6 Jenis Teknik Knitting Bahan Kaos

0
Rate this post

Tahukah Anda, bahwa umumnya kaos dibuat menggunakan kain knit atau rajut sebagai bahan utamanya? Kain knit atau rajut merupakan kain yang dibuat melalui benang-benang yang dirajut hingga membentuk jeratan ke arah panjang kain (wale) atau ke arah lebar kain (course). Kain knit umumnya memiliki hasil akhir atau setting tubular. Ciri utama kain knit adalah sifatnya yang mudah merenggang sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Terdapat 6 jenis teknik knitting bahan kaos, yaitu:

6 Jenis Teknik Knitting Pada Bahan Kaos

6 Jenis Teknik Knitting Bahan Kaos

  1. Single Knit

Kain single knit atau single jersey merupakan kain knit yang memiliki kemampuan elastisitas dan fleksibilitas yang baik. Ciri utama kain single knit adalah kedua sisinya berbeda. Karena kedua sisinya berbeda, maka kain hanya dapat dipakai satu sisi saja. Ciri lainnya adalah bila digunting, ujung kain akan cenderung menggulung. Kain knit single knit merupakan kain yang paling umum digunakan sebagai bahan utama kaos.

 

2. Double Knit

Kain double knit atau double jersey merupakan kain knit yang memiliki struktur yang lebih kokoh dibanding single knit. Ciri utamanya yaitu kedua sisi terlihat sama sehingga Anda dapat menggunakan kedua sisinya. Tidak seperti single knit, ujung kain double knit tidak akan menggulung ketika digunting. Kain double knit umumnya digunakan sebagai bahan utama pakaian olahraga, kaos oblong, dan lainnya.

 

6 Jenis Teknik Knitting Bahan Kaos

3. Pique

Kain pique atau lebih dikenal lacoste, merupakan kain rajut yang memiliki tekstur yang unik. Kain pique memiliki corak beragam di salah satu sisinya. Sama seperti single knit, kain pique hanya bisa digunakan satu sisi saja. Umumnya kain pique dipakai sebagai bahan utama kaos polo.

 

6 Jenis Teknik Knitting Bahan Kaos

4. Stripe 

Kain stripe merupakan kain knit yang memiliki motif sesuai namanya, stripe atau garis. Kain knit stripe umumnya menggunakan teknik yarn dyed, menggunakan benang yang sudah dicelup terlebih dahulu sehingga tidak perlu proses pencelupan warna pada saat kain sudah jadi. Kain stripe dapat memiliki variasi warna dan ukuran yang berbeda-beda. 

 

5. Cabut Jarum / Drop Needle

Kain cabut jarum atau drop needle merupakan kain yang memiliki tekstur garis-garis 3d. Kain ini dapat digunakan dua sisinya, sama seperti double knit. Kain cabut jarum dapat digunakan sebagai material utama kaos slim fit, atasan wanita, singlet, dan lainnya.

 

6 Jenis Teknik Knitting Bahan Kaos

6. Rib

Kain rajut rib memiliki ciri-ciri yang serupa seperti double knit. Kedua sisinya terlihat sama, namun rib memiliki ketebalan yang lebih tinggi dibanding double knit. Rib dapat digunakan sebagai bahan manset polo shirt dan sweater, kerah, lubang leher, dan lainnya.

Di Knitto Textiles, Anda dapat menemukan berbagai kain knit dengan kualitas premium. Knitto Textiles menawarkan 3 kategori kain knit yang meliputi kain plain, premium, dan fancy. Kain knit yang tersedia di Knitto Textile antara lain Cotton Combed (16s, 20s, 24s, 30s), Cotton Fancy Stripes, CVC Pique Hexagon, Cotton Combed Pique Diamond, dan masih banyak lagi. Cek katalog Knitto Textiles untuk mengetahui jenis-jenis kain knit berkualitas lainnya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur