Perbedaan Sablon Digital dan Manual Yang Biasa Digunakan Konveksi Kaos

0

Teman-teman Knitto, apakah kamu termasuk pengguna sablon digital dan manual untuk variasi yang kamu buat? Jika iya, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan sablon digital dan manual yang juga biasa digunakan oleh ? Pada materi artikel kali ini kami akan membahas apa saja perbedaan sablon digital dan manual untuk kaos, dan mana yang lebih baik kualitasnya. Juga kami akan memberikan rekomendasi jenis bahan kain yang cocok untuk digunakan masing-masing jenis sablon.

Perbedaan Sablon Digital dan Manual

Perbedaan Sablon Digital dan Manual

Sablon, adalah salah satu cara yang sering kali digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan pada media kain atau kaos. Dalam penggunaannya, sablon dibagi menjadi dua jenis yaitu sablon digital dan sablon manual.

  • Sablon Digital mempunyai beberapa jenis seperti sablon DTG, Sublimasi, Transfer to Paper, dan yang saat ini sedang banyak diperbincangkan adalah DTF atau Direct to Transfer Film. Dari nama sablonnya seperti hampir sama dengan sablon DTG ya tapi sebenarnya berbeda, dan cara pengerjaannya pun berbeda.
  • Sablon Manual, adalah proses mencetak gambar, tulisan dan angka yang sesuai dengan namanya masih menggunakan teknik manual yang mana pada prose pengerjaannya dibutuhkan tenaga dan keahlian manusia. Jenis sablon manual sangatlah beragam dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya seperti sablon Rubber, Plastisol, Super white, Foaming atau Puffy, Pigment, Discharge, Flocking, dll.

Perbedaan Sablon Digital dan Manual yang harus kamu ketahui

  • Cara Pengerjaan

Dengan adanya perbedaan jenis sablon ini tentu terdapat perbedaan diantara keduanya, dilihat dari nama jenis sablonnya saja, sudah bisa diketahui jika proses pengerjaannya berbeda, karena yang satu masih menggunakan teknik manual dan satunya sudah menggunakan mesin atau dikerjakan secara digital. Lalu apalagi perbedaan sablon digital dan sablon manual yang harus kamu ketahui?

  • Waktu pengerjaan

Secara pengerjaan sablon Manual membutuhkan waktu yang lebih lama, karena tahapannya cukup banyak mulai dari membuat screen, mencetak gambar pada transfer paper, dan tahapan lainnya.

Sedangkan proses pengerjaan sablon digital terhitung cepat, bahkan proses nya ini bisa kamu tunggu, dan tidak serumit pengerjaan sablon manual.

  • Quantity Sablon

Pengerjaan sablon manual tidak bisa untuk quantity sablon sedikit, kalaupun ada, sangat jarang sekali vendor konveksi yang menerima sablon satuan atau dengan quantity kecil, karena biasanya minimal quantity untuk sablon manual itu 1 lusin atau 12 pcs bahkan ada juga yang mematok lebih dari 1 lusin untuk 1 kali produksi. Hal ini terjadi karena jika proses pengerjaan sablon manual dengan quantity sedikit akan berpengaruh terhadap harga sablonnya yang mahal.

Untuk kamu yang ingin mencetak gambar namun dengan quantity yang sedikit, sangat cocok untuk menggunakan berbagai jenis sablon digital contohnya DTG dan DTF. Karena justru jika kamu memproduksi kaos sablon dengan quantity banyak atau produksi massal menggunakan jenis sablon digital akan terjadi pembekakan pada budget produksi kamu, jadi pilihlah dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

  • Penggunaan Bahan

Untuk menggunakan sablon digital, tidak semua bahan kaos bisa digunakan untuk sablon digital. Contohnya adalah, sablon DTG yang hasilnya akan maksimal ketika digunakan pada bahan terutama dengan ketebalan yang tipis, sablon sublimasi yang hanya efektif jika digunakan pada bahan kaos . Tapi yang terbaru, yaitu sablon DTF dikatakan bisa menggunakan jenis bahan apapun untuk mencetak gambar atau tulisannya. 

Jenis sablon yang paling serbaguna dan bisa menggunakan jenis bahan apa saja yaitu sablon manual. Dari mulai bahan kaos katun sampai ke bahan Polyester bisa menggunakan sablon manual. Hanya saja, biasanya ada beberapa ketentuan juga seperti sablon discharge yang hanya akan efektif pada kain yang berwarna reaktif, sablon superwhite pada kain yang berwarna terang, dan juga beberapa ketentuan lainnya.

Dari beberapa perbedaan sablon digital dan manual di atas, kamu bisa jadikan pertimbangan ketika akan memilih jenis sablon yang paling tepat untuk memberikan variasi pada kaos kamu. Lalu bagaimana dari segi harga dari masing-masing jenis sablon?

Dari segi harga sablonnya semua kembali lagi terhadap penggunaannya. Jika kamu ingin menggunakan sablon dengan harga yang murah kami sangat menyarankan untuk menggunakan jenis sablon manual hanya saja memang quantity produksi nya harus diperhatikan. Tetapi jika hanya ingin mencetak kaos dengan quantity sedikit atau bahkan satuan, lebih baik gunakan sablon digital ya. 

Hal yang kamu harus perhatikan ketika memilih bahan kaos untuk sablon:

  • Bahan kaos yang digunakan harus berkualitas baik dan tidak mempunyai bulu berlebihan pada permukaan karena hal ini akan mempengaruhi hasil sablon, jika bahan kaosnya tidak berbulu yang berlebihan dan lebih rata hasil sablonnya akan lebih merata, tinta sablon akan menyerap lebih baik dan juga hasil sablonnya halus juga berkualitas baik.

Kesimpulan

Jika kita tarik kesimpulannya, sebenarnya semua jenis sablon itu mempunyai keunggulan dan kelebihannya masing-masing, hanya saja mana yang lebih baik untuk digunakan kembali lagi kepada kebutuhan kamu sebagai pengguna dan juga seberapa besar budget produksi yang sudah kamu siapkan. 

Apapun jenis sablon yang sudah kamu pilih, kami berharap bahan yang kamu gunakan tentu dari Knitto Textiles ya. Karena bahan yang kami sediakan merupakan bahan dengan kualitas terbaik dan apalagi saat ini Knitto sudah menghadirkan fitur terbaru yang bisa membuat proses order kain lebih cepat dan mudah, yaitu dengan menggunakan Portal Knitto. 

Pada Portal Knitto terdapat 5 fitur yang bisa kamu gunakan seperti: 

  • Pricelist & E-Catalog untuk mendapatkan list harga dan juga E-Katalog.
  • fitur Order kain untuk pemesanan kain secara langsung tanpa harus menunggu, kamu hanya perlu memilih kain dan juga memasukan quantity kain yang dibutuhkan, ditambah lagi dengan adanya fitur penghitung otomatis, sehingga kamu tidak perlu menghitung Rib secara manual karena akan dibantu oleh sistem.
  • Fitur cek stok, yaitu layanan untuk mengecek stok kain secara langsung. Kamu tidak perlu khawatir stok yang tertera tidak sesuai, karena layanan ini memberikan informasi stok secara realtime.
  • Fitur sample, dimana kamu bisa meminta sample kain yang nantinya akan digunakan agar kamu lebih yakin dan tidak salah saat nanti akan menggunakan kainnya.
  • Fitur katalog, yang terakhir adalah fitur untuk kamu memesan katalog kain yang tersedia di Knitto. Karena semua harga kain Knitto itu dipengaruhi oleh harganya, maka kami yakin kamu sangat membutuhkan katalog, selain untuk memastikan harga kainnya termasuk ke dalam kategori warna apa, kamu juga bisa menggunakan katalog untuk memastikan apakah warna yang kamu inginkan sudah sesuai? Dan dengan mempunyai katalog warna juga bisa menjadi salah satu cara meminimalisir kesalahan warna pada saat pemesanan kain.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu mendapatkan banyak informasi berharga yang bisa memudahkan kamu ya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman, No. 300-302, Semarang

Official WhatsApp: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here