7 Cara Membuat Pola Baju Anak Terbaik Yang Mudah

0
5/5 - Vote count: 136 votes

7 Cara Membuat Pola Baju Anak Terbaik Yang Mudah – Pola adalah bentuk atau model yang memiliki keteraturan, baik dalam desain maupun gagasan abstrak. Ketika akan membuat pakaian, pola akan sangat dibutuhkan terutama di awal proses pembuatan ketika sebelum kain di potong.

Pola Baju Anak
Pola Baju Anak

Kain akan digambar pola terlebih dahulu dan orang yang bertugas untuk memotong akan mengikuti pola yang sudah digambar agar rapi dan sesuai.

Pola juga mempunyai perbedaan tergantung dengan jenis pakaian yang digunakan, pakaian orang dewasa pun berbeda untuk laki-laki dan perempuan, sama halnya dengan pola baju anak yang pastinya berbeda dengan pola baju orang dewasa.

Kali ini kami akan membahas cara membuat pola baju anak beserta alat-alat apa saja yang harus kamu persiapkan. Simak sampai habis ya.

Cara, Alat dan Bahan Membuat Pola Baju Anak

Sebelum memulai membuat pola baju anak, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat polanya.

Alat dan bahan yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan sehingga kamu bisa langsung mencobanya di rumah.

Alat dan Bahan Membuat Pola Baju Anak

  • Kertas roti/ Karton: Kertas atau karton ini digunakan untuk mencetak pola
  • Pita meteran: Digunakan untuk mengukur baju sesuai ukuran tubuh.
  • Pensil atau pulpen: Untuk menggambar pola di atas kertas roti atau karton.
  • Penggaris (penggaris biasa dan penggaris pola): Untuk menggambar garis lurus pada pola. 

Cara Membuat Pola Baju Anak

  1. Sebelum memulai membuat pola sebaiknya coba cari referensi ukuran yang nanti akan kamu gunakan. Referensinya bisa diambil dari brand pakaian yang sudah biasa kamu gunakan, yang memang cutting nya sesuai dengan yang kamu mau.Kamu bisa membeli beberapa jenis baju dari brand tersebut lalu coba cari tahu terlebih dahulu ukuran pada beberapa bagian penting ini:
  • Lingkar dada: Ukur melingkar dari bawah ketiak hingga bagian dada.
  • Panjang baju: Selain menggunakan referensi baju yang ada, kamu juga bisa menyesuaikan sendiri berapa panjang baju yang akan kamu buat pada pola kamu nanti.
  • Panjang lengan: Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai pergelangan tangan, jika kamu mau membuat pola baju dengan bentuk lengan panjang. Tetapi jika kamu mau membuat pola lengan pendek silakan sesuaikan panjang lengan dengan ukuran lengan yang kamu inginkan.
  • Lebar Bahu: Kamu bisa mengukur lebar bahu mulai dari titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu yang paling rendah pada ujung bahu bagian lengan.
  • Lingkar Pinggul: Ukur melingkar bagian pinggul, lingkar pinggul lebih kurang berada 20 cm dari lingkar pinggang.
  • Lingkar Pinggang: Ukur dengan cara melingkar pada bagian pinggang atau bagian yang terkecil.
  • Lingkar Pergelangan tangan: Ukur melingkar pergelangan tangan, pengukuran ini berlaku jika kamu akan membuat pola baju anak dengan bentuk lengan panjang.
  • Lingkar Ketiak: Ukur pada bagian ketiak, lingkarkan pita meteran pada bagian ketiak dan pangkal bahu.

Untuk kaos baik kaos dewasa maupun kaos anak-anak yang terpenting kamu ketahui adalah berapa panjang dan lebar badannya.

  1. Sebenarnya kamu juga bisa langsung untuk menggunakan size chart yang sudah ada atau sudah tersedia di internet, tetapi akan lebih akurat hasilnya jika kamu mengukur langsung pada tubuh anak yang menjadi patokan, agar hasil bajunya pun lebih pas di badan.
  2. Jika referensi, atau ukuran yang akan digunakan sudah kamu dapatkan sekarang saatnya kita membuat pola, jangan lupa persiapkan alat dan bahannya ya.
  3. Silahkan untuk mulai membuat pola, kamu bisa mulai dengan membuat pola dasar terlebih dahulu. Karena dari pola dasar ini bisa kamu kembangkan menjadi jenis pola lain termasuk dengan pola kaos anak, tetapi ingat harus kamu sesuaikan lagi ukurannya ya.
  4. Agar lebih mudah proses pembuatan polanya, kamu bisa coba gunakan pola seperti yang ada di bawah ini tapi jangan lupa sesuaikan ukuran yang akan kamu gunakan ya, dan pola ini bisa kamu gunakan jika kamu hendak membuat pola baju anak dengan model kaos.
  5. Pola sudah selesai? Berarti sekarang saatnya kamu melakukan Pattern Grading. Apa itu pattern grading? Apakah harus dilakukan? Pattern Grading memang biasanya dilakukan untuk produksi dalam jumlah atau skala yang besar. Pattern Grading dilakukan dengan tujuan agar hasil pola yang dibuat sama dengan pola utamanya. Selain itu fungsi dari pattern grading adalah untuk membuat size yang berbeda atau membesarkan atau mengecilkan dari size awal, hanya saja perlu diingat pada saat melakukan pattern grading kamu harus mengingat perbedaan dari masing-masing ukurannya.

Pattern grading juga sebenarnya bisa dilakukan secara manual maupun digital dengan menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD, dan Gemini CAD.

  1. Jika semua langkah-langkah di atas sudah selesai kamu lakukan, berarti sekarang pola yang kamu buat sudah siap digunakan untuk dicetak di atas kain.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat pola baju anak? Hal yang terpenting dalam pembuatan pola adalah memastikan ukuran pada setiap bagian-bagiannya sudah benar, agar hasil pola nya pun akurat.

Jika kamu membutuhkan pola-pola untuk membuat baju anak, Knitto Textiles juga saat ini sudah menyediakan berbagai macam pola untuk pakaian anak terutama untuk anak perempuan kami mempunyai 2 jenis pola dress yang menggemaskan. 

Terdapat juga pola kaos anak-anak yang sudah tersedia semuanya di website resmi Knitto Textiles www.knitto.co.id. Tidak hanya pola kaos atau pakaian anak-anak saja, terdapat jenis pola lainnya seperti dress wanita dewasa, dan pola kemeja koko pria.

Jika kamu tertarik untuk membeli pola nya kamu bisa klik disini untuk membeli pola

Rekomendasi Kain Untuk Baju Anak

Berikut ini jenis-jenis kain yang bisa kamu gunakan untuk membuat pakaian anak-anak terutama untuk membuat kaos. Tidak hanya kaos yang bisa kamu buat dari bahan ini, jenis pakaian lain seperti dress untuk anak perempuan, onesie, jumpsuit anak juga bisa kamu coba dari bahan-bahan ini.

  • Cotton Combed
  • Cotton Bamboo
  • TENCEL™ Modal blended with Cotton
  • Cotton Combed Baby Terry

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menggunakan Cotton Bamboo Untuk Baju Anak 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur