5 Trik Mudah Mengelola Keuangan Bisnis

0
Rate this post

Jika diperhatikan beberapa tahun ini lebih banyak orang yang memilih untuk berwirausaha atau membangun bisnisnya sendiri dibandingkan dengan bekerja di perusahaan dan tidak sedikit bisnis baru yang bermunculan ini dikerjakan oleh para anak-anak muda yang masih berusia 20 tahunan.

Bisnis

Jika Anda sudah mendengarkan podcast terbaru kami yaitu, narasumber kami pernah menyampaikan saat ini bahkan ada juga anak-anak muda yang berusia di bawah 20 tahun yang sudah memulai bisnis nya sendiri.

Dalam memulai bisnis sendiri tentu banyak tantangan yang dihadapi selain persaingan yang semakin ketat mungkin dalam hal mengelola keuangan pun menjadi tantangan juga. Mengapa?

Karena mungkin terkadang Anda lupa masih sering mencampur keuangan pribadi dengan keuangan bisnis atau sering pula menggunakan uang bisnis untuk keperluan mendadak dengan alasan “dipakai dulu, nanti diganti”.

Nah untuk menghindari hal seperti ini sudah tentu Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan Anda dan juga lebih bijak dalam pengeluarannya.

Berikut ini kami bagikan 5 tips mudah yang bisa Anda coba untuk mengelola keuangan Anda dalam berbisnis agar lebih rapi.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, masih banyak pebisnis muda yang melakukan kesalahan fatal yaitu mencampurkan rekening atau keuangan dengan keuangan bisnis.

Bagi Anda yang sudah berkomitmen untuk berbisnis wajib untuk memisahkan urusan uang pribadi dan bisnis. Karena jika sistem keuangan Anda tidak dibagi atau menyatu pasti akan sulit untuk melihat sejauh mana bisnis yang Anda bangun sudah berkembang. 

Dengan tidak memisahkan keuangan bisnis dan pribadi juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya gangguan pada kas bisnis Anda. Nantinya Anda akan kesulitan ketika menghitung pemasukan dan pengeluaran. Maka dari itu Anda harus teliti dalam keuangan Anda ya.

  • Membuat Anggaran Setiap Bulan

Membuat anggaran atau budgeting bisa berfungsi sebagai patokan atau batasan. Dengan membuat anggaran, Anda bisa membatasi pengeluaran dan menyesuaikan dengan budget yang sudah Anda siapkan dan sudah Anda estimasikan sebelumnya.

Buatlah anggaran setiap bulannya, agar keuangan Anda menjadi rapi dan terstruktur dan juga coba untuk membuat review dari anggaran sebelumnya agar Anda juga mempunyai gambaran apakah budget yang sudah Anda siapkan di bulan ini sudah sesuai atau perlu pengurangan atau mungkin ditambah.

  • Membuat Laporan Keuangan Bisnis Setiap Bulan

Tidak hanya usaha atau bisnis besar saja yang wajib membuat laporan, semua bisnis pun harus membuat laporan karena laporan keuangan merupakan hal yang krusial.

Dari laporan keuangan Anda bisa lebih mengontrol berbagai transaksi yang terjadi di bisnis Anda, baik pemasukan maupun pengeluaran. Laporan keuangan juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis Anda, dari sini Anda bisa melihat apakah ada kemajuan atau justru penurunan dari bisnis Anda. 

  • Hindari Resiko Utang 

Jika saat ini Anda ingin mengembangkan usaha Anda atau ingin memperlancar bisnis yang Anda jalani dengan cara berhutang, lebih baik pikirkan kembali.

Memang berutang bukanlah hal yang salah atau haram untuk dilakukan tetapi perlu Anda ingat bahwa hutang bisa menjadi faktor masalah atau berakibat fatal terutama jika Anda tidak bisa mengembalikannya.

Maka dari itu lebih baik Anda menghindari resiko hutang untuk mengembangkan usaha Anda dan lebih baik gunakan cara lain yang lebih aman.

  • Gunakan Keuntungan Untuk Berkembang

Pebisnis mana yang tidak ingin bisnis nya terus maju dan berkembang, pasti semua orang yang mempunyai bisnis mempunyai impian agar bisnisnya sukses dan besar.

Untuk mengembangkan bisnis mungkin dibutuhkan usaha lebih selain itu juga dibutuhkan modal juga. Kebanyakan orang mungkin berpikir “bagaimana jika untuk mengembangkan bisnis lebih baik berhutang dulu nanti dikembalikan jika sudah mendapat untung?”

Sebenarnya pemikiran ini tidak salah, tetapi bagaimana jika pemikirannya diganti menjadi “Bagaimana kalau untung yang didapatkan tidak saya gunakan untuk keperluan pribadi dulu tetapi digunakan untuk mengembangkan bisnis dulu sampai benar-benar stabil dan besar?” 

Para pebisnis muda atau millennials, memang Anda sangat berhak untuk menikmati hasil jerih payah yang sudah Anda dapatkan tetapi pikirkan lagi daripada berhutang untuk mengembangkan bisnis lebih baik gunakan laba atau keuntungan yang Anda dapatkan.

Jelas ketika nanti bisnis Anda sudah lebih berkembang keuntungan yang didapatkan pun pasti lebih besar dan tidak ada beban kewajiban untuk membayar hutang kan?

Anda bisa gunakan laba dari bisnis untuk mengembangkan bisnis atau berinvestasi ke bidang yang menguntungkan seperti penambahan armada dagang, penambahan produksi menjadi skala yang lebih besar dan lain-lain.

Untuk menyiasati agar keuangan dalam bisnis tetap terjaga, aman dan lancar juga sebaiknya jangan tunda pembayaran yang ada seperti biaya operasional, listrik, internet dan kebutuhan lainnya yang sudah menjadi kewajiban setiap bulannya.

Sekecil apapun nominalnya, jangan pernah tunda pembayaran. Karena dengan adanya tunggakan Anda bukan hanya merasa pembayaran yang lebih berat, terlebih jika terdapat denda pada tagihan Anda pun akan membuat Anda harus mengeluarkan dana lebih kan?

Selalu buat perencanaan yang matang dalam bisnis Anda, atur keuangan dengan baik, cermat dan bijaksana.

Ingat juga untuk menghindari menggunakan dana bisnis untuk kepentingan pribadi, selalu buat skala prioritas dalam melakukan pengeluaran coba pikirkan kembali apakah pengeluaran tersebut sifatnya mendesak dan sangat Anda butuhkan?

Jika memang iya, tidak ada salahnya untuk segera dipenuhi dan jangan ditunda juga. 

Intinya adalah selalu bijak dan teliti dalam berbisnis, Anda harus benar-benar berkomitmen dalam bisnis ini. Tapi jangan lupa juga untuk tetap menabung untuk mempersiapkan segala resiko yang ada di depan sana. Pastikan semua nya seimbang ya, antara keperluan pribadi dan keperluan bisnis.

Jenis bisnis apapun yang sedang Anda jalani saat ini semoga selalu lancar dan sukses, terutama jika Anda berbisnis clothing atau kaos, tidak salah rasanya jika Anda mencoba menggunakan bahan-bahan kaos dari toko bahan kaos Knitto.

Karena kami juga tidak hanya menyediakan satu jenis bahan kaos saja, kami menyediakan berbagai bahan kaos dengan koleksi warna yang banyak juga, jika Anda sering menggunakan bahan kaos Cotton Combed sebagai bahan dasar untuk kaos Anda.

Sebaiknya Anda coba gunakan bahan Combed 30s dari toko kami, terutama kami mempunyai lebih dari 50 warna dan bahan Combed 30s di toko kami merupakan bahan premium dengan koleksi warna terbanyak di Indonesia.

Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk Anda para pebisnis muda. Beberapa informasi lain seputar bisnis juga bisa Anda baca di blog kami. Terima kasih sudah membaca artikel kami ya, sukses selalu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur