Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit – Hai Knittopreneurs! Kembali lagi dengan Minto disini. Dalam artikel kali ini Minto akan bahas apa sih sebenarnya kain knit atau rajut dan ada apa saja jenis-jenisnya. Yuk kita belajar bersama tentang apa itu kain knit atau rajut dan ada apa saja jenis-jenisnya.

Apa itu Kain Knit atau Rajut?

Kain knit atau rajut merupakan kain yang terbentuk dari jalinan benang yang saling berkaitan. Kain knit sendiri dapat dibuat secara manual maupun mesin lho. Dari teknik rajutnya saja terdapat dua jenis teknik warp knitting. 

Warp knitting merupakan teknik membuat kain yang identik dengan cirinya yaitu kainnya elastis ke arah panjangnya (melar ke atas dan bawah) dan biasanya menghasilkan kain yang lebih kaku. Contoh hasil kain knit yang menggunakan warp knitting adalah kain knit Tricot dan Rashel.

Weft knitting merupakan teknik membuat kain yang identik dengan cirinya yaitu kainnya elastis ke arah lebar (melar ke kiri dan kanan), hasil kainnya juga lebih elastis dan memiliki lebih banyak jenis kain dibanding warp knitting. Contoh hasil knit yang menggunakan weft knitting adalah kain Jersey, Pique, Baby Terry, dan lainnya.

Kain knit memiliki banyak sekali variasi jenis kainnya, sama seperti kain woven atau tenun. Jenis-jenis kain knit dapat tercipta dari perbedaan dan variasi teknik rajut, benang yang digunakan, dan faktor lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Kain Weft Knit 

Minto pernah nih dapat pertanyaan “Minto saya sudah beli katalog Knitto kok gak ada kain knit?”. Beberapa dari kamu pasti berpendapat kalau kain knit merupakan kain yang biasa digunakan untuk bahan cardigan atau pakaian lainnya yang biasa menggunakan benang yang besar sehingga motif rajutnya kelihatan. Memang betul, pakaian seperti cardigan, jaket, dan lainnya tersebut menggunakan kain knit, namun kain tersebut diproduksi dengan teknik rajut yang berbeda sehingga klasifikasinya berbeda. Nah sekarang Minto akan kasih tahu beberapa jenis-jenis kain knit yang populer di pasaran.

  • Flat Knit atau Jersey Knit

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Jenis kain rajut ini identik dengan permukaannya yang rata, memiliki motif vertikal pada bagian depan dan horizontal pada bagian belakangnya (single knit) dan motif yang depan dan belakangnya sama (double knit). Biasanya kain jersey ini diproduksi menggunakan mesin dan menggunakan benang yang lebih kecil sehingga motif rajut yang dihasilkan juga lebih kecil. Jenis kain ini biasanya dipakai untuk bahan kaos, dress, dan lain-lainnya. 

Kain jenis ini tersedia lho di Knitto Textiles. Kain yang tersedia yaitu Cotton Combed, Cotton Carded, Cotton Bamboo, dan lainnya. Mayoritas kain di Knitto Textiles merupakan hasil dari tipe jersey single knit menggunakan mesin circular, sehingga hasil kainnya menyarung atau tubular.

 

  • Rib Knit

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Jenis kain rajut ini menghasilkan motif yang sama pada bagian depan dan belakangnya. Rib knit memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yang terlihat memiliki motif garis-garis. Biasanya kain rib digunakan untuk bagian aksesoris seperti untuk kerah kaos, bawahan sweater dan lengan sweater, dan lainnya. 

Rib knit juga tersedia di Knitto Textiles. Knitto Textiles menyediakan aksesoris pelengkap untuk bahan kaos dan jaket seperti rib dan bur. Bur memiliki ketebalan yang lebih tebal dibanding rib.

  • Pique Knit atau Lacoste Knit

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Jenis kain rajut Pique yang juga dikenal sebagai Lacoste identik dengan permukaan kainnya yang memiliki pori-pori sesuai corak rajutnya. Kain ini sering sekali digunakan untuk bahan kaos polo shirt. Namun seiring perkembangan zaman, bahan Pique ini juga bisa dijadikan kemeja, baju koko, bahkan kaos lho!

Kain jenis ini tersedia lho di Knitto Textiles. Knitto Textiles menyediakan 2 jenis kain Pique yaitu CVC Pique Hexagon dan Cotton Combed Pique Diamond. Knitto Textiles juga menyediakan aksesoris untuk kaos polo berupa kerah dan mansetnya juga lho.

  • Terry Knit

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Jenis kain rajut ini memiliki ciri loop dibagian belakang kainnya. Kain Terry Knit mempunyai permukaan yang lembut, halus, dan nyaman digunakan sebagai bahan pakaian penghangat seperti jaket, jumper, dan dapat juga dipakai sebagai bahan celana sweatpants panjang maupun pendek.

Kain jenis ini tersedia di Knitto Textiles. Knitto Textiles menyediakan kain Baby Terry dengan 2 jenis lebar yang berbeda yaitu 36” dan 45” dengan 34 variasi warna yang menarik.

  • Fleece Knit  

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Jenis kain rajut ini sekilas memiliki tampilan yang serupa dengan Terry knit, hanya saja Fleece knit memiliki tampilan bagian belakang yang berbeda. Tidak seperti Terry knit, Fleece knit mempunyai bagian belakang yang menyerupai bulu-bulu halus. Sama seperti Terry knit, Fleece knit digunakan sebagai bahan pakaian penghangat seperti jaket, jumper, bahkan selimut sekalipun.

Kain jenis ini tersedia di Knitto Textiles. Berdasarkan komposisi seratnya, terdapat 2 jenis kain fleece yang berbeda di Knitto Textiles yaitu CVC Fleece dan Cotton Combed Fleece. Namun Cotton Combed Fleece memiliki 2 jenis ketebalan yaitu Cotton Combed Fleece biasa dan Heavy Cotton Combed Fleece.

  • Cardigan Knit

Jenis kain rajut ini merupakan variasi dari rib knit, namun kainnya lebih tebal dan berat. Cardigan knit menghasilkan 2 jenis kain yaitu Half Cardigan atau Royal Rib dan Full Cardigan atau Polka Rib. Kain ini bisa digunakan untuk bahan cardigan, jaket, pakaian bayi, sweater, dan lainnya.

Sayangnya kain knit jenis Cardigan knit ini belum tersedia di Knitto Textiles ya.

  • Cable Knit

Jenis kain rajut ini merupakan kain yang memiliki ciri khas pada motif kainnya yang terlihat sangat jelas seperti motif kepangan. Namun jenis kain ini tidak terlalu fleksibel seperti kain knit lainnya. Motif dari Cable knit juga sangat beragam, diantaranya adalah simple cable, horseshoes cable, plait cable, slip cross cable, dan cable and aran diamond. Jenis kain ini umumnya digunakan untuk bahan sweater, jaket, cardigan, jumper, topi kupluk, selimut, dan lain-lain.

Sama seperti Cardigan Knit, Cable Knit belum tersedia di Knitto Textiles. 

Terdapat berbagai jenis kain knit lainnya dengan corak seperti Tricot knit, Raschel knit, Velour knit, Jacquard knit, Pointelle knit, dan jenis knit lainnya yang Minto tidak jelaskan di artikel ini karena bahan-bahan knit tersebut sayangnya belum tersedia di Knitto Textiles.

Kesimpulan

Nah gimana, sekarang sudah paham kan perbedaan kain knit? Jenis kain knit di atas hanya beberapa kain knit yang cukup populer, dan masih ada banyak sekali jenis-jenis lainnya.

Mengenal Berbagai Jenis Kain Knit

Intinya, Knitto Textiles kebanyakan menyediakan kain knit atau rajut jenis Jersey knit, Pique knit, Terry knit, dan Fleece beserta aksesorisnya berupa rib, bur, kerah, dan manset. Knitto Textiles juga menyediakan berbagai kain knit berbahan dasar pure polyester yang cocok dipakai olahraga, pakaian formal, bahkan celana. Untuk bahan knit yang lain, sayangnya belum tersedia di Knitto Textiles ya.

Yuk penuhi kebutuhan bahan kaos, jaket, dan polo shirt dengan membeli bahan baku berkualitas hanya di Knitto Textiles!

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur