Mengenal Sablon Sublimasi, Sablon Terbaik untuk Kain Polyester

0
5/5 - Vote count: 10 votes

Mengenal Sablon Sublimasi, Sablon Terbaik untuk Kain Polyester – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini, Minto akan bahas tentang salah satu jenis sablon yaitu sablon sublim. Sablon sublim merupakan sablon terbaik untuk kain Polyester. Yuk kita cari tahu informasi yang lebih lengkap seputar sablon sublim

Apa itu Sablon Sublimasi?

Sablon sublimasi atau sering juga sebagai sablon transfer sublimasi adalah teknik sablon digital yang menghasilkan gambar atau desain dengan menggunakan tinta sublimasi pada permukaan kain atau bahan lain yang memiliki serat sintetis seperti Polyester atau memiliki campuran Polyester.

Proses sablon sublimasi dimulai dengan melewati proses mencetak gambar atau desain pada kertas transfer khusus menggunakan printer sublimasi, yang menggunakan tinta sublimasi. Kemudian kertas transfer tersebut ditempelkan pada permukaan kain atau bahan sintetis lainnya, dan dipanaskan pada suhu yang tinggi.

Setelah tinta sublimasi berubah menjadi gas, molekul tinta tersebut menembus serat kain dan berubah kembali menjadi cairan saat dingin. Proses ini menyebabkan gambar atau desain tercetak secara permanen pada permukaan kain atau bahan sintetis, dan memberikan hasil sablon yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Sablon sublimasi biasanya digunakan untuk menghasilkan produk-produk seperti pakaian olahraga, kaos jersey untuk olahraga, t-shirt. Sablon sublim juga bisa dipakai untuk mendesain mug, mouse pad, dan berbagai produk lainnya. Sablon sublimasi menghasilkan hasil sablon yang lebih halus dan nyaman dipakai karena tinta tidak timbul di permukaan seperti jenis sablon lainnya.

 

Kelebihan Sablon Sublimasi

Sablon sublimasi tentunya memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari sablon sublimasi:

  • Hasil Sablon Tahan Lama 

Sablon sublimasi menghasilkan gambar yang tahan lama dan tidak mudah luntur, karena tinta sublimasi menyerap pada serat kain dan menjadi bagian dari kain itu sendiri, tidak seperti sablon lainnya yang tidak menyerap ke serat kain dan timbul di permukaan kainnya.

  • Warna Cerah dan Tajam

Sablon sublimasi dapat menghasilkan warna yang cerah dan tajam pada kain, sehingga cocok untuk produk-produk yang membutuhkan detail gambar yang presisi seperti jersey olahraga.

  • Sablon Full Color

Sablon sublimasi dapat menghasilkan gambar atau desain full color tanpa adanya batasan warna. Biasanya jenis sablon lain memiliki batasan warna (hingga 5-6 warna).

  • Sablon Halus dan Nyaman Dipakai

Karena tinta sublimasi menembus serat kain, hasil sablon sublimasi tidak terasa di atas kain seperti pada sablon biasa, sehingga memberikan hasil sablon yang lebih halus dan nyaman dipakai.

 

Kekurangan Sablon Sublimasi

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari sablon sublimasi:

  • Hanya dapat Digunakan Pada Kain Sintetis

Sablon sublimasi hanya dapat digunakan pada kain atau bahan sintetis seperti Polyester atau kain yang memiliki campuran Polyester yang lebih banyak. Sablon sublimasi tidak dapat digunakan pada kain alami seperti katun atau kain dengan serat alami lainnya.

  • Biaya Lebih Tinggi

Proses sablon sublimasi membutuhkan peralatan khusus seperti printer sublimasi dan mesin press yang membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sablon biasa. Sablon manual hanya membutuhkan screen dan alat gesut yang relatif lebih murah dibanding printer sublim.

  • Hanya dapat Digunakan pada Bidang Datar

Sablon sublimasi hanya dapat digunakan pada bidang datar seperti kain dan mug. Sablon sublimasi tidak dapat digunakan pada permukaan yang berlekuk atau permukaan yang kurang rata.

  • Terbatas pada Kain Warna Terang

Sablon sublimasi hanya dapat digunakan pada kain warna terang, karena gambar atau desain yang dihasilkan tidak akan terlihat pada kain berwarna gelap. Biasanya kain yang digunakan adalah kain berwarna putih.

Daya Tahan Sablon Sublimasi pada Kain Polyester

Sablon sublimasi memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap pencucian dan gesekan karena tinta sublimasi menembus serat kain dan menjadi bagian dari kain itu sendiri, sehingga gambar atau desain tidak mudah luntur atau retak seperti hasil sablon lainnya. Secara umum, sablon sublimasi dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang baik.

Namun, ketahanan sablon sublimasi juga tergantung pada kualitas tinta sublimasi, kualitas kain atau bahan yang digunakan, dan perawatan pakaiannya. Pakaian atau produk yang sering dicuci, digunakan atau sering mengalami gesekan dapat mempercepat terkikisnya sablon sublimasi.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan kualitas sablon sublimasi sebaik mungkin, sebaiknya menjaga pakaian atau produk dalam kondisi yang baik, seperti mencuci dengan air dingin atau suhu normal, menghindari penggunaan pemutih karena dapat merusak kualitas sablon, serta menjaga produk dari paparan sinar matahari langsung.

 

Rekomendasi Kain yang cocok Dijadikan Media Sablon Sublimasi

Untuk sablon sublimasi, Anda perlu memilih kain yang terbuat dari serat sintetis seperti Polyester atau campuran Polyester. Kain serat sintetis ini memiliki sifat yang berbeda dari kain alami seperti katun, yaitu lebih mudah menyerap tinta sublimasi dan dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan cerah.

Berikut ini beberapa jenis kain yang cocok untuk di sablon sublimasi:

  • Kain Polyester

Kain Polyester adalah pilihan yang paling umum untuk sablon sublimasi karena sifatnya yang mudah menyerap tinta sublimasi. Kain Polyester juga kuat dan tahan lama, serta memiliki daya tahan terhadap luntur dan keriput.

  • Kain Campuran Polyester

Kain campuran Polyester dengan bahan seperti Spandex, Rayon, atau Nylon, juga cocok untuk sablon sublimasi. Kain campuran ini biasanya lebih elastis dan nyaman dipakai.

Pastikan untuk selalu melakukan tes sablon pada kain yang akan digunakan sebelum memproduksi secara massal, untuk memastikan kualitas dan ketahanan hasil sablon. Knitto Textiles punya nih kain yang cocok banget dijadikan media sablon sublim. Berikut ini adalah kainnya:

Polyester Activedry

polyester activedry 1

Polyester Activedry adalah kain yang terbuat dari 100% Polyester, sehingga sangat cocok untuk dijadikan media sablon sublimasi karena terbuat dari 100% Polyester. Polyester Activedry merupakan kain yang dirancang khusus untuk berolahraga, memiliki pori-pori berbentuk motif rajutan yang berfungsi sebagai “ventilasi” yang dapat mengeluarkan suhu panas tubuh.

Walaupun kain ini terbuat dari 100% Polyester, kain ini cepat kering dan dapat menyerap keringat dengan baik karena kain ini memang dirancang khusus untuk berolahraga. Apalagi, kain ini sangat cocok dijadikan media sablon sublim sehingga ideal untuk dijadikan seragam klub untuk olahraga basket, sepak bola, futsal, bulu tangkis, bahkan e-sports sekalipun. Kain ini tersedia pada 4 jenis motif yaitu Evolt, Marton, Diamond, Aero dengan warna putih bluish.

Buat Knittopreneurs yang penasaran sama bahannya, yuk langsung coba kunjungi store Knitto Textiles terdekat atau Knittopreneurs bisa coba minta sample kainnya terlebih dahulu. Semoga artikel ini membantu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur