Mengenal Berbagai Jenis Kain Dryfit Untuk Kaos Olahraga

0
5/5 - Vote count: 4 votes

Berbagai jenis pakaian olahraga dapat dibuat menggunakan jenis bahan yang berbeda-beda juga, ada produsen baju olahraga yang fokus untuk membuat produk pakaian atau kaos olahraganya dari bahan katun, ada pula yang lebih memilih menggunakan kain dryfit untuk kaos olahraganya.

kain dryfit

Jika kamu adalah salah satu produsen kaos yang lebih senang menggunakan kain dryfit untuk kaos olahraganya, lalu jenis kain dryfit apa yang sering kamu gunakan? Apakah dari beberapa jenis kain dryfit yang akan Minto jelaskan ini, salah satunya sering kamu gunakan?

Untuk kamu juga yang mungkin belum pernah menggunakan bahan ini sebelumnya, simak artikel ini ya untuk mendapatkan penjelasan tentang kain dryfit dan jenis-jenis kainnya yang bisa kamu coba gunakan.

Apa Itu Kain Dryfit?

Kain yang juga dikenal atau disebut juga dengan nama bahan dry fit (dri fit), merupakan bahan yang dibuat dari serat mikro atau bisa juga dibuat dari campuran serat Spandex, Polyester dan Nilon.

Kain dryfit ini utamanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos olahraga, tidak seperti bahan kaos pada umumnya, kain ini memiliki corak rajut yang berbeda-beda dari setiap jenisnya, dan pilihannya pun cukup banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Dryfit

Kelebihan DryFit

  • Kain Dryfit mempunyai karakteristik yang lentur, sehingga tidak heran jika kain ini cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk membuat baju olahraga. Karena dibutuhkan bahan yang nyaman dan lentur untuk baju olahraga agar tidak mengurangi fleksibilitas tubuh saat bergerak.
  • Keunggulan selanjutnya adalah, bahan dry fit juga cepat kering, cocok untuk aktivitas berolahraga yang membuat tubuh berkeringat dan bisa membuat baju cepat basah juga. Kain ini juga tidak akan memberikan rasa panas saat digunakan.
  • Kain ini juga cukup tebal, dan bahan yang cukup awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Keunggulan yang terakhir adalah, bahan ini mempunyai corak berbentuk pori-pori yang cukup besar, yang mana pori-pori atau lubang kecil pada kain ini berfungsi untuk mengalirkan suhu panas dari tubuh atau membantu proses penguapan panas dari tubuh, itulah alasan mengapa kain ini tidak terasa panas ketika digunakan.
  • Kain untuk baju olahraga ini juga tidak mudah kusut, dan penyimpanannya sangat mudah.

kain dryfit

Kekurangan Dryfit

Dibalik keunggulan kainnya, terdapat juga beberapa kekurangan dari bahan dry fit ini.

  • Usahakan untuk mencuci kain dry fit ini secara manual, karena kondisi kain yang mempunyai pori-pori pada permukaan kainnya tidak memungkinkan baju dari bahan dri fit dicuci menggunakan mesin. Jika dipaksakan khawatir baju atau kain akan cepat rusak.
  • Kain ini ternyata cukup sulit untuk disablon, dan alasannya pun sama seperti poin yang pertama karena pori-pori pada permukaan kainnya. Permukaan kain yang berpori-pori ini membuat kain sulit untuk disablon, maka dari itu jika kaos ingin di sablon kamu harus memastikan vendor yang mengerjakan sudah ahli dan hasilnya maksimal.

Setiap jenis kain pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya tersendiri, sama halnya dengan bahan dryfit ini. 

Jenis-Jenis Kain Dryfit 

Setelah mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari bahan dryfit, sekarang Minto akan memberikan beberapa jenis bahan dry fit yang bisa kamu coba untuk membuat baju atau kaos olahraga.

  • Jenis Bahan Dry Fit Mfiit

Jenis bahan dry fit yang pertama adalah Mtiis, jenis bahan dry fit ini bisa dikatakan sebagai salah satu dry fit dengan kualitas yang terbaik. Corak kainnya berbentuk zig-zag terlihat jelas pada permukaan kainnya. 

  • Jenis Bahan Dri Fit Polymesh

Kain ini dikenal juga dengan nama Dry Fit Wafel, mungkin karena bentuk dari corak kainnya yang hampir mirip seperti waffle cake. Karakteristik dari kain dry fit ini elastis, dan terasa cukup adem saat digunakan, dan sudah pasti nyaman. Kain ini sering sekali digunakan untuk membuat jersey olahraga sepak bola, basket, dan lain sebagainya.

  • Jenis Bahan Dry Fit MU

Kain dry fit ini sangat ringan saat digunakan sangat pas untuk pakaian olahraga, secara ketika berolahraga tubuh kita akan sangat banyak bergerak dibutuhkan pakaian yang nyaman untuk melakukan aktifitas olahraga.

  • Jenis Bahan Dry Fit Jala Erbin

Yang selanjutnya adalah, kain dry fit Jala Erbin yang mana pada permukaannya terdapat lubang-lubang kecil atau seperti pori-pori yang bentuknya menyerupai lubang jarum. Banyak yang menyarankan kain ini sebagai bahan untuk membuat jersey olahraga dan kegiatan outdoor.

  • Jenis Bahan Dry Fit Wave

Jenis bahan dryfit ini mempunyai corak yang berbentuk seperti ombak atau bergelombang, makanya kenapa kain ini dinamakan jenis bahan drifit Wave. Jenis dry fit ini juga cukup istimewa karena terdapat anti UV pada kainnya, pastinya kain ini lebih nyaman dan aman.

Tahukah kamu selain menggunakan kain dryfit, ada beberapa jenis bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat kaos olahraga, dan kain tersebut tersedia di Knitto Textiles. Beberapa jenis kainnya adalah sebagai berikut.

Polyester Activedry

Bahan yang sangat wajib kamu coba dari Knitto sebagai bahan untuk kaos olahraga adalah kain Polyester Activedry. Kain ini dibuat dari 100% serat Polyester dengan ciri pori-pori pada permukaan kainnya, sekilas mungkin hampir sama seperti bahan dri-fit tetapi sebenarnya jika kamu perhatikan lagi, kainnya mempunyai corak rajut atau pori-pori yang berbeda.

Terdapat 4 jenis corak Polyester Activedry yang tersedia di Knitto, dan semua jenis kainnya sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan membuat kaos olahraga.

  • Polyester Activedry Evolt: tekstur kainnya memang mempunyai corak dot pada permukaan luarnya. Corak kainnya ini juga akan membuat kain menjadi lebih adem, dan memperlancar sirkulasi udara nya juga
  • Polyester Activedry Marton: Berbeda dengan jenis polyester sebelumnya, karena pori-pori pada bagian luarnya yang berbentuk oval atau lebih memanjang. 
  • Polyester Activedry Diamond: Jenis yang ketiga adalah kain Polyester yang mana pori-pori pada permukaan kainnya membentuk corak Diamond. 
  • Polyester Activedry Aero: yang terakhir dan juga merupakan yang terbaru dari kain Polyester Activedry adalah Aero, kain ini memiliki pori-pori pada permukaan kain yang membentuk corak Zig Zag.

Semua kain ini memang dibuat dari bahan 100% Polyester, tetapi tahukah kamu jika semua kain ini dapat menyerap keringat dengan sangat baik, bahkan daya serapnya sangat cepat, dalam hitungan detik saja, dan kami juga sudah mencobanya sendiri, memang terbukti kecepatan daya serap dari kain ini, bukan kaleng-kaleng. Jadi kamu tidak perlu ragu apalagi khawatir untuk menggunakan kain ini, kenyamanan, tekstur dan karakteristik kainnya sangat bagus untuk kaos olahraga yang berkualitas.

Baca Juga: Bahan Terbaik untuk Pakaian Olahraga

Minto rasa informasi tentang kain dryfit dan juga jenis kain untuk kaos olahraga dari Knitto Textiles sudah cukup, semoga apa yang Minto sampaikan pada artikel ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur