8 Peralatan Sablon Manual Yang Wajib Kamu Ketahui

0
5/5 - Vote count: 65 votes

8 Peralatan Sablon Manual – Sablon manual merupakan teknik penyablonan yang sudah dikenal dengan sebutan screen printing dimana proses penyablonan akan dilakukan menggunakan screen dan tinta sablon, namun dengan cara manual  atau dengan cara melapisi tinta pada kaos secara langsung. 

 

Peralatan Sablon
Peralatan Sablon

8 Peralatan Sablon Manual Yang Wajib Kamu Ketahui

Secara singkat, teknik penyablonan ini dilakukan dengan cara sebagai proses pemindahan desain yang telah dibuat pada permukaan kaos polos. Kemudian desain pun akan menyatu pada bahan kaos.

Kebanyakan pelaku bisnis clothing menggunakan sablon manual karena dari kualitas sablonnya bisa tahan lama dan harga sablonnya lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Oleh karena itu sablon manual bisa menjadi pilihan untuk kamu, yang bingung mengetahui  sablon apa yang cocok untuk bisnis clothing.

  • Screen Sablon

Screen sablon adalah salah satu alat penting dalam proses cetak sablon yang akan digunakan sebagai master cetakan. Kamu perlu memahami bagaimana proses sablon bekerja. Ini melibatkan mentransfer stensil ke layar jala yang idealnya terbuat dari sutra. Layar ini kemudian direntangkan di atas bingkai persegi panjang yang kaku, yang kemudian digunakan untuk mentransfer tinta ke permukaan yang rata.

Tinta diterapkan ke satu sisi layar menggunakan alat pembersih karet. Tekanan diterapkan saat alat pembersih yg dikerok melintasi layar sehingga tinta menyebar dengan baik. Pernis khusus diterapkan pada area di mana kamu tidak ingin tinta melewatinya. Saat layar bersentuhan dengan bahan yang kamu cetak, desain akan direproduksi di permukaannya.

  • Rakel

Rakel adalah peralatan wajib yang digunakan untuk menyablon. Rakel digunakan untuk menekan cat sablon dari screen ke bahan yang akan dicetak. Rakel sablon sangat beragam jenisnya disesuaikan dengan kebutuhannya, bentuk ujungnya berbeda disesuaikan dengan keperluan untuk bahan menyablon.

Pemilihan kelenturan karet rakel untuk menyablon digunakan sesuai kebutuhannya. Pada umumnya bahan yang lunak dan tumpul akan lebih banyak mengalirkan banyak tinta pada media cetak, sedangkan bahan karet rakel yang keras dan tajam akan mengalirkan tinta lebih sedikit sehingga proses pengeringan pada tinta sablon lebih cepat.

  • Film Sablon

Film sablon adalah sebuah gambar/tulisan atau lebih gampangnya bisa disebut motif yang dibuat secara manual maupun dengan settingan komputer pada selembar kertas yang kadar tembus cahayanya cukup baik. Film sablon menjadi bagian inti dari sebuah proses sablon, karena tanpa film sablon maka proses sablon itu sendiri tidak dapat dilakukan.

Syarat film sablon yang baik digunakan untuk proses sablon ada dua, bahan film harus bening atau transparan sehingga mampu meneruskan cahaya dan motif pada film sablon harus berwarna hitam pekat sehingga mampu menahan cahaya. Fungsi dari kedua syarat tersebut adalah untuk membuat proses afdruk screen berjalan lancar. Sebagaimana kita ketahui, proses afdruk screen selalu menggunakan zat peka cahaya, yang mana jika terkena cahaya secara langsung maka zat peka cahaya akan seketika mengeras.

Pada film sablon yang transparan akan membuat zat peka cahaya mengeras, sedangkan pada bagian yang ada tinta pekatnya akan menghalangi cahaya mengenai zat peka cahaya. Pada bagian inilah motif sablon manual akan terbentuk.

  • Obat Afdruk

Obat afdruk sablon berfungsi untuk memindahkan gambar atau tulisan dari film ke dalam screen dengan proses penyinaran (afdruk film) melalui penyinaran dengan lampu atau matahari.Sifat utama dari obat afdruk adalah peka cahaya karena merupakan emulsi pembentuk berdasarkan kekuatan sinar. 

Karena hal seperti inilah maka dalam pencampuran obat afdruk sablon sampai pada pelapisan ke dalam screen seluruhnya dilakukan di dalam ruangan atau kamar gelap. Hal ini mengingat kepekaan obat afdruk film sablon ketika keadaannya mengering, yaitu setelah dilapiskan pada screen menjadi sangat tinggi.  Sering disebut juga sebagai obat pembangkit dan merupakan sarana untuk membuat screen peka cahaya.

  • Coater

Coater berfungsi untuk menampung obat afdruk (emulsion) dan mengoleskan obat afdruk pada kain screen sehingga lapisan film obat afdruk dapat merata pada semua bidang permukaan dan tentu saja dengan pemolesan yang rata maka berpengaruh pada hasil akhir proses pengafdrukan serta hasil cetak sablon yang dihasilkan pun menjadi lebih baik lagi.

  • Hot Gun

Hot gun adalah alat yang sangat dibutuhkan dalam sablon manual karena selalu digunakan saat proses produksi sablon kaos. hot gun berfungsi untuk pengering tinta pada kaos, yang mana kaos tersebut baru selesai di print atau disablon.

  • Tinta Sablon

Tinta sablon merupakan bahan sablon yang paling utama dalam proses penyablonan pada kaos. pentingnya mengetahui jenis tinta sablon mana yang kualitasnya bagus agar menghasilkan sablon yang tahan lama dan tidak mudah retak. 

Warna dari jenis tinta sablon juga ada banyak mulai dari warna utama seperti merah, biru, dan kuning serta kombinasinya. Sebelum melakukan cetak pada permukaan apa pun kamu harus membuat warna sesuai dengan kebutuhan. Cara ini dilakukan secara manual sesuai dengan takaran tertentu agar hasilnya sempurna. 

  • Meja Sablon

Proses sablon tidak akan berjalan dengan lancar kalau tidak ada meja sablonnya. Oleh karena itu kamu disarankan untuk memiliki meja sablon yang cukup luas. Dengan meja ini kamu bisa melakukan proses cetak dengan lebih cepat.

Meja sablon juga ada yang memiliki pengait. Biasanya meja jenis ini digunakan untuk mencetak pada kaos. Dengan pengait ini pola akan dicetak pada bagian yang tepat meski jumlah kaosnya ada banyak.

Pada kesempatan kali ini minto sudah memberikan informasi mengenai 8 peralatan sablon manual wajib kamu ketahui, agar kamu yang memulai usaha sablon dapat lebih mudah mencari alat – alat apa saja yang harus diketahui dalam memulai usaha sablon manual ini.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur