5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

0
4.9/5 - Vote count: 74 votes

Perbedaan combed vs carded yang wajib sekali Anda ketahui untuk memudahkan Anda dalam memilih bahan kaos sebelum memulai produksi dan bisnis kaos polos. kami memeberikan 5 perbedaan yang bisa membantu Anda. Dalam menentukan bahan yang tepat untuk memproduksi kaos, produsen harus mengetahui perbedaan dari masing-masing bahan kaos. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang perbedaan antara “Cotton Combed” dan “Cotton Carded”.

perbedaan combed vs carded

Cotton Combed adalah jenis kain yang menggunakan benang combed dan komposisi nya 100% cotton atau kapas. Untuk mendapatkan benang combed, kapas diolah melalui proses comb atau disisir menggunakan mesin combing. Karena proses pembuatan benangnya disisir atau comb, maka hasil benang yang didapatkan menjadi lebih lembut. Dan kain yang didapatkan lebih halus dan dan rata.

Kain Combed juga memiliki struktur benang yang lebih rata, lebih tidak berbulu dan berbiji sehingga kualitas nya sangat baik. Di Toko Kain Mulia Abadi, kami hanya menjual kain Combed Premium Grade A dengan kualitas terbaik, sehingga kualitas kain di toko kami tidak perlu diragukan lagi.

Lalu dari mana nama Combed itu berasal?

Nama Combed sendiri diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu Mesin Combing. Di Indonesia sendiri Kain Combed sering disebut Combad karena pengejaan nya yang hampir sama, tapi pengejaan yang benar adalah Combed.

Perbedaan Jenis-jenis Cotton Combed

Cotton Combed 20s

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

Cotton Combed 20s merupakan bahan kaos 100% serat cotton dengan ketebalan 20s (single knit) dan gramasi nya adalah 190-200gsm, 20s adalah tingkat keteblan kain yang paling tebal yang ada di toko kami.

Cotton Combed 24s

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

Sedangkan Cotton Combed 24s merupakan bahan kaos 100% serat cotton dengan ketebalan yang sedang atau 24s dan gramasi nya adalah 175-185gsm, kain ini merupakan kain single knitt

Cotton Combed 30s

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

Cotton Combed 30s adalah bahan kaos yang paling banyak dicari oleh orang banyak terutama para pengrajin kaos atau produsen kaos, karena banyak yang mengatakan bahwa kain Combed 30s adalah kain untuk kaos standar distro. Ketebalannya adalah 30s dan lebih tipis dibandingkan dengan Combed 24s atau Combed 20s. Gramasi nya adalah 140-150gsm dan merupakan single knit

Bahan Carded

perbedaan combed vs carded

Cotton Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisi nya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Berbeda dengan Combed, untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding. Pengambilan nama Carded pun sama-sama diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu mesin Carding. Hasil kain yang menggunakan benang carded berbeda dengan combed, perbedaan nya adalah kain cenderung lebih kasar, memiliki bintik putih, cenderung lebih berbulu dan berbiji. Dari segi kualitas, memang kain Carded dibawah kain Combed akan tetapi harga nya lebih murah.

Perbedaan Bahan Cotton Combed vs Bahan Carded

Setelah Anda mengetahui penjelasan dari masing-masing kain, sekarang saatnya Anda mengetahui 5 perbedaannya sebelum memilih kedua bahan Cotton ini, apa saja perbedaannya?

1.  Perbedaan Kualitas Bahan Cotton Combed vs Bahan Carded

Kualitas Cotton Combed

Cotton Combed mempunyai kualitas yang lebih baik daripada bahan carded sebenarnya, mengapa? Proses pembuatan kainnya yang menjadikan bahan Combed lebih baik kualitasnya, seperti yang sudah kami jelaskan untuk mendapatkan kain Combed serat cotton melalui beberapa proses salah satunya di sisir atau (combed) pada mesin combing dan melalui proses tersebut kain yang dihasilkan menjadi lebih lembut, halus, tidak ada biji kapas dan pastinya lebih nyaman saat digunakan

Kualitas Bahan Carded

Kain dengan kualitas menengah dengan harga yang lebih terjangkau yang juga menggunakan bahan 100% serat cotton. Namun perlu diakui kualitas dari bahan carded tidak lebih bagus dibandingkan dengan bahan cotton combed, mengapa? Proses pembuatan kain carded hanya sampai di tahap di garuk atau carding pada mesin carding. Hasilnya bisa Anda rasakan sendiri, kainnya tidak terlalu lembut seperti Combed malah cenderung lebih kasar, masih meninggalkan biji dan menjadi sedikit lebih berbulu.

2. Kerataan Benang bahan Cotton Combed vs Bahan Carded

Kerataan benang yang dimiliki bahan Cotton Combed lebih baik dibandingkan dengan bahan Carded. Kerataan benangnya akan lebih jelas jika dilihat dibawah sinar matahari. Faktor yang membuat kain combed lebih rata adalah proses pembuatannya bahan Cotton Combed sudah melalui proses penyisiran pada saat pembuatannya, ini yang membuat kain Combed lebih rata daripada bahan carded yang hanya melalui proses penggarukan saja

3. Perbedaan Tekstur bahan Cotton Combed vs Bahan Carded

Tekstur Bahan Cotton Combed

Tekstur bahan Combed jelas lebih lembut dan halus yang memberikan efek adem dan nyaman saat digunakan. Banyak produsen kaos lebih memilih bahan kaos Combed sebagai bahan baku untuk kaosnya, karena kualitasnya lebih baik. Banyak yang mengatakan bahwa Cotton Combed adalah bahan standar distro. Kebanyakan orang menggunakan Cotton Combed dengan jenis ketebalan 30s untuk kaos oblong atau kaos polos, tetapi bisa juga digunakan untuk bahan kaos anak.

Tektstur Bahan Carded

Tekstur bahan Carded itu cukup kasar sebenarnya, jadi bisa dikatakan kualitas teksturnya tidak lebih bagus daripada Cotton Combed. Pada permukaan kainnya terdapat bintik-bintik putih yang berasal dari biji kapasnya, yang menyebabkan kain Carded agak sedikit kasar.

4. Perbedaan Penyerapan Keringat Cotton Combed vs Bahan Carded

Cotton Combed dan bahan Carded sama-sama berbahan dasar 100% serat cotton, maka kedua bahan ini mempunyai kualitas penyerapan keringat yang baik. Jadi jika Anda mempunyai rencana membuat kaos dengan menggunakan kedua bahan ini dengan tujuan untuk membuat kaos olahraga misalnya, akan sangat tepat terutama jika Anda menggunakan bahan kaos Combed ya, karena akan lebih nyaman dan adem juga penyerapan keringat nya juga baik. Tapi jika mencari bahan 100% cotton yang lebih murah dan bisa menyerap keringat dengan baik silakan gunakan bahan Carded sebagai bahan dasar kaos Anda.

5. Perbedaan Harga Bahan Cotton Combed vs Bahan Carded

Harga Cotton Combed

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya harga cotton combed memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan carded. Perlu Anda ketahui juga harga bahan kaos di toko kami dipengaruhi oleh warna kainnya. Itu sebabnya terdapat beberapa jenis kategori warna kain yang mana menjadi patokan harga di toko kami. Katergori warna tersebut meliputi Warna Tua, Warna Sedang, Warna Muda, Warna Putih, Warna Misty dan Warna Jet black. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa cek harga cotton Combed Knitto di sini

Harga Bahan Carded

Ingin membuat kaos dengan bahan katun tetapi harga nya murah? Gunakan bahan Carded saja sebagai bahan dasarnya. Namun Anda harus tahu juga, kualitas yang ditawarkan oleh bahan Carded tidak akan sebagus Cotton Combed. Harga bahan Carded juga sama seperti bahan lainnya, dipengaruhi oleh warna nya, dan warna yang tersedia di toko Knitto adalah warna Hitam Reaktif saja. Jika Anda membutuhkan warna lain dengan ketebalan yang lebih tebal dari bahan Carded Anda bisa menghubungi tim kami dari Knitto Yogyakarta. Cek juga harga bahan Carded di toko kami

Rekomendasi Bahan Kaos Cotton Combed dan Bahan Carded

Bahan kaos dengan komposisi 100% cotton ini apakah hanya bisa sebagai bahan kaos saja atau bisa dibuat jenis pakaian lain?

Bisa atau tidaknya, sebenarnya kembali lagi ke kreatifitas Anda para produsen, tapi kami ingin mencoba memberikan beberapa ide yang mungkin bisa memberikan variasi dalam penggunaan bahan ini

  • Longsleeve T-Shirt

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

  • Gendongan Kaos

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

  • Celana Pendek Anak

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

  • Sleeveless T-Shirt

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

  • Topi / Beanie

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

image source: J and P hats

  • Hijab / Jilbab kaos

5 Perbedaan Combed vs Carded yang Wajib Anda ketahui

image source: Muslim Shop

Beberapa contoh di atas merupakan variasi yang bisa Anda buat dengan menggunakan bahan kaos Cotton Combed dan Cotton Carded. Jadi bukan hanya kaos oblong biasa saja, tetapi masih banyak jenis pakaian yang bisa Anda buat dengan kain ini.

Perbedaan Combed dan Carded di atas meruapakan petunjuk bagi Anda agar tidak kesulitan ketika memilih bahan yang ada di toko kami terutama.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat kaos dengan kualitas tinggi, kami sarankan untuk menggunakan bCotton Combed walaupun harganya cenderung lebih mahal. Namun, jika Anda menginginkan kaos dengan kualitas baik dan harga yang lebih terjangkau, kain Carded pun dapat dijadikan pilihan. Cotton Combed dan Bahan Carded bisa Anda dapatkan di Toko Bahan Kaos Knitto Bandung atau Toko Bahan Kaos Knitto Yogyakarta. Tetapi bagi Anda yang berada di luar pulau jawa dan ingin mencoba bahan kaos dari toko kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau Anda juga bisa memesan kain melalui website kami www.knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur