Rekomendasi Model Sweater Rajut Wanita Kekinian, Mana Favoritmu?

0
5/5 - Vote count: 74 votes

Rekomendasi Model Sweater Rajut Wanita Kekinian, Mana Favoritmu? – Hi Knittopreneurs! Siapa nih yang suka banget pakai outer terutama sweater rajut? Dalam artikel kali ini Minto akan bahas rekomendasi model sweater rajut wanita kekinian dan tips pilih sweater yang bagus.

7 Model Sweater Rajut Wanita Kekinian, Hangat dan Nyaman!
7 Model Sweater Rajut Wanita Kekinian, Hangat dan Nyaman!

Berhubung cuaca akhir-akhir ini sudah semakin dingin, Minto yakin pembahasan artikel ini akan sangat berguna untuk Knittopreneurs. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak informasi lengkapnya!

Fungsi Sweater Rajut Wanita

Sweater rajut wanita memiliki beberapa fungsi sehingga diperlukan oleh mereka yang membutuhkan kehangatan atau tinggal di daerah tertentu. Berikut ini adalah fungsi sweater.

  • Memberikan Kehangatan

Sweater memiliki fungsi utama untuk memberi kehangatan dimana sweater berfungsi sebagai lapisan tambahan untuk menjaga tubuh tetap hangat, terutama di cuaca dingin.

  • Mudah dipadukan

Sweater nisa digunakan dalam berbagai acara dan kegiatan, mulai dari acara kasual hingga semi-formal. Sweater juga mudah dipadukan dengan berbagai pakaian lain, seperti celana jeans, rok, atau celana panjang.

  • Memberi Kenyamanan

Sweater yang baik memberikan kenyamanan sepanjang hari, baik di dalam maupun luar ruangan. Sweater bisa digunakan pada saat cuaca dingin maupun hanya luaran untuk melengkapi tampilan hari-hari kamu.

  • Menambah Penampilan

Sweater dapat digunakan untuk menambah gaya dan memberikan tampilan yang lebih elegan atau santai, tergantung pada jenis dan cara memakainya.

Apa Bedanya Sweater Rajut dan Cardigan Rajut?

Ilustrasi Merajut Sweater Wanita
Ilustrasi Merajut Sweater Wanita

Pada dasarnya, sweater dan cardigan rajut memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama bisa dijadikan atasan atau lapisan baju tambahan untuk melindungi diri dari cuaca dingin dan menjaga panas tubuh.

Namun secara look, pola, hingga pengertian busananya sendiri, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu Knittopreneurs ketahui:

Fitur Sweater Rajut Cardigan Rajut
Potongan Pas pada tubuh Lebih longgar
Bukaan Tidak terbuka (tanpa kancing) Terbuka (dengan kancing, resleting, dan lain-lain)
Fungsi Penghangat utama
Lebih sering dijadikan lapisan baju tambahan
Panjang Beragam, umumnya lebih pendek
Beragam, sering lebih panjang
Kesan Busana Bisa formal atau kasual
Lebih cenderung kasual

Sederhananya, cardigan bisa diibaratkan seperti sweater dengan model seperti jaket. Sementara sweater adalah cardigan yang tidak memiliki kancing dan memiliki lebih banyak variasi (mulai dari panjang badan, panjang lengan, hingga model pemakaian). Sehingga, sering juga disimpulkan bahwa cardigan adalah salah satu jenis sweater. 

Baca Juga: Kelebihan Cardigan Rajut Serta Kekurangan dan Cara Perawatannya

7 Model Sweater Rajut Wanita yang Populer

Model Sweater Rajut Wanita Kekinian | Dari Kiri ke Kanan: Model Kerah Bulat, Sweater Rajut, V Neck Sweater
Model Sweater Rajut Wanita Kekinian | Dari Kiri ke Kanan: Model Kerah Bulat, Sweater Rajut, V Neck Sweater

Berikut beberapa rekomendasi model  sweater rajut wanita yang bisa menjadi pilihan gaya yang stylish dan nyaman. Minto coba bagi dari variasi jenis kerah dan tambahan fungsinya, ya!

Crew Neck Sweater

Crew neck sweater memiliki ciri kerah bulat, klasik, dan sederhana. Jenis sweater ini cocok dipakai untuk semua bentuk tubuh. Jenis sweater ini cocok untuk tampilan casual, cocok untuk dipadukan dengan jeans atau rok. 

V Neck Sweater

V neck sweater memiliki ciri khas kerah berbentuk huruf V. V neck sweater dapat menunjukkan leher lebih panjang, bagus untuk wanita dengan wajah bulat atau dada besar. V neck sweater bisa dipakai untuk gaya casual maupun semi-formal, tergantung bahan dan motifnya.

Misalnya, untuk gaya casual, Knittopreneurs bisa memadukan dengan sweater rajut wanita ini dengan rok mini, legging, dan sneakers. Tambahkan kalung sederhana untuk mempercantik tampilan. Kombinasikan dengan celana kulot, sepatu heels, dan blazer untuk gaya yang lebih formal.

Turtleneck Sweater

Turtleneck sweater adalah sweater yang punya ciri khas kerah tinggi yang menutupi leher. Turtleneck sweater ini cocok untuk cuaca dingin, dan dapat membuat ilusi leher tampak lebih panjang. Turtleneck sweater memiliki desain yang elegan dan hangat, cocok untuk cuaca dingin.

Pemakaiannya bisa memberikan kesan santai, apalagi jika dipadukan dengan jeans, sneakers, dan jaket denim. Jika ingin lebih hangat, tambahkan juga beanie. Rok midi, sepatu boots, dan coat panjang bisa menjadi pilihan yang lebih ‘serius.’

Oversized Sweater

Oversized sweater memiliki ciri khas ukuran besar dan longgar. Jenis sweater ini memiliki tampilan yang santai dan nyaman, dan cocok digunakan oleh semua bentuk tubuh. Jenis sweater ini cocok untuk kamu yang cari pakaian casual, bisa dipadukan dengan legging atau skinny jeans.

Sweater Dress

Sweater dress adalah sweater panjang yang bisa dipakai sebagai dress. Jenis sweater ini cocok untuk tampilan feminin dan hangat. Sweater dress cocok untuk musim gugur atau dingin, bisa dipadukan dengan boots. Jika ingin lebih santai, padukan dengan sneakers dan jaket denim.

Chunky Knit Sweater

Chunky knit sweater memiliki ciri khas rajutan tebal dan berat karena menggunakan benang yang besar. Sweater ini cocok untuk cuaca yang sangat dingin, memberikan kehangatan ekstra. Chunky knit sweater cocok untuk gaya casual dan cozy, cocok untuk kegiatan di luar rumah saat cuaca dingin.

Hooded Sweater

Hooded sweater memiliki ciri khas sesuai dengan namanya, Dilengkapi dengan hoodie. Hooded sweater identik dengan tampilan sporty dan santai, cocok untuk aktivitas luar ruangan atau olahraga ringan. Knittopreneurs bisa memadukannya dengan banyak busana, misalnya legging dan sneakers.

Baca Juga: Model Sweater Wanita Kekinian Untuk Musim Dingin

Tips Memilih Sweater Rajut Wanita yang Nyaman dan Bagus

Contoh Pemakaian Sweater Rajut Wanita dengan Model Turtleneck
Contoh Pemakaian Sweater Rajut Wanita dengan Model Turtleneck

Berikut adalah beberapa tips yang Minto berikan supaya Knittopreneurs mudah untuk memilih sweater rajut wanita yang nyaman dan bagus:

  • Pilih Bahan yang Tepat

Knittopreneurs bisa pilih bahan sweater yang nyaman seperti serat kapas yang nyaman dan lembut, bagus untuk cuaca yang lebih hangat. Bila kamu punya budget lebih, sweater berbahan dasar wol juga patut dicoba karena hangat dan cocok untuk cuaca dingin, namun pastikan handfeel wolnya lembut dan tidak gatal.

  • Perhatikan Ukuran dan Potongan

Pastikan sweater yang kamu inginkan  tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Pilihlah sweater dengan potongan yang sesuai dan cocok dengan bentuk tubuh, bisa juga berdasarkan preferensi pribadi (slim fit, regular fit, oversized).

  • Periksa Detail Jahitan

Pastikan jahitan rapi dan kuat, terutama di bagian bahu dan sisi agar sweater tidak mudah terlepas dan terurai benangnya. Periksa juga kualitas bagian manset, hem, dan kerah untuk memastikan tidak mudah melar.

  • Cobalah Sebelum Membeli

Cobalah sweaternya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada bagian yang gatal atau tidak nyaman karena potongan yang tidak sesuai. Pastikan kamu bisa bergerak dengan bebas saat memakai sweater.

  • Pertimbangkan Berat dan Ketebalan

Pertimbangkan dahulu berat dan ketebalan sweater sebelum membeli. Sweater tipis cocok untuk layering dan cuaca yang lebih hangat atau normal. Sedangkan sweater tebal lebih ideal untuk kamu yang butuh kehangatan ekstra di cuaca dingin.

  • Pilih Warna yang Nyaman Dilihat

Knittopreneurs bisa pilih sweater dengan warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan navy yang mudah dipadukan dengan berbagai outfit. Knittopreneurs juga bisa pilih warna yang kamu suka dan merasa cocok untuk memakainya.

  • Pertimbangkan Fungsionalitas

Knittopreneurs bisa pilih sweater rajut wanita yang sesuai dengan kondisi cuaca dan musim dimana Knittopreneurs akan pakai sweater tersebut. Knittopreneurs juga bisa sesuaikan pilihan dengan aktivitas sehari-hari misalnya untuk santai, formal, dan olahraga.

Dengan mempertimbangkan tips-tips ini, Knittopreneurs dapat memilih sweater yang tidak hanya nyaman, tetapi juga tahan lama dan sesuai dengan gaya pribadi kamu.

Baca Juga: Mengenal Vest Rajut yang Hangat dan Stylish, Cocok untuk Semua Cuaca

Nah itu dia penjelasan seputar rekomendasi model sweater rajut wanita yang kekinian dan tips untuk memilih sweater yang benar. Minto harap dengan adanya artikel ini Knittopreneurs terbantu untuk memilih sweater rajut wanita yang bagus dan nyaman. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA  

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700