10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap

0
4.7/5 - Vote count: 109 votes

10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap – Kaos mempunyai beragam jenis dan model, dari dulu sampai sekarang kaos terus berevolusi menjadi semakin menarik.

Tidak hanya dari segi bentuknya saja, dulu di awal kemunculannya kaos hanya berbentuk sederhana dengan kerah “O” dan warna yang standar juga tanpa variasi atau hanya polos saja.

Model Kaos
Model Kaos

Semakin berkembangnya zaman, bentuk, variasi dan bahan untuk kaos pun semakin beragam. Ada yang mempunyai variasi pada warna, bentuk, sampai ke variasi sablon dan gambar-gambar atau tulisan yang menarik. 

Apa Itu Kaos?

Apa itu kaos? Kaos adalah sejenis pakaian yang didesain untuk digunakan sehari-hari yang bisa menutupi tubuh Anda dengan nyaman, melindungi dari debu atau sinar matahari.

Kaos bisa digunakan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan dan dari semua kalangan usia juga, tidak hanya dewasa dan remaja, anak-anak juga bisa ikut menggunakan jenis pakaian ini. 

Dari dulu sampai sekarang kaos adalah salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh semua orang, selain karena nyaman untuk digunakan dalam kegiatan dan kondisi apapun, mudah untuk didapatkan dan fungsi kaos pun bukan hanya untuk dipakai untuk bersantai dirumah saja atau untuk tidur, kaos juga bisa digunakan ketika bepergian atau pada saat acara formal asalkan dipadupadankan dengan blazer atau jas. 

Jenis – Jenis Model Kaos Berdasarkan Bahannya

Kaos sebenarnya cukup beragam jenis nya, tetapi yang banyak digunakan untuk sehari hari hanya beberapa saja. Jika dilihat dari segi jenis bahannya, ada beberapa yang memang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Dari jenis bahannya pun Anda bisa mengklasifikasi kualitas dari kaos tersebut. Misalkan Anda membeli kaos dengan bahan Combed maka bisa dikatakan kaos yang Anda beli merupakan kaos dengan kualitas bagus atau seperti standarnya kaos distro. 

Lalu jika Anda membeli kaos yang menggunakan bahan-bahan seperti Cotton Bamboo, Cotton Modal dan U.S. Pima Cotton maka kaos tersebut mempunyai kualitas premium atau kualitasnya sangat baik dan kami yakin harga kaos yang ditawarkan pun pasti lebih mahal dari kaos biasa.

Selain dua jenis kaos dengan bahan-bahan tersebut, masih ada juga jenis kaos dengan bahan lain seperti kaos dengan bahan Carded. Kaos dengan bahan ini biasanya harga nya cukup terjangkau dan kaos Carded juga sering digunakan sebagai alternatif lain jika Anda membutuhkan kaos dengan kualitas yang cukup tetapi harganya lebih murah dari bahan Combed.

Selain itu, ada juga kaos-kaos yang mempunyai harga lebih terjangkau dari bahan-bahan yang sudah kami sebutkan diatas yaitu kaos bahan CVC, TC dan Polyester.

Kaos dengan bahan tersebut biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau, biasanya digunakan untuk keperluan kaos-kaos gathering, kaos promosi atau kaos partai.

Kualitas dari kaos dengan 3 bahan ini biasanya tidak sebaik bahan Combed karena komposisi atau kandungan dari bahannya pun berbeda sehingga membuat kualitas dari kaos ini pun menjadi berbeda. 

Model – Model Kaos Yang Ada Di Pasaran

Tidak hanya jenis-jenis kaos yang dibedakan dari bahannya saja, kaos pun bisa Anda bedakan melalui model atau bentuknya.

Semakin hari model dari kaos semakin beragam sekali ya, tidak hanya bentuk standar dengan kerah “O” saja, sekarang sudah banyak sekali model-model kaos yang lebih beragam dan kreatif yang diciptakan oleh para pengusaha kaos.

Mulai dari model kerahnya sampai ke variasi yang ada pada kaosnya juga. Berikut ini adalah jenis model-model kaos yang mungkin perlu Anda ketahui juga terutama jika Anda akan memulai berbisnis kaos

1. Model Kaos O-Neck

Salah satu model kaos standar yang sudah ada sejak dulu adalah jenis kaos dengan model kerah “O” Neck atau sering disebut juga dengan sebutan kaos polos biasa.

Kaos O-Neck mempunyai bentuk leher berbentuk O atau bulat seperti biasa.

Tapi kaos O-Neck pun bisa divariasikan bentuk kerahnya atau lebih lebar yang disengaja. Jika dilihat bentuk bagian leher kaosnya menyerupai oval.

Untuk membentuk leher, pada kaos biasanya digunakan aksesoris tambahan atau disebut dengan Rib. Apakah semua kaos harus menggunakan Rib?

Biasanya memang semua kaos itu dibuat dengan menggunakan aksesoris tambahan atau Rib tersebut, tapi kembali lagi kepada selera dan kreativitas Anda. Karena ada juga kaos dengan model O-neck yang tidak menggunakan Rib pada bagian leher kaosnya atau sering disebut juga dengan nama self-fabric t-shirt. 

2. Model Kaos V-Neck

Asal usul nama kaos V-neck ini tentu berasal dari bentuk atau potongan dari kerah kaosnya. Bisa dikatakan kaos dengan model V-Neck ini termasuk kedalam jenis kaos unik karena leher kaosnya berbentuk “V”. Kaos dengan model kerah “V” ini biasanya diasumsikan hanya bisa digunakan oleh perempuan saja, tapi sebenarnya kaum laki-laki pun bisa menggunakan kaos dengan model ini. 

3. Model Kaos Y-Neck / Henley

10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap

Image source: https://store.womostore.com/

Kaos dengan model kerah “Y” ini sebenarnya jika diperhatikan mempunyai kemiripan dengan kaos V-Neck. Hanya saja yang membedakan adalah pada kaos Y-Neck terdapat tambahan kancing sebagai aksesoris juga. Kaos dengan model Y-Neck ini juga sering disebut dengan nama kaos Henley. 

4. Model Kaos Turtleneck

10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap

Image source: https://www.rosegal.com/

Model kaos yang selanjutnya ini adalah kaos Turtle Neck, turtle neck adalah model kaos yang hampir mempunyai jenis atau bentuk kerah yang hampir sama dengan O-Neck yang berbentuk bulat. Pembedanya adalah kerah yang dimiliki turtleneck lebih tinggi bisa sampai menutupi leher ke pangkal kerongkongan. Di beberapa negara kaos ini disebut dengan nama yang berbeda. Di Inggris jenis kaos ini disebut dengan sebutan polo neck dan roll neck. Untuk area Amerika dan Kanada kebanyakan orang menyebutkan pakaian ini Turtleneck sama seperti di Indonesia juga. Berbeda jika Anda datang ke Australia dan New Zealand, baju atau kaos dengan jenis ini disebut Skivvy.

5. Model Kaos Polo

Model kaos ini adalah salah satu jenis kaos yang juga sudah lama hadir di dunia fashion sebagai pelengkap fashion sehari-hari. Kaos polo berbeda dengan kaos polos atau kaos-kaos yang sudah disebutkan diatas karena bagian leher yang dimiliki oleh kaos polo tidak menggunakan Rib, hanya saja menggunakan jenis kerah yang cukup tebal dan keras. Bentuknya menyerupai kerah untuk kemeja. 

Kaos polo dapat digunakan oleh siapa saja baik anak-anak, remaja maupun dewasa. untuk perempuan maupun untuk laki-laki. Jenis pakaian ini bisa Anda gunakan saat acara formal-semi formal dan untuk santai sehari-hari juga sangat cocok 

6. Model Kaos Polos Built UP

Kaos built up atau sering disebut juga dengan nama kaos Bodysize, yang artinya kaos ini tidak memiliki jahitan pinggir dan ukurannya sudah sesuai dengan ukuran badan. Bahan yang digunakan memang sudah berukuran pasti sesuai dengan ukuran baju pada umumnya. Berbeda dengan kaos-kaos yang menggunakan jenis setting bahan tubular yang bisa dibuat dalam size apapun

7. Model Kaos Oversize

10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap

Image source: https://www.prettylittlething.us/

Jika diperhatikan pada bagian potongan badannya dan jenis kerahnya kaos ini sama saja seperti kaos pada umumnya, tapi ada perbedaan yang terletak pada panjang kaos dan ukurannya. Pada ukuran kaos ini memang sengaja dibuat lebih besar dari ukuran seharusnya maka dari itu disebut dengan nama kaos oversized. Kaos dengan model ini juga mempunyai panjang kaos yang berbeda dan lebih panjang dari seharusnya. Kaos-kaos seperti ini sudah banyak digunakan oleh kaum laki-laki dan perempuan millenial sebagai pilihan gaya sehari-hari

8. Model Ringer Shirt

10 Jenis Model Kaos Terbaik Masa Kini Lengkap

Image source: https://shop.id.deuscustoms.com/

Ringer shirt juga termasuk ke dalam jenis kaos distro yang memiliki kombinasi warna menarik. Ciri paling khas yang membedakan ringer shirt dengan kaos lainnya yaitu model kaos yang satu ini memiliki bagian warna yang berbeda yang biasanya terletak pada area lengan dan kerah. Dan bukan hanya bagian leher saja yang ditambahkan Rib pada bagian lengan pun sering kali ditambahkan Rib sebagai variasi dengan warna yang berbeda tadi. 

9. Model Kaos Pocket Tee

Pocket tee sebenarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis kaos standar yang memiliki kesamaan bentuk dengan kaos polos biasa. Hal utama yang membedakan pocket tee dan kaos oblong pada umumnya adalah pocket tee ini biasanya selalu diberi tambahan saku kecil pada bagian dada sebelah kiri sesuai dengan nama nya

10. Model Kaos Raglan

Kaos raglan ini adalah salah satu favoritnya anak muda masa kini. Kaos raglan adalah jenis kaos yang mempunyai bentuk leher O-neck dengan kombinasi warna pada bagian lengan dan badan kaosnya secara sengaja yang menjadi ciri khas dari kaos ini.

Kaos raglan ini umumnya dibuat dengan panjang atau long-sleeve, atau bisa juga divariasikan dengan lengan agak pendek mulai dari 3/4 (half sleeve) atau sekitar 75% dari panjang kaos lengan panjang. Selain itu, ada juga variasi kaos raglan dengan full lengan pendek. Kaos raglan bisa juga divariasikan pada warna di lengan dan badan, atau Anda bisa membuat dengan sedikit corak agar menambah keunikan pada kaosnya

Tips Memilih Kaos Yang Tepat

Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana menambah koleksi kaos Anda, pastikan untuk mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk mendapatkan kaos yang berkualitas dan nyaman saat digunakan.

1. Bahan Kaos

Dalam memilih kaos, jangan hanya melihat gambar atau warna pada kaosnya yang bagus atau harga nya yang murah, tapi pastikan jika bahan yang digunakan kaos tersebut memang berkualitas bagus dan tidak sembarangan. Jika ingin mendapatkan kaos yang nyaman digunakan dan tahan lama, pilihlah kaos dengan bahan katun seperti Cotton Combed atau Anda pun bisa menggunakan bahan yang lebih bagus lagi seperti Cotton Bamboo atau Cotton Modal. Sifat dari katun akan membuat kaos jadi lebih mudah dicuci dan menyerap udara

2. Ukuran Kaos

Untuk memberikan kesan yang menarik dan seimbang pada penampilan Anda sebaiknya pilih ukuran kaos yang pas di badan, dalam artian tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran kaos yang tepat paling tidak harus memenuhi tiga syarat berikut: 

  1. Sambungan pada bahu berada pas di sudut bahu, tidak jatuh, tapi juga tidak berada diatas bahu.
  2. Lengan kaos yang pas berada di tengah antara bahu dan siku, jika menyentuh siku berarti terlalu panjang atau kebesaran. Jika sangat pendek maka bagian ketiak Anda akan terlihat.
  3. Bagian akhir bawah kaos harus menutupi pinggang, namun tidak sampai menyamai panjang lengan di samping.

3. Jahitan Kaos

Sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah pakaian, unsur jahitan bisa sangat menentukan kualitas dan juga harga baju kaos. Kaos yang berkualitas paling tidak harus memiliki bentuk jahitan yang rapi, kuat, dan tidak terputus. Dan juga kaos yang baik akan mempunyai beberapa karakter jahitan seperti yang ada di bawah ini

  • Jahitan kaos yang rapi biasanya memiliki jarak yang sempit dan rapat sehingga jahitannya tidak mudah terlepas saat dikenakan.
  • Kerapian jahitan kaos juga bisa dilihat dari bentuk jahitannya yang mempunyai jarak sama, konstan, dan stabil sehingga tidak akan meregang secara berlebihan ketika ditarik.
  • Jahitan kaos yang berkualitas mestinya juga memiliki sambungan lengan atau bagian body yang sangat presisi, membentuk persilangan garis (+).
  • Jahitan kaos akan menjadi lebih kuat dan tahan lama jika bagian pundak dan leher kaos disambung dengan pola jahitan rantai.
  • Lebar sambungan kaos juga menjadi penentu kualitas jahitan kaos. Semakin kecil ukuran sambungan pada bagian dalam kaos, maka semakin baik dan rapi pula kaos yang dihasilkan.
  • Kaos yang berkualitas baik umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi. Semakin rapat jahitan obrasnya maka jahitan kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  • Bagian leher kaos yang berkualitas biasa dilengkapi dengan menggunakan Rib yang dibuat dari bahan pilihan berkualitas tinggi dan dijahit dengan cara disambung dengan jahitan bis yang rapi.
  • Kualitas jahitan yang baik umumnya tidak memiliki sisa benang pada ujung jahitan. Pasalnya sisa-sisa benang pada ujung jahitan yang tidak dibersihkan berpotensi untuk melepaskan jahitan karena benang dapat terurai dengan bebas.

4. Sablon Kaos

Jika pada kaos yang Anda pilih terdapat variasi sablon maka pastikan kualitas sablonnya bagus dan rapi. Pastikan sablonan yang terdapat pada kaosnya kuat. Untuk menguji kuat tidaknya sablonan pada kaos anda bisa mencoba sedikit menggosok permukaan kaos yang disablon. Bila permukaan kaos yang disablon tampak sedikit pecah biasanya sablon tersebut kurang begitu awet.

Semoga beberapa poin diatas bisa membantu Anda mendapatkan kaos yang berkualitas baik dan bisa tahan lama. Karena yang paling terpenting dari membeli kaos adalah ketahanan kaos tersebut sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap nyaman saat digunakan. Untuk mendapatkan kaos yang seperti itu, Anda harus memilih bahan yang berkualitas juga tentunya karena bahan kaos juga tetap menentukan apakah kaos Anda akan tetap awet dan nyaman digunakan atau tidak 

Semoga ulasan kami tentang model kaos, dan bahan-bahannya ini bermanfaat untuk Anda ya. Terima kasih sudah membaca artikel dari blog kami juga terus gunakan bahan-bahan kaos dari toko kami yang ada di Bandung dan Yogyakarta

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

 

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur