4 Cara Mengetahui Kualitas Bahan Kaos Akurat

0
Rate this post

Semua orang yang mencari bahan kaos tentu ingin mendapatkan bahan yang kualitasnya bagus bahkan kalau bisa kualitasnya harus premium. Tapi mengingat banyaknya jenis bahan kaos yang ada di pasaran, bagaimana cara mengetahui kualitas bahan kaos yang kita temui tersebut merupakan kualitas bagus dan premium? 

“Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kualitas bahan kaos?”. Perhatikan beberapa tips berikut ini, agar kamu tidak salah memilih kain.

4 Cara Mengetahui Kualitas Bahan Kaos

Ketahui Jenis Bahan Kaos 

Untuk menentukan kualitas bahan kaos, tentukan dulu jenis bahan apa yang akan kamu gunakan, karena jenis bahan kaos juga bisa menentukan seperti apa kualitas yang akan kamu dapatkan. Beberapa orang berpikir jika bahan kaos terbaik itu bahan katun, perlu kamu ingat bahan katun itu mempunyai beberapa jenis seperti Cotton Carded dan Cotton Combed. Kedua nya merupakan bahan katun tetapi terbukti kualitas keduanya berbeda.

Baca Juga: Perbedaan Combed dan Carded

Maka dari itu saran kami, sebelum kamu memilih lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu setiap jenis bahan kaos itu seperti apa karakteristiknya, baru setelah itu kamu bisa menentukan bahan apa yang bagus untuk digunakan.

Selain dengan mengetahui jenis bahan kaosnya, agar kamu bisa membuat perbandingan dan tahu bagaimana keaslian dari setiap bahan kaos, kamu bisa melakukan tes bakar pada masing-masing jenis bahan kaos, sama seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya untuk mengetahui bagaimana hasil pembakaran dari masing-masing bahan kaos dan agar kami juga bisa memberikan contoh seperti hasil bakar dari bahan yang 100% serat katun dan bagaimana hasil pembakaran dari kain dengan komposisi campuran katun dan polyester.

Jenis-jenis Bahan Kaos Rekomendasi Knitto Dengan Kualitas Yang Bagus

Beberapa jenis bahan kaos ini mungkin bisa menjadi referensi dan bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos kamu.

Cotton Combed: Kain kaos yang dibuat dari 100% serat katun atau kapas dengan karakteristik yang lembut dan halus, daya serap kainnya baik dan nyaman digunakan. Cocok jika digunakan untuk kaos polos atau kaos sablon.

Cotton Combed Enzyme: Satu jenis bahan kaos Cotton Combed yang juga harus kamu coba adalah Combed Enzyme, dari segi komposisi kainnya tidak ada perbedaan hanya saja kain ini mempunyai keunggulan pada permukaan kainnya yang minim bulu dan kelembutan kainnya di atas kain Combed biasa. Banyak orang yang menginginkan jenis kain seperti ini, kain katun dengan bulu permukaan yang lebih minim, maka dari itu kami buatkan kain Cotton Combed Enzyme ini.

Cotton Bamboo: Bahan kaos dari campuran serat cotton dan serat bamboo yang populer karena kandungan antibakteri pada kainnya sehingga kain ini sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak atau mereka yang mempunyai kulit sensitif.

Cotton Modal: Kain Modal yang tersedia di Knitto adalah TENCEL™ Modal blended with Cotton bukan jenis Cotton Modal biasa. Banyak sekali keunggulan dari kain ini, mau tau apa saja? Cari tahu disini.

Mau Belanja Kain-kain Ini? Belanja melalui portal.knitto.co.id

Melakukan Test Handfeel Bahan Kaos

Selanjutnya yang harus kamu lakukan sebagai cara mengetahui kualitas bahan kaos adalah, mengenal handfeel dari setiap bahan kaos. Mungkin memang terdengar cukup rumit ya, tapi sebenarnya hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri untuk kamu.

Di pasaran sana banyak sekali jenis bahan kaos, dan bahkan banyak bahan kaos KW yang dijajakan, mengaku bahan terbaik padahal menyajikan bahan yang berkualitas biasa saja, tetapi harga yang dipatok setara dengan harga bahan yang memang berkualitas baik. Maka dari itu jika kamu mengetahui karakteristik kain berdasarkan handfeel nya, kamu bisa membuat perbedaan dari setiap bahannya kan?

“Terus gimana caranya supaya tidak tertipu atau tertukar pada saat memilih bahan kaos?..”

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli sampel setiap kain terlebih dahulu agar kamu bisa membuat perbandingan dari kain-kain tersebut, dan kamu juga bisa mempelajari bagaimana karakteristik dari kain tersebut. Hal ini juga dilakukan agar kamu bisa berhati-hati dan terhindar dari penipuan saat membeli kain.

Mengetahui Shrinkage (Susut Kain)

Kualitas yang baik dari sebuah kain adalah ketika kain sudah di proses menjadi pakaian, lalu dicuci, pakaian tetap berukuran sama atau tidak menjadi menyusut baik pada bagian lebar atau panjangnya. 

Jika kamu mendapati pakaian yang menyusut ukurannya setelah dicuci bahkan susutnya bisa terbilang tinggi, bisa jadi kualitas dari kain tersebut kurang baik. Karena kain yang baik harus memiliki susut yang aman dan di bawah 7%.

Tapi perlu kamu ingat juga ya, susut pada baju itu bukan hanya berasal dari kainnya saja, tetapi dari proses pembuatan kainnya pun bisa menyumbang susut pada pakaian. Contohnya pada saat menggelar kain di meja potong, kain yang baru datang dari toko dan langsung di proses di meja potong akan berdampak susut pada baju jadinya. Sebaiknya kain yang baru kamu beli, dan sudah digelar di meja potong, didiamkan untuk beberapa saat terlebih dahulu, sebelum akhirnya diberikan pola dan di potong, agar kain menjadi relax dan mengurangi resiko susut yang besar nantinya.

Cek Warna Kain Yang Stabil dan Tidak Pudar

Selanjutnya cara menentukan kualitas bahan kaos adalah mengetahui apakah warna kain yang akan kamu gunakan stabil atau ternyata bisa pudar karena efek dari luntur?

Kain yang mudah luntur pada saat proses pencucian, akan mengakibatkan baju cepat pudar dan baju lain akan beresiko terkena noda lunturnya juga. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu apakah kaos yang akan kamu cuci ini luntur atau tidak, jika iya, jangan satukan atau pisahkan saat proses mencuci ya.

Kamu tidak perlu khawatir karena kain Knitto tidak luntur saat dicuci dan tentunya aman karena kami selalu menjamin kualitas kain Knitto dengan melakukan pengecekan saat proses Quality Control.

Intinya adalah dari semua cara yang bisa kamu lakukan di atas adalah tetap teliti saat membeli kain, jenis apapun kain yang akan kamu gunakan. Terutama jika kamu ingin menggunakan bahan kaos premium, karena tidak semua bahan kaos itu berkualitas premium. 

Jika kamu ingin menggunakan bahan kaos yang benar-benar berkualitas premium sebaiknya gunakan bahan kaos dari Knitto Textiles, karena kain kaos atau bahan kaos yang kami sediakan sudah melalui tahap pengecekan atau quality control yang ketat sehingga kualitas kainnya tetap terjaga dengan baik.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur