Proses Pilling pada Pakaian

0
Rate this post

Pernahkah Anda melihat butiran atau bola kecil pada pakaian Anda? Hal itu merupakan proses pilling pada pakaian. Piling terjadi karena penggunaan pakaian dalam jangka lama dan pilling merupakan hal yang umum. Semua pakaian yang terbuat dari serat alami, buatan, maupun sintetis akan mengalami piling. Lalu bagaimana proses ini bisa terjadi? Berikut ini adalah tahapan dalam pembentukan pilling:

Tahap Terjadinya Proses Pilling

  1. Fluffing

Proses fluffing merupakan proses dimana adanya serat-serat pakaian yang mulai muncul dan mengakibatkan pakaian berbulu. Hal ini dapat disebabkan oleh gesekan pada saat pemakaian.

2. Entanglement

Proses entanglement merupakan proses dimana serat-serat pakaian yang sudah mulai rusak semakin banyak dan bulu-bulu serat yang ada semakin kusut akibat gesekan atau proses pencucian.

3. Formation of Pallets

Proses formation of pallets merupakan proses dimana serat-serat yang kusut mulai menggumpal dan membentuk bola atau butiran kecil. Umumnya bola dan butiran kecil ini disebut bobble, fuzzball, maupun lint ball.

4. Shedding

Proses shedding merupakan proses dimana bola-bola yang dihasilkan oleh proses formation of pallets mulai rontok. Tampilan dari proses shedding pasti akan sangat mengganggu penampilan, bola-bola kecil akan lebih terlihat jelas dan memanjang.

Proses Pilling pada Pakaian

 

Faktor Penyebab Terjadinya Proses Pilling

Proses pilling ini sangat wajar terjadi dan proses pilling ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor diantaranya adalah:

  1. Serat 

Serat yang digunakan dalam membuat kain sangat berpengaruh pada proses pilling. Fakta membuktikan bahwa serat sintetis dan buatan berpotensi lebih tinggi menimbulkan pilling. Walaupun dicampur dengan serat alami, pilling akan tetap terjadi. Lebih baik menggunakan serat alami 100% agar pilling lebih minim terjadi.

2. Penggunaan Benang

Penggunaan benang multiply juga dapat mempengaruhi proses pilling kain. Benang multiply merupakan benang yang terdiri dari benang-benang kecil yang dijadikan satu. Benang multiply berpotensi menyebabkan gesekan sehingga dapat menyebabkan pilling.

Pilling dapat dihilangkan menggunakan mesin fuzz trimmer, pisau cukur, maupun gunting. Namun bila menggunakan alat-alat tersebut, pakaian Anda berpotensi menipis. Lebih baik merawat pakaian sesuai care label yang sudah tersedia sebelum proses pilling terjadi.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur