5 Manfaat Moodboard Terbaik Untuk Desain Produk

0
5/5 - Vote count: 20 votes

5 Manfaat Moodboard Terbaik Untuk Desain Produk – Dalam setiap proses project bisnis kamu, ada berbagai macam hal yang harus disiapkan salah satunya adalah membuat desain, yang mungkin dikerjakan oleh team kamu sendiri atau mungkin kamu menggunakan jasa desainer lain. Dalam proses pengembangan ide kreatif ini, biasanya para desainer akan membuat sebuah moodboard untuk memudahkan untuk memvisualisasikan idenya. Berbicara soal Mood board, apa kamu sudah tahu apa itu mood board?

Apa itu Moodboard?

Mood board adalah kumpulan atau komposisi gambar, visual dan berbagai objek lainnya yang biasanya dibuat untuk tujuan desain produk atau desain apapun untuk dipresentasikan kepada klien atau team. Dengan adanya mood board ini proses kreatif dan pengembangan ide akan lebih mudah dan tim desainer pun akan dengan mudah memvisualisasikan keinginan kamu.

Moodboard
Moodboard

Saat membuat moodboard ada beberapa komponen yang bisa kamu masukan ke dalam moodboard meliputi: Gambar, font, warna, grafik dan pola. Dengan memasukan komponen sesuai dengan apa yang kamu inginkan ini, team desainer pasti akan lebih mengerti seperti apa keinginan desain produk yang kamu inginkan, dan meminimalisir kemungkinan adanya ketidaksesuaian. 

Manfaat Membuat Fashion Mood board

  • Dalam proses perencanaan atau pembuatan produk bisnis fashion kamu, sebaiknya kamu menggunakan moodboard sebagai panduan desain agar lebih mudah untuk menentukan tema dari produk atau koleksi  yang akan dibuat.
  • Dapat membantu tim desainer untuk membuat desain dari awal hingga sampai sebuah karya yang utuh dan siap di produksi.
  • Memudahkan tim desainer untuk bisa mengembangkan imajinasi yang mereka miliki sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Manfaat lainnya adalah ketika kamu dan team mempunyai berbagai ide di kepala dan sangat sulit untuk diutarakan, fashion mood board bisa menjadi jalan keluar untuk memvisualkan ide-ide tersebut. Dengan adanya mood board ini segala bentuk ide juga keinginan kamu terhadap desain akan lebih mudah juga untuk dikomunikasikan.
  • Selain tim bisnis, manfaat dari membuat mood board juga bisa dirasakan oleh para desainer produk, karena mood board juga bisa menjadi salah satu engagement awal antara kamu dengan klien untuk meningkatkan kepercayaan mereka menggunakan jasa dan kemampuanmu.

Jadi secara tidak langsung moodboard ternyata mempunyai beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh mereka yang bekerja di dunia kreatif ya. 

Jenis-Jenis Moodboard

Mood board mempunyai dua jenis, yaitu Mood board manual atau moodboard fisik dan moodboard digital. Seperti namanya, mood board manual atau mood board fisik ini bisa dikatakan serangkaian rancangan yang secara langsung bisa kamu sentuh dan dibuat secara manual menggunakan berbagai alat dan bahan. Menggabungkan berbagai macam komponen seperti potongan gambar yang diambil dari majalah, koran atau media lainnya, contoh-contoh warna dan elemen pendukung lainnya.

Sedangkan Moodboard digital sudah tentu, dibuat menggunakan berbagai situs web tanpa harus mempersiapkan alat dan bahan seperti moodboard fisik. Berbagai macam website sudah bisa kamu akses dengan mudah untuk membuat moodboard seperti: Pinterest, SampleBoard, Moodboard Lite, Milanote, dan masih banyak lagi.

Tips Membuat Moodboard

Jika saat ini kamu baru mau mencoba untuk membuat moodboard bersama tim bisnis kamu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memudahkan proses pembuatannya. Simak beberapa tips dibawah ini ya.

  1. Memahami brand identity dari bisnis fashion kamu

Sebelum kamu memulai membuat moodboard, pahami dulu seperti apa identitas dari brand kamu, seperti apa ciri khas dari brand kamu. Mengapa harus memahami dulu brand identity? Karena brand identity adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk membentuk persepsi orang terhadap suatu bisnis, jadi jangan sampai desain yang kamu buat melenceng dari brand identity kamu.

  1. Konsisten dengan elemen penting yang akan menjadi representasi dari brand kamu

Beberapa elemen yang harus ada dari pada moodboard yang tidak boleh sampai terlewatkan seperti Font, Simbol, Warna, dan lain sebagainya, yang menjadi perwakilan atas brand kamu. Contohnya jika dari awal warna yang menjadi ciri khas kamu adalah Biru atau Navy, maka di setiap desain yang kamu buat usahakan selalu konsisten menggunakan warna yang sudah menjadi ciri atau representasi dari brand kamu. Begitu juga dengan font, simbol dan logo dan berbagai elemen lainnya.

  1. Cari beberapa referensi yang sesuai dengan brand identity kamu

Pada saat proses pembuatan moodboard juga tidak ada salahnya untuk mencari berbagai macam referensi yang bisa kamu gunakan sebagai ide tambahan dan pengembangan ide agar lebih luas dan menarik, yang terpenting referensi ini harus tetap sejalan dengan brand identity nya ya.

Selain 3 tips di atas, jangan lupa juga untuk menentukan terlebih dahulu tema atau judul dari desain yang akan dibuat, agar tim desainer kamu juga bisa lebih mudah membuat visual desainnya sesuai dengan tema yang sudah dipilih dan tetap tidak keluar dari identitas brand. Penting juga bagi tim desainer yang berperan penting dari pembuatan moodboard untuk selalu meminta feedback dari klien atau tim bisnis lainnya.

Kesimpulan

Secara tidak langsung moodboard mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses perencanaan suatu produk fashion, bisa dikatakan juga sebagai langkah awalnya. Tidak perlu membuat moodboard yang rumit tetapi sulit untuk dipahami, lebih baik membuat moodboard yang sederhana tetapi jelas dan terperinci, semua komponen dan elemen yang dibutuhkan hadir disana dan sesuai dengan tujuan juga tema yang sudah ditentukan. 

Para pemula di bidang bisnis fashion, apakah sudah membuat moodboard ini bersama tim produksi dan tim desainer kalian? Jika belum semoga dengan membaca artikel ini kalian menjadi terinspirasi ya. Semangat terus untuk memulai bisnis fashion atau bisnis clothing, terutama untuk para kaum muda ya. Jika kalian sedang merintis bisnis clothing dan membutuhkan konsultasi seputar bisnis clothing terutama untuk urusan pemilihan bahan yang akan digunakan, tangan kami terbuka lebar untuk membantu kalian berdiskusi mengenai berbagai macam bahan yang bisa kamu gunakan. Tim Knitto Textiles dengan senang hati akan membantu dan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan bisnis kalian juga. 

Kamu bisa menghubungi kami melalui Official WhatsApp Knitto atau bisa juga hubungi kami melalui email [email protected] 

Jangan ragu untuk memulai bisnis kamu hari ini, wujudkan semua mimpi yang kamu punya bersama dengan Knitto Textiles. Karena kami bukan hanya supplier bahan kaos saja, kami adalah partner bisnis terbaik kamu. Sukses selalu pebisnis muda!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur