Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

0
5/5 - Vote count: 69 votes

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit – Beberapa orang terkadang mendapat kesulitan ketika memilih warna pakaian untuk dipakai, terlebih memilih warna pakaian yang mencerahkan untuk warna kulitnya.

Kenali 4 Warna Kulit dan Pilih Warna Pakaian yang Cocok!
Kenali 4 Warna Kulit dan Pilih Warna Pakaian yang Cocok!

Tidak perlu khawatir, karena Minto akan membantu Knittopreneurs dalam menentukan warna pakaian yang dapat mencerahkan setiap skin tone. Pembahasan ini bisa dijadikan panduan, namun jika Knittopreneurs ingin mendapatkan warna-warna yang lebih pas di kulit, pertimbangkan untuk melakukan personal color analysis dengan ahlinya ya.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita intip daftarnya!

4 Warna Kulit Orang Indonesia pada Umumnya

Sebelum membahas rekomendasi warna untuk berbagai warna kulit, kita bahas dulu beberapa tipe warna kulit yang ada di Indonesia. Ada apa saja?

Putih

Warna kulit ini biasanya dimiliki oleh mereka yang memiliki darah Western. Namun, ada juga orang Indonesia yang memiliki kulit berwarna putih. Secara ajaib, orang-orang berkulit putih di Indonesia ternyata memiliki pesona yang luar biasa. Orang-orang berkulit putih di Indonesia menunjukkan aura menyenangkan karena kulit yang merona dan tampak terawat karena tidak memiliki bintik-bintik atau freckles.

Kuning Langsat

Sebenarnya, warna yang lebih cocok untuk menggambarkan orang Indonesia adalah kuning langsat. Pada dasarnya, orang-orang berkulit cerah di Indonesia memiliki sedikit warna kekuningan yang hangat. Orang-orang Jawa jaman dulu bahkan menjadikan kulit kuning langsat sebagai simbol kulit cantik yang sebenarnya. Seperti halnya kulit putih, kuning langsat juga bersifat fleksibel sehingga bisa beradaptasi dengan berbagai variasi warna. 

Sawo Matang/Coklat

Orang berkulit sawo matang adalah populasi terbesar yang ada di Indonesia. Warna kulit yang merupakan ciri khas ras Mongoloid-Melayu ini banyak tersebar di Indonesia bagian barat dan tengah, antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, bahkan Maluku dan Irian. Walau beberapa orang berkulit sawo matang masih kurang percaya diri dengan penampilannya, nyatanya kini sudah mulai banyak yang menyadari keindahannya yang eksotis. Kulit sawo matang sendiri dianggap paling istimewa karena lebih tahan dari terik matahari. 

Gelap

Orang dengan kulit berwarna gelap di Indonesia kebanyakan berasal dari kawasan Papua. Namun berbeda dengan orang dengan kulit berwarna gelap yang mendiami kawasan Afrika, penduduk Papua memiliki warna kulit yang sedikit lebih terang dan mempesona tentunya.

4 Tipe Kulit Menurut Seasonal Color Analysis

Ilustrasi Hasil Seasonal Color Analysis | Sumber Gambar: Freepik
Ilustrasi Hasil Seasonal Color Analysis | Sumber Gambar: Freepik

Untuk mengenali warna kulit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan panduan berupa seasonal color analysis. Menurut Wikipedia, metoda ini merupakan cara yang tepat dalam mengenali warna-warna yang cocok dipakai. Kategori musim yang dipakai hanyalah cara yang lebih “puitis” dalam mengkategorikannya.

Berikut adalah beberapa checkpoint yang bisa Knittopreneurs pakai sebagai acuan. Perlu diingat bahwa teori ini berlaku secara global, dan mungkin akan terlihat berbeda saat dicocokkan dengan skin tone orang Indonesia.

Spring

Karakteristik:

  • Warna kulit cerah dengan undertone hangat (kuning atau peach).
  • Kulit mudah terbakar sinar matahari dan sulit tanning.
  • Cocok dengan warna makeup yang hangat dan cerah, seperti peach, coral, dan gold.

Tips:

  • Hindari warna biru, ungu, dan silver.
  • Pilih skincare yang hydrating dan moisturizing.

Summer

Karakteristik:

Tips:

Warna kulit cerah dengan undertone dingin (pink atau biru). Rambut berwarna pirang, coklat muda, atau abu-abu. Mata berwarna biru, hijau, atau hazel. Kulit mudah terbakar sinar matahari dan sulit tanning. Pilih warna makeup yang cool dan muted, seperti pink, lavender, dan silver. Hindari warna orange, kuning, dan gold. Pilih skincare yang lightweight dan hydrating.

Autumn

Karakteristik:

  • Warna kulit hangat dengan undertone hangat (kuning atau peach).
  • Rambut berwarna coklat, merah, atau auburn.
  • Kulit mudah tanning.
  • Cocok dengan warna makeup yang warm dan rich, seperti terracotta, bronze, dan olive.

Tips:

  • Hindari warna pink, lavender, dan silver.
  • Pilih skincare yang nourishing dan moisturizing.

Winter

Karakteristik:

  • Warna kulit cerah atau terang dengan undertone dingin (pink atau biru).
  • Rambut berwarna coklat tua, hitam, atau putih.
  • Kulit mudah terbakar sinar matahari dan sulit tanning.
  • Pilih warna makeup yang cool dan bold, seperti plum, berry, dan silver.

Tips:

  • Hindari warna orange, kuning, dan gold.
  • Pilih skincare yang rich dan moisturizing.

Baca Juga: Jadilah Trendsetter dengan Warna Baju untuk Warm Undertone Terbaik!

Rekomendasi Warna Untuk Berbagai Jenis Warna Kulit

Pilihan Warna Pakaian yang Membuat Skin Tone Terlihat Cerah
Pilihan Warna Pakaian yang Membuat Skin Tone Terlihat Cerah

Menentukan warna yang tidak membuat kulit kusam untuk jenis warna kulit Knittopreneurs sebenarnya susah-susah gampang. Dan tahukah Knittopreneurs bahwa warna pakaian pun sebenarnya cukup mempengaruhi penampilan? Orang-orang yang memiliki warna kulit putih mungkin tidak terlalu memiliki masalah dengan warna karena menggunakan warna apapun dirasa pas saja.

Agar tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa rekomendasi warna untuk berbagai jenis warna kulit orang Indonesia. Simak yuk!

  • Warna Kulit Putih Merona

Knittopreneurs yang mempunyai warna kulit putih bisa lebih leluasa dalam memilih warna pakaian. Menggunakan warna-warna gelap atau tua seperti Hitam, Coklat Kopi, Abu Tua, Navy, dll, akan membuat Knittopreneurs terlihat lebih elegan.

Selain warna gelap atau tua, Knittopreneurs juga bisa memilih warna pastel yang cerah, agar kulit terlihat lebih bersinar dan lebih segar. Di Knitto Tekstil, juga tersedia kain dengan warna-warna pastel seperti Dusty Pink, Coklat Susu, Light Grey, Cream, Ungu Muda, Salem, Pink,  Biru Muda, dan juga warna Putih. 

  • Warna Untuk Kulit Kuning Langsat

Bagi Knittopreneurs yang memiliki warna kulit kuning langsat, Knittopreneurs harus tahu beberapa warna outfit yang cocok untuk dikenakan. Kulit dengan warna kuning langsat sangat cocok dengan nuansa warna tropis seperti biru muda, hijau, kuning, dan merah.

Hindari nuansa warna emas seperti coklat dan oranye yang akan membuat kulit terlihat kurang fresh. Warna aman yang bisa digunakan tentunya Hitam dan Navy. Minto yakin kedua warna ini merupakan warna yang sering Knittopreneurs gunakan 

  • Warna Untuk Sawo Matang

Warna hitam dan warna gelap lainnya bisa dibilang sebagai warna ‘aman’ untuk Knittopreneurs yang berkulit sawo matang. Namun, agar tidak terlihat monoton, ada banyak warna terang yang cocok untuk digunakan seperti pink, orange, hijau, kuning, dan mustard.

Knittopreneurs juga bisa memberanikan diri dengan menggunakan shocking color seperti Electric Lime, Hijau Pucuk, dan Fanta atau Fuschia. Warna-warna pastel juga sangat cocok untuk Knittopreneurs, membuat penampilan terlihat lebih kalem.

Apakah ada warna lain yang cocok digunakan untuk yang mempunyai kulit berwarna sawo matang? Tentu ada! Warna-warna pastel juga layak dicoba untuk Knittopreneurs yang memiliki warna kulit ini.

  • Warna Untuk Kulit Gelap

Bagi Knittopreneurs yang mempunyai kulit gelap, tidak jarang yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulit sendiri, terutama jika harus menggunakan warna baju yang cerah. Ini saatnya untuk mencoba menggunakan warna-warna cerah seperti biru, merah, dan kuning.

Jika menginginkan kesan yang lebih elegan, gunakan warna putih. Hindari warna merah bata, pastel, coklat, dan hitam yang bisa membuat kulit terlihat kusam. Atau Knittopreneurs juga bisa mencoba menonjolkan warna kulit dengan menggunakan warna putih. 

Warna-warna yang sudah disebutkan diatas sebenarnya juga tersedia lho di Knitto! Terutama pada kain Cotton Combed, karena kain Combed 30s di Knitto mempunyai 100 pilihan warna real.

Setiap warna yang ada juga dibagi ke dalam beberapa kategori warna seperti Tua, Sedang dan Muda. Nah, pilihan warna yang cocok untuk masing-masing jenis kulit Knittopreneurs bisa disesuaikan dengan mudah. Kain Combed yang ada di Knitto juga bisa dikreasikan untuk berbagai jenis pakaian, baik untuk wanita maupun pria.

Baca Juga: Temukan Warna Baju untuk Cool Undertone yang Sempurna untuk Kamu

9 Arti Warna dalam Psikologi Warna

Tahukah Knittopreneurs setiap warna yang disukai mempunyai arti tersendiri secara psikologi? Warna yang sering digunakan juga bisa memberikan pengaruh terhadap diri Knittopreneurs. 

Berikut ini adalah beberapa pengaruh warna terhadap psikologi manusia menurut Kaina dalam bukunya “Colour Therapy“:

  • Sebuah warna dapat menimbulkan daya tarik yang membuat manusia semakin bergairah terhadap sesuatu hal, misalnya warna Pink yang disebutkan berhubungan dengan hal – hal yang romantis dan cinta juga kasih sayang.
  • Permainan warna juga sebenarnya dapat mempengaruhi emosi seseorang, misalnya warna biru bisa memberikan pengaruh ketenangan, memperkuat konsentrasi dan kegembiraan. Sedangkan warna merah juga sering sekali dikaitkan dengan tingginya tingkat emosi seseorang
  • Warna yang tepat dapat membangkitkan energi untuk membuat seseorang menjadi lebih aktif dalam setiap kegiatannya.

Berikut ini merupakan arti dari warna-warna secara psikologi yang juga mungkin merupakan salah satu warna yang sering Knittopreneurs pakai atau merupakan warna favorit:

  • Putih

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang melambangkan kesederhanaan, kemurnian, bersih dan minimalisme. Warna yang mudah untuk dipadu padankan dengan warna apapun baik warna cerah atau warna yang gelap sekalipun dan memberikan konotasi yang positif. Namun penggunaan warna putih yang berlebihan akan memantulkan cahaya yang menimbulkan sakit kepala dan kelelahan pada mata.

  • Hitam

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Hitam mewakili keanggunan, misteri, dan kekuatan. Mereka yang suka hitam dikatakan ambisius dan canggih. Namun, terlalu banyak warna hitam bisa membuat depresi. Tapi warna hitam juga bisa melambangkan kematian, kedukaan dan kejahatan, warna hitam seringkali tampak suram dan menakutkan bagi beberapa orang, kembali lagi kepada penggunaan yang tepat

  • Abu-abu / Grey

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang Netral, yang juga berkaitan dengan kecerdasan, futuristik, stabil, kemuliaan dan mereka yang menyukai warna Abu adalah orang yang bisa berkompromi dan berdedikasi kepada komitmen. Akan tetapi juga bisa terkesan kusam dan menimbulkan depresi jika digunakan berlebihan. Warna ini merupakan warna paling sedikit menimbulkan kelelahan pada mata.

  • Biru

Warna biru seringkali dilihat sebagai warna yang berefek menenangkan pada seseorang. Gradasi biru yang lebih gelap seperti pada setelan kerja atau seragam dapat menimbulkan efek keamanan dan dapat diandalkan. Adapun sisi negatif dari warna Biru yaitu warna ini juga sering dihubungkan dengan rasa kesedihan, dingin, keras kepala, tak ramah dan kurang emosi. Penelitian menunjukkan bahwa biru dapat menaikkan produktivitas dan kreativitas, dan menurunkan suhu tubuh serta nadi, dan menjadi warna yang paling banyak disukai di dunia.

  • Salem

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Secara psikologis, warna Salem bisa merangsang energi baik dan meningkatkan mood. seringkali warna ini juga dikatakan bisa menimbulkan kepercayaan diri dan perasaan senang.

  • Merah

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Merah bisa menyimbolkan keberanian, perang, atau darah dan juga merupakan warna yang hangat yang sering membangkitkan perasaan bahagia, optimisme, dan energi. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa merah dapat menstimulasi selera makan dan jika Knittopreneurs pernah memperhatikan, beberapa restoran cepat saji menggunakan Warna merah pada logo mereka.

  • Coklat

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna coklat merupakan gradasi yang lebih gelap dari merah, kuning dan oranye. Warna ini adalah warna yang hangat tetapi kurang memberikan pengaruh warna terhadap psikologi manusia sebagai warna yang dapat menstimulasi. Warna coklat sering dikaitkan dengan warna bumi yang dapat menimbulkan efek kekuatan dan keamanan. Tetapi juga sebaliknya, jika terlalu banyak warna coklat juga dapat memberi makna sebagai tidak berperasaan, kurang toleransi, menguasai, kaku.

  •  Hijau

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna ini adalah kombinasi antara biru dan kuning, dan secara umum merupakan warna yang menenangkan secara fisik yang dapat memproduksi kenaikan  respons emosional secara simultan atau terus menerus. Hijau adalah warna yang paling sering dihubungkan dengan alam, dan terkadang juga melambangkan keberuntungan dan uang. Dalam tingkat ekstrim, hijau dapat dihubungkan dengan rasa iri hati.

  • Kuning

Tips Memilih Warna Pakaian yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang terang dan  berguna untuk menarik perhatian ini dilihat sebagai warna yang berhubungan dengan perasaaan cerah, bahagia, walaupun beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jika terlalu lama dihadapkan pada warna ini dapat membuat orang dewasa kehilangan kesabaran dan membuat bayi-bayi menangis. Dan jika mata Knittopreneurs sensitif, sebaiknya jangan terlalu sering menatap warna ini karena kuning juga merupakan warna yang paling kurang nyaman untuk mata.

Arti warna di atas secara psikologi bisa menjadi patokan juga untuk Knittopreneurs dalam berpakaian. Terutama dalam menghadiri acara penting seperti pertemuan bisnis, karena warna baju pun bisa mempengaruhi mood di sekeliling Knittopreneurs setiap harinya. 

Kesimpulan 

Dalam memilih pakaian sehari-hari, tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit Knittopreneurs, meskipun banyak jenis warna yang cocok digunakan untuk semua jenis warna kulit. Di Indonesia, rata-rata memiliki jenis warna kulit seperti Putih, Kuning Langsat, Sawo Matang, dan Gelap.

Untuk mendapatkan warna-warna yang sesuai untuk kulit, Knittopreneurs tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup mendatangi toko kami karena kami menyediakan 100 macam warna pada kain Combed 30s yang beragam dan bisa memenuhi kebutuhan sesuai dengan jenis warna kulit Knittopreneurs.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Perbedaan juga Cara Menentukan Undertone dan Skin Tone Kamu!

Minto berharap artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk Knittopreneurs, dalam memilih warna pakaian yang cocok dengan warna kulit. Jangan ragu untuk tampil beda dengan menggunakan warna yang berbeda dari kebiasaan. Sama halnya dengan memulai berbisnis, jangan ragu dan takut untuk membuat sesuatu yang baru dan mendobrak kebiasaan lama.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]