Mengenal Teknik Sablon Foiling

0
Rate this post

Sablon merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan daya tarik kaos. Tahukah Anda, melengkapi tampilan kaos dengan berbagai teknik seperti sablon dan printing dapat menaikan daya tarik sehingga kaos semakin menarik dan dapat dijual lebih mahal. Bagi pengusaha kaos, tentu teknik sablon sudah tidak asing lagi. Contoh jenis sablon yang paling sering digunakan untuk menyablon kaos antara lain sablon rubber, sablon plastisol, dan sablon DTG. Untuk sebagian produsen, teknik sablon foiling mungkin masih jarang terdengar. Sebenarnya apa itu teknik sablon foiling?

Mengenal Teknik Sablon Foiling

Sablon foiling adalah teknik sablon yang identik dengan hasil akhir mengkilap dan umumnya dengan aksen warna emas atau perak. Proses sablon foiling menggunakan kertas foil yang direkatkan menggunakan lem khusus foiling yang dicetak ke kaos menggunakan screen. Proses foiling ini memiliki berbagai variasi teknik sebagai berikut.

Table of Contents

Variasi Teknik Sablon Foiling

  1. Teknik Foiling Warna Cerah

Teknik foiling dengan warna cerah merupakan teknik foiling yang paling sering dipakai. Hasil akhir efek mengkilap dan cerah. Triknya adalah cukup  lakukan proses press satu kali saja.

  1. Teknik Foiling Distress

Teknik foiling ini identik dengan hasil foiling yang mengkerut. Teknik ini dapat dicapai dengan meremas kertas foil tersebut untuk menciptakan efek kerutan. setelah itu, gunakan kertas foiling tersebut untuk menciptakan hasil foiling distress.

  1. Teknik Foiling Luster

Teknik foiling luster identik dengan hasil akhir yang tidak terlalu mengkilap. Teknik ini memerlukan kertas tissue atau kertas teflon pada saat proses pressing menggunakan heat press. Jangan lupa untuk menambahkan durasi waktu sedikit pada saat proses pressing.

  1. Teknik Foiling Multicolour

Teknik foiling multicolor merupakan teknik foiling yang menggunakan berbagai  warna foil yang berbeda-beda sehingga terciptanya foil multicolor atau multi-warna. Meskipun umumnya foiling identik dengan warna emas dan perak, kertas foil memiliki variasi warna lainnya. 

Sekian informasi seputar teknik sablon foiling, semoga dengan adanya penjelasan seputar teknik sablon foiling dapat membantu Anda mengembangkan dan memahami teknik-teknik sablon kaos.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur