4 Jenis Teknik Pewarnaan Kain Terbaik dan Lengkap

0
5/5 - Vote count: 24 votes

4 Jenis Teknik Pewarnaan Kain Terbaik – Warna kain merupakan salah satu komponen utama dari kain. Warna kain dapat menjadi alasan utama mengapa kain tersebut menarik karena memiliki fungsi sebagai daya tarik dan menambah nilai estetika bagi penggunanya. Tanpa warna, kain akan tampak membosankan dan monoton. Lalu bagaimana proses pewarnaan kain? Kain akan melalui beberapa proses seperti pencelupan dengan pewarna alami maupun sintetis.

Jenis-Jenis Teknik Pewarnaan Kain

Beberapa teknik pewarnaan kain antara lain:

Teknik Pewarnaan Kain
Teknik Pewarnaan Kain
  1. Piece Dyed

Dalam teknik piece dyed, kain akan melalui proses pewarnaan setelah kain sudah terbentuk. Kain mentah atau kain greige akan dicelup kedalam pewarna tekstil sehingga menjadi kain jadi yang memiliki warna yang menarik.

4 Jenis Teknik Pewarnaan Kain Terbaik dan Lengkap

2. Yarn Dyed

Dalam teknik yarn dyed, proses pewarnaan dilakukan sebelum kain jadi. Benang yang akan dipakai untuk dibuat menjadi kain akan dicelup dan diberi warna terlebih dahulu, sehingga saat proses pembuatan kain tidak perlu melalui proses pencelupan lagi.

4 Jenis Teknik Pewarnaan Kain Terbaik dan Lengkap

3. Woven In

Dalam teknik woven in, kain dapat diberi variasi warna atau motif pada saat benang ditenun menjadi kain. Untuk menciptakan motif atau variasi motif dapat dilakukan dengan cara memakai beberapa warna benang dalam proses penenunan kain.

4 Jenis Teknik Pewarnaan Kain Terbaik dan Lengkap

4. Printed / Print

Dalam teknik printing, kain akan diberi warna setelah kain jadi. Kain yang digunakan adalah kain mentah atau kain greige yang siap untuk melewati proses printing. Dalam proses ini umumnya warna maupun motif hanya tercetak dalam satu sisi kain saja. Proses printing memerlukan screen untuk menghasilkan warna atau motif (1 screen = 1 warna). Umumnya hanya sekitar 7-8 screen saja yang dipakai dalam proses ini. Proses ini terbilang lebih mahal dibanding proses lainnya.

Diatas ini merupakan penjelasan dari berbagai teknik pewarnaan kain. Warna dan motif memang sangat penting untuk meningkatkan daya tarik suatu kain. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda mengenal teknik-teknik pewarnaan kain dalam industri tekstil.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur