

Hindari menyimpan kaos di tempat yang lembab atau panas, karena hal ini dapat membuat kain kaos menjadi lembab sehingga tumbuh jamur dan penguningan pada warna kaos.

3 Jenis Warna Putih yang Tersedia di Knitto Textiles

Di Knitto Textiles, Knittopreneurs bisa menemukan 3 jenis warna putih. Warna putih yang tersedia di Knitto Textiles adalah putih netral, putih bluish, dan broken white. 

Putih netral merupakan warna putih bersih yang netral, sesuai dengan namanya. Warna putihnya tidak condong ke warm tone maupun cool tone. Putih bluish memiliki warna yang cenderung ke cool tone, sekilas terlihat seperti memiliki warna kebiruan. Sedangkan broken white terlihat seperti warna putih yang lebih ke arah warm tone dan sekilas terlihat memiliki warna cream.

Berikut adalah perbandingan 3 warnanya:

perbandingan warna putih

Selain warna putih, Knitto Textiles juga menyediakan banyak warna menarik, bahkan Knitto Textiles menyediakan hingga 100 pilihan warna dalam 6 jenis ketebalan kain Cotton Combed.

Untuk Knittopreneurs yang sedang cari bahan kaos berkualitas, yuk cobain kain Knitto Textiles sekarang juga! Kain-kain di Knitto Textiles dibuat oleh pabrik sendiri sehingga kualitasnya pasti terjaga. Untuk melihat katalog warna kain Knittopreneurs bisa mengunjungi website Knitto Textiles di www.knitto.co.id. See you in another article!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur